Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan Meubel UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda.

Rianty .

Abstract


RIANTY, Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan meubel UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda, dibawah  bimbingan  Bapak Eddy Soegiarto dan Ibu Ida Rahmawati. UD.BERKAT BAHAGIA dalam  memasarkan  produk  meubel yang dijual, dihadapkan  pada  tantangan  persaingan  dari  banyaknya pelaku  usaha  yang  mempunyai  jenis  usaha  yang  sama  dan  berbagai  kesamaan   baik  itu  dari   segi  merk,  type, dan  lainnya. Manajemen UD.BERKAT BAHAGIA menyadari  bahwa  untuk  mencapai tujuan  perusahaan dalam menjual produk-produk  meubelnya  diperlukan  adanya strategi pemasaran berupa marketing namun yang dipilih adalah strategi  promosi  yang  menekankan  pada advertising dan  personal  selling. Permasalahannya adalah Apakah  Strategi  Promosi melalui  advertising dan  personal  selling  dapat  meningkatkan  hasil penjualan produk meubel UD.BERKAT BAHAGIA Di Samarinda, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Pengaruh biaya  advertising  dan  biaya  personal  selling  terhadap  peningkatan hasil penjualan produk meubel yang dilaksanakan oleh UD.BERKAT  BAHAGIA Di Samarinda. Dasar teori yang digunakan adalah manajemen pemasaran  dengan  menggunakan  alat analisis regresi linear  berganda. 

            Dari hasil pehitungan menggunakan SPSS diperoleh bentuk persamaan Regresi  Linier Berganda sebagai berikut : Ỷ= -1,883x E7 + 8,888 X1 + 2,295X2.

Nilai  konstanta  sebesar  -1,883x107  yang  menandakan  bahwa  apabila   tidak ada faktor biaya advertising (X1) dan biaya personal selling (X2), maka  konsumen tidak mengetahui informasi tentang produk yang  ditawarkan  sehingga  akan berdampak menurunnya omset penjualan.Variabel advertising (X1) di temukan  nilai  sebesar  8,888  yang  lebih  besar  dari  nilai  variabel (X2) sebesar 2,295  dikarenakan cakupan  advertising  lebih   luas dari pada  tenaga  pemasaran  langsung.

Nilai korelasi (R) sebesar 0,913 menunjukkan bahwa hubungan antara Promosi dengan hasil Penjualan bersifat sangat erat, dan setelah disesuaikan diperoleh determinasi (R2) sebesar 0,834 artinya bahwa Promosi mempengaruhi perubahan pada hasil Penjualan sebesar 83,40%; sedangkan sisanya sebesar 16,60% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

            Nilai Fhitung sebesar 12,560.Selanjutnya pada tabel diperoleh Ftabel = 5,9874.Bila di bandingkan, maka Fhitung > Ftabel sehingga Hipotesis diterima; artinya bahwa secara bersama-sama (simultan) terdapat pengaruh yang signifikan biaya Advertising (X1) dan biaya Personal Selling (X2) terhadap hasil Penjualan Meubel  UD.BERKAT  BAHAGIA.


Full Text:

PDF Doc

References


Assauri Sofyan, Manajemen pema saran, CV. Rajawali, Jakar ta, 2000

Buchari Alma, pemasaran dan pemasaran jasa, Edisi II, Alfabet, Bandung, 2002.

H.Agus Irianto, Statistik Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Edisi I, Cetakan ke-6, Ken cana Prenada Media Group, Jakarta 2004.

Kotler, Philip, Manajenen pema saran, Volume satu dan dua (terjemahan) LP.FE,UI, Jakarta, 2002.

………………., dan Kevin Line Keller, Manajemen Pema saran, Edisi kedua belas, Jilid 2, cetakan II, PT. Man canan Jaya Cemerlang, Jakarta, 2008.

Mulyadi, Akuntansi Biaya, Edisi Lima,Cetakan Ketujuh, STIE, YKPN Yokyakarta, 2005.

……….., Akuntansi Biaya, Edisi Lima, Cetakan Sepuluh, STIM, YKPN Yokyakarta, 2010.

Swastha, Basu DH, Azas-Azas Marketing, cetakan III, Libe rty, Yokyakarta, 2001.

………………….., Azas-Azas Mar keting, Edisi ketiga, cetakan Keempat, Liberty, Yokya karta, 2000.

………………….., dan Irawan, Manajemen Pemasaran Mo dern, Edisi II, Liberty, Yokyakarta, 2005.

………………….., dan irawan, Manajemen Pemasaran Mo dern, Edisi IV, Liberty, Yokyakarta, 2005.

Sugiyono,Statistika untuk Penelitian, Cetakan kesembilan, CV Alfabeta, Bandung 2006.

……………….., Manajemen Pema saran Dasar, Konsep dan Strategi, Rajawali, Jakarta, 2002.

Tjiptono Fandy, Strategi pemasa ran, Edisi II, Andi Yokyakarta, 2002.

Winardi, kamus ekonomi, Bandung, 2003.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v2i1.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.