PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)

Muhammad Zaenal Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan sumber daya manusia aparatur pemerintah terhadap kualitas pelayanan publik pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pengembangan sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan publik.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakaan adalah regresi linear sederhana dengan uji instrument validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas dengan alpha cronbach pada program SPSS 20.0.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara variabel Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah dan variabel Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini dapat diketahui dari uji statistik dimana kefisien regresi X sebesar 0,713 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Pengembangan Sumber Daya Manusia maka Kualitas Pelayanan Publik bertambah sebesar 0,713. Koefisen regresi tersebut bernilai positif, dan arah variabel X terhadap Y adalah positif. Sementara itu berdasarakan tabel Coefficients diperoleh niali sebesar  0,000 lebih kecil daripada 0,005 sehingga terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Kemudian berdasarkan nilai t titung diperoleh nilai sebesar 7,901 lebih besar dari t tabel sebesar 2.05954 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara variabel X terhadap variabel Y.

            Maka dapat disimpulan bahwa terdpat pengaruh antara variabel Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah (X) dengan variabel Kulitas Pelayanan Publik (Y).Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa rumusan masalah pada penelitian tersebut telah terjawab dan hipotesis yang diajukan dapat diterima dan terbukti kebenarannya.


Keywords


Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah, Kualitas Pelayanan Publik.

Full Text:

doc

References


Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Armstrong, Michael.1994.Seri Pedoman Manjemen, Manajemen Sumber DayaAlam,Gramedia Jakarta.

Asmawi, Rewansyah, 2011.Kepemimpinan Dalam Pelayanan Publik,Rizky Grafis, Jakarta.

Gomes, Faustino Cordoso, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Hadi, Syamsul, 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Akuntansi Keuangan, EKONISIA Kampus Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Idrus, Muhammad, 2009. Metode Penelitian Ilmu sosial Jilid kedua, Erlangga, Yogyakarta.

M.M Papayungan.1995.Pengembangan dan Peningkatan Mutu Sumber DayaManusia Menuju Masyarakat Industrial Pancasila.Mizan, Bandung. .

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2001. Manajemen Sumber Daya Mnausia Perusahaan, PT REMAJA ROSDAKARYA , Bandung.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, PT Refika Aditama, Bandung.

Martono, Nanang, 2015. Metode Penelitian Sosial : Konsep – Konsep Kunci, PT RAJAGRAFINDO PERSADA, Jakarta.

Misbahuddin & Hasan, Iqbal, 2013.ANALISIS DATA PENELITIAN DENGAN STATISTIK Edisi Kedua, Bumi Aksara, Jakarta.

Moekijat, 1981.EVALUASI LATIHAN BAGI PEGAWAI NEGERI. Sinar Baru, Bandung.

Moenir, H.A.S, 2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, PT Bumi Aksara, Jakarta

Nitisemito, Alex S. 1982. Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Notoadmodjo, Soekidjo, (2003).Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka CiptaJakarta,

Sanusi, Anwar, 2011. Metodologi Penelitiaan Bisnis, Salemba Empat, Jakarta

Silalahi, Ulber, 2009. Metode Penelitian Sosial, PT Refika Aditama, Bandung

Soekidjo Notoatmodjo.2003.Pengembangan Sumber Daya Manusia,Rineka Cipta Jakarta.

Sondang P. Siagian.1991. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2017.STATISTIKA UNTUK PENELITIAN, ALFABETA, Bandung.

Surjadi, 2009.Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. PT Refika Aditama, Malang.

Sutrisno, Edy, 2009.MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Suyanto, Bagong dan Sutinah, 2010.Metode Penelitian Sosial. Berbagai Alternatif Pendekatan. KENCANA MEDIA GROUP, Jakarta.

Tangkilisan, Hesel Nogi S, 2005. Manajemen Publik, PT Grasindo, Jakarta.

Tb. Sjafri Mangkuprawira.2011.Manajemen sumber Daya Manusia StrategikEdisi Kedua,Ghalia Indonesi, Bogor.

Toha, Miftah, 2005. Manajemen Kepegawaian Sipil di Indonesia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Waluyo, 2007.MANAJEMEN PUBLIK (konsep, Aplikasi, dan Implementasinya Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah), CV Mandar Maju, Sumedang.

Sumber Dari Internet

http://www.kajianpustaka.com/2013/01/pelayanan-publik.html.

https://lp3si.wordpress.com/2010/06/02/pelayanan-publik-menurut-uu-no-25-tahun-2009/comment-page-1/ (diakses 19 maret 2018).

https://www.konsistensi.com/2013/04/teori-sampel-dan-sampling-penelitian.html?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9468992509 (diakses 18 Maret 2018).

Sumber Dari Undang - Undang

Keputusan Menteri pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63 tahun 2003 Tentang pedoman umun Penyelengaraan Pelayanan Publik.Jakarta, Kementrian pemberdayaan Aparatur Negara.

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 Tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil .

Undang – Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.