PERANAN DINAS SOSIAL DAN BADAN NARKOTIKA KABUPATEN TERHADAP PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA DI KABUPATEN KUTAI BARAT

Irwan Beltsazar Herman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Dinas Sosial dan Badan Narkotika Kabupaten Terhadap Penanggulangan Bahaya Narkoba di Kabupaten Kutai Barat. Dalam upaya mencegah atau menanggulangi Bahaya Narkoba dikalangan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap serta resiko bahaya penyalahgunaan narkoba oleh Dinas Sosial dan BNK  di Kabupaten Kutai Barat.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dimana peneliti mengumpulkan data-data yang bertujuan untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya tentanghubungan sebabakibat dari dua variable atau lebih dalam suatu penelitian. Dengan menggunakan data yang  diukur dengan menghitung jumlah atau persentase jawaban responden melalui angket/kuisioner yang diberikan kepada responden yang berjumlah 60 orang. Analisa data penelitian ini menggunakan teknik analisa data deskriptif.

Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji hipotesis adalah Peranan Dinas Sosial dan Badan Narkotika Kabupaten Terhadap Penanggulangan Bahaya Narkoba di Kabupaten Kutai Barat berpengaruh signifikan terhadap masyarakat di Kabupaten Kutai Barat.


Keywords


Peranan Dinas Sosial dan BNK, Penanggulangan, Bahaya Narkoba, Kabupaten Kutai Barat.

Full Text:

doc

References


Achmad Ali, (2008). Menguak Tabir Hukum Suatu Kajian Filosofi dan Sosiologis, Cet. Ke 2, P.T. Gunung Agung, 2002. hlm. 53.

Kurniawan (2008). Bahaya Narkoba dan Alkohol. Bandung: Nuansa.

Tim Badan Narkotika Nasional. Kebijakan dan Strategi Nasional di bidang P4GN. (2016).

BNN. (2007). Badan Narkotika Nasional Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Remaja. http://bnn.go.id.

BNN.(2018). Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dan Obat Terlarang. http://bnn.go.id.

Depkes, R.I. (2006). Pedoman Penyuluhan Masalah Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA). Jakarta. http://www.depkes.go.id

http://www.academia.edu/14506686/pencegahan_dan_penanggulangan narkoba.

https://www.bkkbn.go.id/detailpost/strategi-sederhana-pencegahan-penggunaan-narkoba-melalui-keluarga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.