ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KOTA SAMARINDA
Abstract
ISNA, 2018. Judul penelitian “Analisis Efektivitas Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu Terpadu Kota Samarinda”.
Dosen Pembimbing : Bapak Drs. H. Maskan, AF, M.Si dan Bapak Dr. H. Mugni Baharudin, M.Hum.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji efektivitas penyelenggara pelayanan IMB di Kota Samarinda serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat efektivitas pelayanan IMB di DPMPTSP Kota Samarinda.
Dengan tujuan di atas maka alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Faktor Waktu, Faktor Kecermatan, Gaya Pemberian Layanan, Kepastian Hukum, dan Keterbukaan. Dengan analisis ini penulis akan menganalisa berbagai data yang dikumpulkan dari berbagai sumber kemudian dipaparkan secara rinci dalam bentuk deskriptif.
Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap berbagai sumber data yang dikumpulkan, bahwa efektivitas penyelenggara Pelayanan IMB di DPMPTSP Kota Samarinda jika dilihat melalui lima faktor di atas dapat dikatakan berjalan baik dan efektif. Namun masih ada kendala penghambat efektivitas pelayanan tersebut seiring pelaksanaannya.
Keywords
Full Text:
DocReferences
Atep Adya Barata. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Ainur Rohman, Ahmad dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang : Averroes Press.
Anas Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Lembaga Administasi Negara. 2004.Modul Sistem Akuntabilitas Kinerjs Instansi Pemerintah (Edisi Kedua). Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Lembaga Administrasi Negara. 2006. SANKRI Edisi Revisi Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia: Landasadan Pedoman Pokok Penyelenggaraan dan Pengembangan Sistem Administrasi Negara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Lexy J Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lukman Sampara. 1998. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.
Moleong, Lexi J,Dr.M.A. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nina Rahmayanty. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pasolong, Harbanni. 2008. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Santosa, Pandji. 2008. Administrasi Publik Teori dan Apilkasi Good
Governance. Bandung :PT Refika Aditama
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sinambela, Lijan 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan dan Impelementasi. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Waluyo. 2007. Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi, dan Implementasinya dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah). Bandung CV. Mandar Maju
Widodo, Jokowi. 2001. Good Governance Telaah dari Dimensi: Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.