EFEKTIVITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA MAHAKAM KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Rovitiani Putri Sahlani

Abstract


Rovitiani Putri Sahlani, Efektivitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Dibawah bimbingan Bapak Drs. H. Maskan AF, M.Si dan Ibu Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Efektivitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitataif, metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang di selidiki dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari langkah-langkah dimulai dari pengumpulan data mentah, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara telah sesuai dengan fokus penelitian yaitu, kejelasan dan kepastian, keterbukaan, ketepatan waktu, responsif, dan efesiensi. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan mayarakat, yaitu keterlambatan pengoperasial genset PDAM ketika adanya pemadaman listri dari PT.PLN. (2) Faktor penghambat efektivitas pelayanan PDAM Tirta Mahakam Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara dapat dilihat dari faktor internal, seperti kurangnya fasilitas jaringan pipa jenis HDPE/VPC standar PDAM yang jauh dari pipa induk, fasilitas pompa air yang sudah tua, dan kualitas pengolahan yang perlu di tingkatkan lagi. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor alam, seperti cuaca saat adanya perbaikan dilapangan dan kondisi air sangat dipengaruhi oleh alam, karena pada saat musim kemarau PDAM susah untuk mengolah air agar bisa di konsumsi pelanggan. Sedangkan faktor pendukungnya adanya peningkatan pelayanannya dalam menunjang efektivitas pelayanan yakni dari sistem manual menjadi sistem online. Serta adanya kerjasama yang baik antara pegawai dan pelanggan serta adanya peningkatan keterampilan keahlian pegawai yang dilaksanakan oleh PDAM Tirta Mahakam Kutai Kartanegara.


Keywords


Efektivitas Pelayanan, Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Barata, A.A. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Dendawijaya Lukman. 2001. Manajemen Perbankan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia

Ferry, Anggoro Suryokusumo. 2008. Pelayanan Public dan Pengelolahan Infrastruktur Perkotaan. Yogyakarta: Sinergi Publishing.

Handoko T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi II. Cetakan Keempat Belas. BPFE. Yogyakarta.

Juniarso Ridwan dan Achmad Sodik Sudrajat. 2009. Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management: Analysis, planning, implementation and control. New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mardalis, 2003. Metode Penelitian Kualitatif (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta: Bumi Aksara.

Moenir, H. A. S, 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L.J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ndraha, Tliziduhu. 2000. Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ndraha, Tliziduhu. 2005. Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Pasolong, Harbani. 2007 .Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan (Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan dan Implementasi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Cv. Alfa Beta.

__________. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Cv. Alfa Beta.

__________. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Cv. Alfa Beta.

__________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tika, Pabundu. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Umar, Husein. 2004. Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widodo, Joko. 2010. Good Governance. Surabaya: Insan Cendikia.

DOKUMEN

Kepmenpan Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik disebutkan tentang prinsip-prinsip pelayanan publik.

Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mahakam.

Undang-Undang RI. Nomor. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Penerbit Fokusindo Mandiri, Jakarta.

SUMBER INTERNET

Jurnal Skripsi. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT.PLN (Persero) Rayon Makasar Barat : Muh Yunus Bandu : Universitas Hassanuddin. (diakses 16 Oktober 2019)

Wikipedia. Definisi Teori. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teori (diakses 16 Oktober 2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.