ANALISIS PERSEPSI DAN BRAND ASSOCIATION TERHADAP PEMBELI SABUN MANDI CAIR LIFEBOUY DI SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Apakah faktor Persepsi dan Brand association berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli sabun mandi cair Lifebouy di Samarinda (2) Faktor mana diantara persepsi dan brand association yang paling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli sabun mandi cair Lifebouy di Samarinda.
Berdasarkan hasil analisis berdasarkan data populasi dan sampel penelitian sebanyak 60 responden serta pengelolahan data kuisioner, maka dihasilkan penelitian sebagai berikut :
- 1. Persamaan regresi sebagai berikut Y = 0,690 + 0,948 X1 + 0,006 X2 . Hasil persamaan tersebut dapat diketahui konstanta (a) sebesar 0,690 menyatakan bahwa jika X1, X2, sama dengan nol maka tingkat keputusan pemebelian akan tetap sebesar Brand Association 0,690 atau dapat dikatakan jika tidak ada variabel Persepsi, dan maka keputusan pembelian akan constant (tetap) sebesar 0,690.
- 2. Hasil dari uji F, didapat F hitung adalah 166,197 sedangkan nilai F tabel diperoleh nilai sebesar 3,160 hal ini berarti bahwa (Fhitung166,197> Ftabel 3,160) sehingga dapat dikatakan variabel Persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
- 3. Angka R adalah 0,925 hal ini menyatakan bahwa korelasi antar variabel Persepsidan brand association terhadap keputusan pembelian sangat kuat hubungannya. Angka adjusted R square adalah 0,856 atau 85,6% tingkat keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel Perspsi dan Brand association sedangkan sisanya 16,7% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar penelitian.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Kotler dan keller American Marketing Association 2009,Alih bahasa : Hendra Teguh, dkk. Penerbit : Prenhalindo. Jakarta
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. PT. Prenhallindo, Jakarta
Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1). Penerbit Erlangga, Jakarta.
lamb, et all. 2001. Definisi Persepsi.Edisi Keenam. Jilid I. Binarupa Aksara, Jakarta
Morrison, M.A, 2010, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, cetakan pertama, Penerbit : Kencana Prenada Media Group
Purwanto, Djoko,2006, Komunkasi Bisnis, edisiketiga, Penerbit :Erlangga. Jakarta
Rangkuti Freddy,2002, The power of brand, Pengertian merek,Penerbit :Gramedia PustakaUtama, Jakarta
Simamora, Bilson, 2004, Perilaku Konsumen, cetakan ketiga, Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sugiyono, 2003, , edisi revisi cetakan kesepuluh, Penerbit : Alfabeta, Bandung
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v7i2.3532
Refbacks
- There are currently no refbacks.