ANALISIS CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK SABUN MANDI LUX DI SAMARINDA

Umi Primasari -

Abstract


Tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap ekuitas merek sabun mandi lux di Samarinda, 2) Untuk mengetahuipengaruh kesadaran merek terhadap ekuitas merek sabun mandi lux di Samarinda, 3) Untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kesadaran merek terhadap ekuitas merek sabun mandi lux di Samarinda.

Penentuan responden dilakukan dengan metode observasi dan penyebaran kuisioner yang dilakukan secara acak kepada 100 responden di Samarinda.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan. Dari dua variabel independen yang diteliti, maka citra merek dan kesadaran merek mempunyai pengaruh yang signifikan. Hubungan fungsional variabel - variabel yang mempengaruhi ekuitas merek menghasilkan formula persamaan Regresi Liniear Berganda sebagai berikut :

Y = 0,962 + 0.342X1 + 0,375X2 + e

Dari perhitungan dengan menggunakan alat analisis regresi Liniear Berganda dan tingkat signifikan sebesar 5% atau 0,05 maka didapat Fhitung sebesar 30,982 dan Ftabel sebesar 3,09 diketahui bahwa Fhitung> Ftabel atau tingkat signifikan yang digunakan adalah Sig F (0,000) < 0.05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan bahwa variabel dominan adalah keyakinan dimana thitung X1 = 3,392 > dari ttabel = 1,661.

Begitu pula dengan nilai koefisien dari analisis data, maka diperoleh Nilai Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,390 yang menunjukan bahwa tingkat ekuitas merek 39% ditentukan oleh variabel citra merek dan kesadaran merek sedangkan sisanya disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam lingkup penelitian.

Secara parsial menunjukan bahwa semua variabel citra merek (X1), kesadaran merek (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap ekuitas merek sabun mandi lux di Saamrinda. Besarnya masing-masing variabel (r2) terhadap ekuitas merek konsumen adalah citra merek (X1) dan kesadaran merek (X2)34,2% dan Brand Awareness 37,5%.

Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini hipotesis pertama, kedua dan ketiga diterima.    

Keywords


Sabun Mandi Lux, PT. Unilever Indonesia, Tbk

Full Text:

PDF

References


James, A.F. Stoner, 2000,Manajemen, http://Revolsirait.com/Pengertian Manajemen, 21 Desember 2011

Sitinjak, Tony, Tumpal. J.R.S, 2005, Pengaruh citra merek & sikap merek terhadap ekuitas merek. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Vol. 12, No. 2, PP. 166-180, Jakarta

Supranto, J, 2002, Metode Peramalan Kuantitaif Untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis, Rineka Cipta : Jakarta

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller, 2000, Marketing Management, The Milenium Edition, New Jersey: Prentice Hall Inc.

_______¬__, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Edisi kesebelas, Jilid 1, Alih Bahasa Benyamin Molan, PT. Intan Sejati

¬¬Kotler Philip dan Gary Amstrong, 2003, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Alexander Sundiro, Penyuting Bahasa Bambang, Sarwiji Edisi 9, Penerbit PT. Indeks, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v4i1.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.