PERANKOMUNIKASI LURAH DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA PEGAWAI DI KANTOR KELURAHAN RAPAK DALAM KOTA SAMARINDA

Widya Refidiana Pratama

Abstract


Widya Refidiana Pratama, NPM.14 11 1001 3509 197 Peran Kominukasi Lurah Dalam Meningkatkan Semangat Kerja Pegawai di Kantor Kelurahan Rapak Dalam Kota Samarinda

Dosen pembimbing :Bapak Drs. H. Maskan, AF, M. Si Dan Ibu Salasiah, S. Sos, M. Si

Kelurahan Rapak Dalam merupakan lembaga organisasi yang bertujuan sebagai tempat layanan masyarakat dalam hal kependudukan dan social masyarakat. Lurah Rapak Dalam merupakan factor kunci keberhasilan pelaksanaan kerja artinya segala kebijakan rencana inovasi gagasan yang ditetapkan untuk mewujudkan cita-cita organisasi pemerintah, yang pada akhirnya mutu pelaksanaan pelayanan terletak ditangan pemimpin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antar pribadi lurah Rapak Dalam, semangat kerja pegawai dan seberapa besar peranan di  Kantor Kelurahan Rapak Dalam Kota Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif. Penelitian Deskriptif dapat dilakukan secara kuantitatif  agar  dapat dilakukan analisis prosentase namun tanpa harus ada hipotesis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam berkomunikasi lurah Rapak dalam memilikisikap keterbukaan sebesar 87,5%, rasa empati sebesar 93,5%, sikap mendukung sebesar 87,5%, sikap positif sebesar 93,75%, dan sikap kesetaraan 87,5%. Sedangkan Dalam member Semangat kerja kepada pegawainya, lurah rapak dalam selalu melihat kinerja sebesar 87,5%, member penghargaan sebesar 93,5%, member tantangan sebesar 81,25%, bertanggung jawab sebesar 87,5%, melibatkan pegawai sebesar 81,25%, melakukan pengembangan sebesar 87,5% dan member kesempatan sebesar 93,75%. Peranan Lurah Rapak dalam melalui komunikasi dinilai efektif dalam meningkatkan semangat kerja pegawai di Kantor Kelurahan Rapak Dalam kota Samarinda. Hal ini terlihat melalui perhitungan yang di dapatkan dari nilai mean (rata-rata) sebesar 4,02 jikadikonsultasikan ketabel nilai interprestasi mean berada pada nilai 3,40 – 4,19 yang berarti efektif.


Keywords


Komunikasi, Semangat Kerja

Full Text:

doc

References


Adam I. Indrawijaya (2002). Prilaku Organisasi, PT Grasindo, Jakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara (2005). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Refikia Aditama, Bandung.

As’ad (2002). Psikologi Industri, Liberty, Yogyakarta.

Bochner dan Kelly (1974:23). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Grasindo.

Cangara (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Grasindo.

Effendy (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, PT. Citra Aditya Bhakti, Bandung.

ErnestL. McCormick (2002). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Devito (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung PT.RemajaRosdakarya

Azwar,Saifuddin.2002.Sikap Manusia,Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta: PustakaPelajar.

Ahmad Tohardi, (2002), Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju, Bandung

Hadari Nawawi (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hani Handoko (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.