Hubungan Motivasi Pimpinan Terhadap Kinerja Aparatur Di Lingkungan UPTD PSBTPH Provinsi Kalimantan Timur

Farida Farida

Abstract


FARIDA. Hubungan Motivasi Pimpinan Terhadap Kinerja Aparatur Di Lingkungan UPTD PSBTPH  Provinsi Kalimantan Timur dibawah bimbingan Bapak H. Marsuq, S.Sos, M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Drs. Ghufron, S.Sos, M,Si sebagai Pembimbing II.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel motivasi pimpinan terhadap variabel Kinerja Aparatur Di Lingkungan UPTD PSBTPH Provinsi Kalimantan Timur dan Untuk menguji kebenaran apakah dapat diterima atau ditolak.  Untuk mendapatkan data penulis melakukan penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Pimpinan mempunyai hubungan motivasi pimpinan terhadap Kinerja Aparatur, dalam arti bahwa faktor Kinerja Aparatur Di Lingkungan UPTD PSBTPH  Provinsi Kalimantan Timur dari bulan ke bulan bahkan dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang meningkat. Hal ini diikuti pula oleh motivasi Pimpinan berfungsi sebagai variabel sebab. Untuk meningkatkan kinerja aparatur di samping faktor motivasi pimpinan maka faktor lain perlu mendapatkan perhatian sehingga kinerja aparatur Di Lingkungan UPTD PSBTPH  Provinsi Kalimantan Timur dapat ditingkatkan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, dimana menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digenerelasikan, karena itu menuntut sampel yang representative dari seluruh populasi, operasionalisasi konsep serta alat ukur yang validitas dan reliabiltas. Adapun Tehnik Pengumpulan Data tidak lain merupakan suatu proses pengadaan data primer untuk keperluan penelitian dan merupakan langkah yang sangat penting dalam metode ilmiah. Guna memperoleh data yang relevan dalam pemetaan gambaran penyelenggaraan pelayaan public. Populasi dalam penelitian ini adalah aparatur / pegawai  Di Lingkungan UPTD Pengawasan Dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Dan Hortikutura  Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019 berjumlah 30 orang, karena jumlah pegawai relatif Kecil,  maka penulis tidak menarik sampel. Tehnik Analisis Data Untuk menganalisis data variabel pimpinan dan prestasi kerja yang diperoleh melalui daftar pertanyaan penulis menggunakan rumus dari pendapat Sidney Siegel dalam Sugiyono (2011 : 256-257) yaitu rumus koefisien Korelasi Rank Spearman (rs).


Keywords


Motivasi Pimpinan, Kinerja aparatur

Full Text:

doc

References


Darpujiyanto. 2011. Pembelajaran Yang Menumbuhkan Minat Mahasiswa Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia. Di unduh pada tanggal 12 Mei 2015

Dharma, 2005 Manajemen Kinerja, Falsafah, Teori dan Penerapannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga belas). Jakarta: PT Bumi Aksara

Ivancevich J.M. Donnely JH Jr. and Gibson J.L. 2001. Management: Principles and functions, 4th ed. New Delhi: Richard D. Irwin, Inc.

Keith Davis dalam Anwar Prabu Mangkunegara, 2005

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisaso, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana

Kusnadi, 2003, Kultur Campuran dan Faktor Lingkungan Mikroorganisme Yang Berperan Dalam Fermentasi Tea Cider”. Bandung: Institut teknologi Bandung. ITB Sains dan Teknologi. Vol. 35 No. 2.

Moh. Uzer Usman, 2000, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis dan Jackson J.H. 2002. Human Resources Management, New Jersey: Prentice Hall.

Mangkunegara, A.P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Ketiga, Jakarta: PT. Rosda Karya.

Winardi, 2004. A Handbook of Human Resources Management, Terjemahan, Jakarta: Elek Media Komputindo

Hamalik. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Robbins, Stephen P. dan Coulter M. 2010. Manajemen, Edisi Kesepuluh, Jakarta: Erlangga

Darpujiyanto 2011, Manajemen, Edisi Kesepuluh, Jakarta: Erlangga

Darpujiyanto 2011, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal. 2005. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ruky, Achmad. 2003. Sumber Daya Manusia Berkualitas, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sudjana, 2005. Statistika Untuk Ekonomi Dan Niaga I, Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sardiman,A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada:Jakarta.

Ahmadi, 2007, Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.