PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SAMARINDA
Abstract
The purpose of this study was to determine simultaneously or partial significant effect of tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy for the taxpayer as well as the satisfaction of knowing the most dominant variable affecting the satisfaction of taxpayers in Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda
Variable reliability (X2) has dominant influence on consumer satisfaction Tax Office Primary t value Samarinda because most of the 9.796. Similarly, the value of the standardized beta coefficients greater than 0.743 standardized beta coefficients other variables.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara simultan atau parsial pengaruh yang signifikan dari bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan wajib pajak serta mengetahui variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda
Variabel keandalan (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda karena nilai t hitungnya yang paling besar 9,796. Demikian juga nilai standardized coefficients betanya 0,743 lebih besar dari nilai standardized coefficients beta variable lainnya.
References
Anonim, Himpunan Undang-Undang Perpajakan tahun 2000, CV Eko Jaya, Jakarta, 2000
Boediono, 2003, Pelayanan Prima bagi Perpajakan, Rineka Cipta, Jakarta
Kotler Philip, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi kedua belas, Macanan Jaya Cemerlang, Indonesia.
Poltak Lijan Sinambela, dkk, 2011, Reformasi Pelayanan Publik, cetakan keenam, Sinar Grafika offset, Jakarta.
Tjiptono Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.
................., 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Balai Pustaka, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v2i1.296
Refbacks
- There are currently no refbacks.