ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN PELITA KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA
Abstract
Dinda Aprilia Putri, 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kelurahan Pelita, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Bimbingan Bapak Suhardiman, S.Sos, M.Si dan Ibu Jamiah, S.Sos, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan pada Kantor Kelurahan Pelita. Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif . penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan fakta, keadaan,fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan secara apa adanya. Pengumpulan Data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Kantor Kelurahan Pelita diantaranya meliputi kesedrhanaan, kepastian waktu, dan kelengkapan Sarana dan Prasarana. Namun indicator penelitian pada Kantor Kelurahan Pelita yaitu Kepastian Waktu belum dapat dikatakan efektif dari segi pelayanan yang diberikan dikarenakan adanya keluhan dari masyarakat yang merasa prosesnya kurang efisien waktu dan berbelit-belit. Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada Kantor Kelurahan Pelita Kota Samarinda adalah kedisplinan, kesopanan, keramahan.
Keywords
Full Text:
docReferences
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Hardiansyah. 2009. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gaya Media
J. Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatf. Bandung: Remaja Rosda Karya
Jiptono. 1999. Kepuasan Dalam Pelayanan. Jakarta ; Salemba Empat.
Sudarsono, 1998. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Hardiyansyah. 2011, Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gava Media.
Deddy Mulyadi. 2015, Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung :
Alfabeta
Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Tjiptono, 1999. Kepuasan Dalam Pelayanan. Jakarta ; Salemba Empat
Peraturan PerUndang-Undangan :
Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor
/KEP/M/PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan
PP No. 73 Tahun 2005 dan Peraturan Daerah Kota Samarinda No. 18 Tahun 2013
Sumber Data Website :
http://www.sanitasi.net/peraturan-pemerintah-no.73-tahun2005-tentangkelurahan.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.