Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan Meubel UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda.
Abstract
RIANTY, Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan meubel UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Eddy Soegiarto dan Ibu Ida Rahmawati. UD.BERKAT BAHAGIA dalam memasarkan produk meubel yang dijual, dihadapkan pada tantangan persaingan dari banyaknya pelaku usaha yang mempunyai jenis usaha yang sama dan berbagai kesamaan baik itu dari segi merk, type, dan lainnya. Manajemen UD.BERKAT BAHAGIA menyadari bahwa untuk mencapai tujuan perusahaan dalam menjual produk-produk meubelnya diperlukan adanya strategi pemasaran berupa marketing namun yang dipilih adalah strategi promosi yang menekankan pada advertising dan personal selling. Permasalahannya adalah Apakah Strategi Promosi melalui advertising dan personal selling dapat meningkatkan hasil penjualan produk meubel UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Pengaruh biaya advertising dan biaya personal selling terhadap peningkatan hasil penjualan produk meubel yang dilaksanakan oleh UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda. Dasar teori yang digunakan adalah manajemen pemasaran dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda.
Dari hasil pehitungan menggunakan SPSS diperoleh bentuk persamaan Regresi Linier Berganda sebagai berikut : Ỷ= -1,883x E7 + 8,888 X1 + 2,295X2.
Nilai konstanta sebesar -1,883x107 yang menandakan bahwa apabila tidak ada faktor biaya advertising (X1) dan biaya personal selling (X2), maka konsumen tidak mengetahui informasi tentang produk yang ditawarkan sehingga akan berdampak menurunnya omset penjualan.Variabel advertising (X1) di temukan nilai sebesar 8,888 yang lebih besar dari nilai variabel (X2) sebesar 2,295 dikarenakan cakupan advertising lebih luas dari pada tenaga pemasaran langsung.
Nilai korelasi (R) sebesar 0,913 menunjukkan bahwa hubungan antara Promosi dengan hasil Penjualan bersifat sangat erat, dan setelah disesuaikan diperoleh determinasi (R2) sebesar 0,834 artinya bahwa Promosi mempengaruhi perubahan pada hasil Penjualan sebesar 83,40%; sedangkan sisanya sebesar 16,60% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Nilai Fhitung sebesar 12,560.Selanjutnya pada tabel diperoleh Ftabel = 5,9874.Bila di bandingkan, maka Fhitung > Ftabel sehingga Hipotesis diterima; artinya bahwa secara bersama-sama (simultan) terdapat pengaruh yang signifikan biaya Advertising (X1) dan biaya Personal Selling (X2) terhadap hasil Penjualan Meubel UD.BERKAT BAHAGIA.
References
Assauri Sofyan, Manajemen pema saran, CV. Rajawali, Jakar ta, 2000
Buchari Alma, pemasaran dan pemasaran jasa, Edisi II, Alfabet, Bandung, 2002.
H.Agus Irianto, Statistik Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Edisi I, Cetakan ke-6, Ken cana Prenada Media Group, Jakarta 2004.
Kotler, Philip, Manajenen pema saran, Volume satu dan dua (terjemahan) LP.FE,UI, Jakarta, 2002.
………………., dan Kevin Line Keller, Manajemen Pema saran, Edisi kedua belas, Jilid 2, cetakan II, PT. Man canan Jaya Cemerlang, Jakarta, 2008.
Mulyadi, Akuntansi Biaya, Edisi Lima,Cetakan Ketujuh, STIE, YKPN Yokyakarta, 2005.
……….., Akuntansi Biaya, Edisi Lima, Cetakan Sepuluh, STIM, YKPN Yokyakarta, 2010.
Swastha, Basu DH, Azas-Azas Marketing, cetakan III, Libe rty, Yokyakarta, 2001.
………………….., Azas-Azas Mar keting, Edisi ketiga, cetakan Keempat, Liberty, Yokya karta, 2000.
………………….., dan Irawan, Manajemen Pemasaran Mo dern, Edisi II, Liberty, Yokyakarta, 2005.
………………….., dan irawan, Manajemen Pemasaran Mo dern, Edisi IV, Liberty, Yokyakarta, 2005.
Sugiyono,Statistika untuk Penelitian, Cetakan kesembilan, CV Alfabeta, Bandung 2006.
……………….., Manajemen Pema saran Dasar, Konsep dan Strategi, Rajawali, Jakarta, 2002.
Tjiptono Fandy, Strategi pemasa ran, Edisi II, Andi Yokyakarta, 2002.
Winardi, kamus ekonomi, Bandung, 2003.
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v2i1.291
Refbacks
- There are currently no refbacks.