PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH UNIT MOTOR’S CENTRE FINANCING PLAZA MOTOR DI SAMARINDA
Abstract
Adam Husaein. Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada UMC Financing Plaza Motor. Bimbingan oleh Theresia Militina sebagai dosen pembimbing pertama dan Eka Yudhyani sebagai dosen pembimbing kedua.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan yang terdiri dari variabel Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada UMC Financing Plaza Motor Kota Samarinda dan untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh lebih dominan terhadap Kepuasan Konsumen pada UMC Financing Plaza Motor Kota Samarinda
Hasil dari penelitian ini pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa Variabel Tangibles (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4) dan Emphaty (X5) secara bersama-sama (Simultan) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) Unit Motor’s Centre (UMC) Plaza Motordengan hasil uji F sebesar 38,410 dan a 0,000.
Hasil dari penelitian ini pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa Responsiveness (X3) berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) Unit Motor’s Centre (UMC) Plaza Motor dengan hasil uji t sebesar 7,807 dan a 0,000. Kemudian nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,800 atau 80,0% dan nilai R (koefisien korelasi berganda) Sebesar 0,894 atau 89,4%
References
Alma Buchori, 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alpa Beta. Bandung.
Assauri,sofyan, 2006, Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep Dan Strategi), penerbit PT. Grafindo Persada, Jakarta
Bilson, Simamora. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Ferdinand, A.T. 2006, Metode Penelitian Manajemen, BP Undip. Semarang
Hasan .2006. Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang
Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Kesembilan, Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy and Gregorius Chandra. 2006. Service, Quality Satisfaction. Andi Ofset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran (Edisi II). Penerbit Andi. Yogyakarta.
Umar, Husein. 2007, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v2i1.366
Refbacks
- There are currently no refbacks.