PENJUALAN TIKET PESAWAT KALSTAR PADA PERUSAHAAN DAERAH WITELTRAM KABUPATEN KUTAI BARAT
Abstract
Perusahaan Daerah Witeltram adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata, telekomunikasi, transportasi, perdagangan, jasa dan air minum. Di bidang transportasi Perusahaan Daerah Witeltram Kutai Barat menjadi agen tiket pesawat Kalstar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prediksi penjualan tiket pesawat Kalstar pada Perusahaan Daerah Witeltram Kabupaten Kutai Barat dari tahun 2015 sampai dengan 2019 mengalami peningkatan atau penurunan.
Dasar teori yang digunakan manajemen pemasaran, manajemen penjualan dan marketing mix dengan menggunakan Forecasting (peramalan).
Alat analisis yang digunakan ialah alat analisis Least Square Trend untuk mengetahui prediksi Penjualan Tiket Pesawat Kalstar dari tahun 2015 sampai dengan 2019 yang di ukur dengan Rupiah.
Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaaan Trend yang diperoleh adalah Y = 1.439.306.490.60 + 60.079.539.70, ini bearti penjualan tiket Pesawat Kalstar Pada Perusahaan Daerah Witeltram Kutai Barat prediksi penjualan tiket meningkat sebesar 15,91% dari tahun 2014, karena Kutai Barat akan mengadakan acara ulang tahun yang Ke-14 sehingga menarik pengunjung dari luar kota untuk datang ke Kutai Barat. Ditahun 2016 prediksi penjualan tiket meningkat 17,44% dari tahun 2014, karena banyaknya masyarakat Kutai Barat akan berangkat Haji/Umroh. Ditahun 2017 prediksi penjualan tiket meningkat 20,39% dari tahun 2014, karena masyarakat Kutai Barat khususnya para remaja yang menuntut ilmu/bersekolah ke luar deaerah. Ditahun 2018 prediksi penjualan tiket meningkat 23,14% dari tahun 2014, karena Kutai Barat mengadakan acara-acara adat yang mengundang para wisata asing untuk pergi berkunjung. Ditahun 2019 prediksi penjualan tiket meningkat 25,71% dari tahun 2014, karena Kutai Barat akan mengadakan Pemilihan Calon Legislatif. Hal tersebut berdasarkan perhitungan menggunakan Forecasting.
Berdasarkan analisis tersebut maka hipotesis yang dikemukakan peneliti yaitu Penjualan Tiket Pesawat Kalstar Pada Perusahaan Daerah Witeltam Kutai Barat periode 2015 sampai dengan 2019 diprediksi mengalami peningkatan, atau dengan kata lain hipotesis ini di terima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amstrong, Gary. Dan Philip Kotler. 2001. Manajemen Pemasaran, Edisi ke-18. Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Assauri, Sofjan. 2007 Manajemen Pemasaran Dasar, konsep dan strategi, penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Swastha, Basu. 2007. Azas-azas Marketing. Edisi ke-3, cetakan ke-6, penerbit Liberty, Yogyakarta.
Kotler, Philip. 2002, Manajemen Pemasaran (terjemahan), Edisi Melinium, jilid 1, PT. Prenhalindo, Jakarta.
Kotler, Philip. Diikuti Basu, Swastha. Dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-7. Penerbit PT. Prehalindo, Jakarta.
Kotler, Philip. Dan Kevin Lane Keller. 2006. Marketing Management. Edisi Ke-6. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Subagyo, Pangestu. 2009. Forcasting Konsep dan Aflikasi. Edisi ke-2, cetakan Ke-13. Penerbit BPFEE, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v5i1.1817
Refbacks
- There are currently no refbacks.