INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS RAPAK MAHANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Poppy Indah CP

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai persepsi Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan skripsi ini ialah deskriptif kuantitatif. Untuk memperoleh data, digunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner dengan dasar Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat meliputi 9 unsur atau indikator pelayanan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada Puskesmas Rapak Mahang Kabupaten Kutai Kartanegara dengan berdasarkan perhitungan menurut KEPMENPAN Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 sebesar 3,14 dengan nilai konversi IKM sebesar 78,5. Angka tersebut termasuk dalam kategori mutu pelayanan “B” dengan kinerja pelayanan publik “BAIK”.


Keywords


Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan

Full Text:

Doc

References


DAFTAR PUSTAKA

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik (5th ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sinambela, L. P. (2010). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Asruni, dan Siti Madina. 2018. “Survey Kepuasan Masyarakat Pada Puskesmas Cempaka Kota Banjarmasin.” Journal of Materials Processing Technology 1(1):1–8.

Ningtyas, Devi Irma Sucia, dan Retno Murni Sari. 2019. “Analisis Kinerja Pelayanan Publik Puskesmas terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar).” Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) 4(2):122–34.

Risal, Muhammad. 2017. “Analisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan sektor kesehatan di kabupaten kutai kartanegara.” 166–84.

Daton, D. B. (2020). Layanan Publik dan Kepuasan Masyarakat. Retrieved Desember 5, 2020, from Ombudsman Republik Indonesia: https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--layanan-publik-dan-kepuasan-masyarakat- (diakses pada 5 Desember 2020)

Eka, Septyani. 2016. Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Serang Kota.http://eprints.untirta.ac.id/740/1/INDEKS%20KEPUASAN%20MASYARAKAT%20TERHADAP%20PELAYANAN%20KESEHATAN%20DI%20PUSKESMAS%20SERANG%20KOTA%20-%20Copy.pdf(diakses pada 5 November 2020)

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.