PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT
Abstract
IRA ASTARI. Penelitian ini berjudul “ Pengaruh kinerja pegawai terhadapkepuasan masyarakat Di Kantor Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten KutaiBarat”. Dibawah bimbingan ibu Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si sebagaipembimbing I dan bapak Drs. Ghufron, M.Si sebagai pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antarakinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat Di Kantor Kecamatan LinggangBigung Kabupaten Kutai Barat yang berkaitan dengan kinerja dan pelayanan yangdilakukan oleh pegawai.
Dari perhitungan korelasi Product Moment dapat diketahui nilai “r” hasilyang menggambarkan “Pengaruh Kinerja pegawai terhadap Kepuasan MasyarakatKecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. ” nilainya = 0,113,selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan “r” tabel dengan N = 95 padataraf signifikansi 5% diketahui nilai tabel adalah = 0,103. Dengan demikian dapatdikemukakan bahwa nilai “r” hasil lebih besar dibandingkan dengan “r” tabel(0,113 > 0,103). Jadi dengan demikian hipotesa yang menyatakan “PengaruhKinerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Linggang BigungKabupaten Kutai Barat.” dapat dinyatakan diterima.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan uji statistik menggunakan FTest memperlihatkan bahwa knerja pegawai petugas Kantor Kecamatan LinggangBigung secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan cukupsignifikan terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani. Hasil perhitungan uji FTest dengan tingkat signifikansi 5% dan df 48, sebesar 3,289 > 3,190 yang berartiada pengaruh antara variabel kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakatMelalui analisis regresi, dapat diketahui bahwa faktor mutu layanan dan faktorprosedur pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat.
Keywords
Full Text:
docReferences
Anwar Prabu Mangkunegara ( 2004 ) Manajemen Sumber Daya Manusia, Remaja Rosda karya,Bandung
Badudu, J. S. 2003. Kamus Kata-kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : Kompas
Bharata. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Media Komputindo Clements, Phil. 2001. Sukses Menjadi Manajer Yang Positif. Jakarta, Erlangga.
Hadari Nawawi, et.al. 2006. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta : UGM Press.
Hanif Nurcholis. 2007. Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah.
Jakarta : PT GrasindoKelompok Gramedia
Lewis, Carol W., and Stuart C. Gilman. 2005. The Ethics Challenge in Public
Service: A Problem-Solving Guide. Market Street, San Fransisco: Jossey-Bas
Lukman, Sampara. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.
Malayu S.P Hasibuan ( 2000 ) Manajemen Sumber Daya Manusia,dasar kunci keberhasilan ,Hadi Masagung Jakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung; Penerbit Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja. Bandung : Refika Aditama Metode-Metode baru ,Universitas Jakarta .
Miles B,Matthew dan Huberman (2007), Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber
Poerwopoespito, F. X. Oerip dan T. A. Tatag Oetomo. 2000. Mengatasi Krisis
Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.
Ratminto. Dan Winarsih, Atik Septi. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Siagian, S.P., 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.