ANALISIS PERSEPSI DAN BRAND ASSOCIATION TERHADAP PEMBELI SABUN MANDI CAIR LIFEBOUY DI SAMARINDA

Muhammad Andry Surya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Apakah faktor Persepsi dan Brand association berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli sabun mandi cair Lifebouy di Samarinda (2) Faktor mana diantara persepsi dan brand association yang paling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli sabun mandi cair Lifebouy  di Samarinda.

Berdasarkan hasil analisis berdasarkan data populasi dan sampel penelitian sebanyak 60 responden serta pengelolahan data kuisioner, maka dihasilkan penelitian sebagai berikut :

  1. 1.    Persamaan regresi sebagai berikut Y = 0,690 + 0,948 X1 + 0,006 X2 . Hasil persamaan tersebut dapat diketahui konstanta (a) sebesar 0,690 menyatakan bahwa jika  X1, X2, sama dengan nol maka tingkat keputusan pemebelian akan tetap sebesar Brand Association 0,690 atau dapat dikatakan jika tidak ada variabel Persepsi, dan  maka keputusan pembelian akan constant (tetap) sebesar 0,690.
  2. 2.    Hasil dari uji F, didapat F hitung adalah 166,197 sedangkan nilai F tabel diperoleh nilai sebesar 3,160 hal ini berarti bahwa (Fhitung166,197> Ftabel 3,160) sehingga dapat dikatakan variabel Persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
  3. 3.    Angka R adalah 0,925 hal ini menyatakan bahwa korelasi antar variabel Persepsidan brand association terhadap keputusan pembelian sangat kuat hubungannya. Angka adjusted R square adalah 0,856 atau 85,6% tingkat keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel Perspsi dan Brand association sedangkan sisanya 16,7% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar penelitian.
Berdasarkan uji t, ditemukan t tabel sebesar 1,670, terlihat variabel Persepsi mempunyai nilai t hitung 0,670 menyatakan bahwa variabel Persepsi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen,sedangkan variable Brand association tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Persepsi,Brand association, Keputusan Pembeli

Full Text:

Untitled

References


Kotler dan keller American Marketing Association 2009,Alih bahasa : Hendra Teguh, dkk. Penerbit : Prenhalindo. Jakarta

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. PT. Prenhallindo, Jakarta

Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1). Penerbit Erlangga, Jakarta.

lamb, et all. 2001. Definisi Persepsi.Edisi Keenam. Jilid I. Binarupa Aksara, Jakarta

Morrison, M.A, 2010, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, cetakan pertama, Penerbit : Kencana Prenada Media Group

Purwanto, Djoko,2006, Komunkasi Bisnis, edisiketiga, Penerbit :Erlangga. Jakarta

Rangkuti Freddy,2002, The power of brand, Pengertian merek,Penerbit :Gramedia PustakaUtama, Jakarta

Simamora, Bilson, 2004, Perilaku Konsumen, cetakan ketiga, Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sugiyono, 2003, , edisi revisi cetakan kesepuluh, Penerbit : Alfabeta, Bandung




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i2.3532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.