PENGARUH KOMPETENSI APARATUR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Hendriansyah Hendriansyah

Abstract


Hendriansyah  Pengaruh Kompetensi Aparatur  Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi aparatur mempunyai pengaruh yang positif terhadap kualitas pelayanan  pada  Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kutai Kartanegara

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kompetensi aparatur dengan variabel kualitas pelayanan  pada  Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kutai Kartanegara

.  Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,775 yang berarti terdapat hubungan yang kuat dan positif diantara kedua variabel.

Sementara itu hasil uji t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar  4,284.  Hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1,721.  Ini berarti terdapat pengaruh yg signifikan antara variabel kompetensi aparatur terhadap variabel kualitas pelayanan.  Dengan demikian maka dapat dikatakan pula bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat dibuktikan.


Keywords


Kompetensi Aparatur, Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Armstrong. M , 2000. Performance Management. Clays, Ltd. St. Ives ple, England.

Bacal R 2001, Performance Management. Edisi Bahasa Indonesia. Sun. Jakarta.

Bittel L.R dan Newsrom J.W , 2000, Pedoman Penyelia, Pustaka. Binaman Pressindo. LPPM. Jakarta.

Boulter. N, Dalziel. M dan Hill. J, 2001, People and Competencies, Bidlles, Ltd. London.

Cira, D.J dan Benjamin, E.R ,2000, Competency_Based Pay : A Concept in Evolution. Compensation and Benefits Review, September-October, 21-28.

Diana. A., dan Tjiptono. F., 2001 , Total Quality Mnagement, Edisi Revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Fitriyadi, 2002, Pengaruh Kompetensi Skill, Knowledge, Ability Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja PD Bangun BuanaPropinsi Kalimantan Selatan. Tesis Pascasarjana Universitas Airlangga,Surabaya.

Green P.C., 1999, Building Robust Competencies, Jossey-Bass, San Fransisco.

Hariandja, M.T.E, 2002,Manajemen Sumber Daya Manusia,Grasindo, Jakarta.

Hitt A.M, Ireland D.., dan Hoskisson E.R., 1997, Manajemen Strategis Menyongsong Era Persaingan dan Globalisasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hutapea P., 2001, Competencies Based Integrated HR System (http : www.HRD Club, diakses 2 Pebruari 2001).

Kartikawangi D., 2002, Karakteristik Sumber Daya Manusia yang Dibutuhkan Dunia Industri/Organisasi Dalam Menghadapi Globalisasi ,Atma Nan Jaya, Jakarta.

Kartono K., 2001, Pemimpin dan Kepemimpinan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kenna. Mc. E. dan Beech. N., 1995, The Essence Of MSDM, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit Andi , Yogyakarta.

Lucky. E., 2000, Peran Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Sales Force, Usahawan no.12 Th. XXIX. Desember 2000.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA-LAN Press.

Mason. D.R. dan Lind A.D., 1999, Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Kesembilan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mathis R.L dan Jackson J.H, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta.

Moenir , H.A.S. 1995. Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Ndraha, Taliziduhu. 1996. Budaya Pemerintahan dan Dampaknya Terhadap Pelayanan Kepada Masyarakat, Jurnal Ilmu Pemerintahan Edisi Ketiga, Jakarta : MIPI.

Osborne, David dan Ted Gaebler, 1996. Mewirausahakan Birokrasi, Penerjemah Abdul Rasyid, Pustaka Binaman Presindo, Jakarta.

Pamudji, S. 1994. Profesionalisme Aparatur Negara Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik, Jakarta Widyapraja, No. 19 Tahun III.

Papu J., 2001, Teamwork, (http : //www.e-psikologi.com., diakses 18 Juni 2001).

Riyono. B dan Zulaifah. E., 2001. Psikologi Kepemimpinan, Unit Publikasi Fakultas Psikologi, UGM, Yogyakarta.

Robbins. P.S.,2002, Prinsip-prinsip Perlaku Organisasi. Edisi kelima , Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ruky. A., 2001, Sistem Manajemen Kinerja, Gramedia, Jakarta.

Saefullah, A. Djadja. 1999. Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, Dalam Jurnal Publik Volume Nomor 1, Bandung : UNPAD.

Santoso .S., 2002, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Siagian P.S., 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia , Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono ,1998, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Sunu. P., 1999, Peran SDM dalam Penerapan ISO 9000, Grasindo , Jakarta.

Tjiptono. F., 1997, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Penerbit Andi Yogyakarta.

Usmara A., 2002, Paradigma Baru Manajemen |Sumber Daya Manusia, PT. Amara Books, Yogyakarta.

Zainun. B., 2001 , SDM Indonesia, Penerbit Toko Gunung Agung , Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.