IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN SILUQ NGURAI KABUPATEN KUTAI BARAT

Dessy dessy

Abstract


DESY WULANDARI, 2014, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus, Samarinda. Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Siluq Ngurai Kabupaten Kutai Barat, di bawah bimbingan Dr.Marjoni Rachman, M.Si selaku pembimbing I dan Jamiah, S.Sos, M.Si selaku pembimbing  II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Siluq Ngurai.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pelayanan administrasi kependudukan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa aspek permasalahan efektivitas pelayanan bidang kependudukan yaitu akses, pelayanan dan sarana prasarana, komunikasi, sumber daya, dan struktur birokrasi. Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen dan kesadaran hak dan kewajiban masing-masing pihak serta optimalisasi sistem pelayanan publik bidang kependudukan di Kecamatan Siluq Ngurai. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan masih belum maksimal yang dapat dilihat dari sarana-prasarana terkait pelaksanan tugas dan fungsinya yang belum optimal karena dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu faktor Internal yang meliputi dari kepribadian aparat pelaksana terkait kesadaran, sikap/perilaku dan profesionalnya dalam bekerja, kemudian faktor eksternal yaitu lokasi, lingkungan, dan masyarakat pelanggan jasa. Kedua, Masyarakat yang meliputi, kesadaran dan kepatuhannya yang masih rendah dan minim, kurang meratanya sosialisasi, letak lokasi yang jauh dari Instansi, Kurangnya akses informasi, dan terakhir kesenjangan pendidikan yang di alami oleh sebagian masyarakat.


Keywords


Implentasi Pelayanan Administrasi Kependudukan

Full Text:

Doc

References


Agus Dwiyanto.2006. Mewujudkan Good Governace Melayani Publik.

AA Nurdiman, Pendidikan Kewarganegaraan, Pribumi mekar, Bandung, 2007 Hadmadji dalam buku Lembaga Demografi FEUI.

Dr.Kartomo Wirosuhuhardj, Kebijaksanaab Kependudukan dan Ketenagakerjaan di Indonesia, FEUI:2009

H.A.S Moenir.2002. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Kebijakan, implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Litjan Poltak Sinabela, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori,

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Prof.DR. H. Wirman Syafri, Msi. Study tentang Administrasi Publik.2012

Prof.Dr Sondang P.Siagian, MPA. Filsafat Administrasi, Bumi Aksara, 2003

Srijanti & A Rahman, Pendidikan Kewarganegaraan untuk mhasiswa, Jogyakarta, 2009

Wahyudi Kumorotomo, Etika Administrasi Negara, Raja Grafiindo Persada, Jakarta,2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.