SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI PENJUALAN SARI APEL STUDI KASUS : UKM “MIA” NONGKOJAJAR PASURUAN, JAWA TIMUR

Sheila Nihliyanti Hutami

Abstract


Sehubungan dengan kegiatan penjualan yang ada di perusahaan maka pihak manajemen UKM Mia melakukan evaluasi terhadap sistem dan prosedur akuntansi penjualan yang berlaku saat ini guna melakukan langkah-langkah penyesuaian yang perlu dilakukan.

 Permasalahan yang ada di dalam ini adalah sebagai berikut : “ Apakah Sistem dan Prosedur Akuntansi Penjualan Sari Apel Pada UKM Mia telah memenuhi unsur-unsur pengendalian intern (internal control system) yang baik?”.

 Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pelaksanakan Sistem dan Prosedur Akuntansi penjualan.2. Membandingkan Sistem dan Prosedur Akuntansi Penjualan Sari Apel Pada UKM Mia dengan teori akuntansi.

Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis sistem dan prosedur akuntansi kas adalah dengan menggunakan Metode Komparatif (perbandingan), yang mana membandingkan sistem pengendalian intern yang ditetapkan Perusahaan dengan sistem pengendalian intern menurut literature serta menggunakan bagan alir (flow chart). Dilampirkan juga proses interview yang berbentuk Questioner yang artinya yaitu menurut data dengan menggunakan Tanya jawab dengan bagian-bagian yang terkait.

Hasil analisis menyebutkan sistem dan prosedur akuntansi Penjualan Sari Apel Pada UKM Mia belum memenuhi internal control yang baik didukung dengan hasil questioner dari 15 item pertanyaan terjawab 8 item dengan jawaban “Tidak”, 8/15 x 100% = 53,33% ini berarti UKM Mia belum memenuhi unsur-unsur sistem pengendalian intern yang baik menurut dasar teori.

Sistem pengendalian intern akuntansi penjualan perusahaan mencangkup rencana organisasi dan semua metode serta tindakan yang digunakan untuk mengamankan harta, efisiensi operasi, dan memastikan pencatatan pada kebijakan yang telah ditetapkan manajemen. Sistem dan Prosedur Penjualan Sari Apel Pada UKM Mia belum sepenuhnya sesuai dengan sistem dan prosedur akuntansi penjualan yang sesungguhnya menurut teori sehingga hipotesis yang dikemukakan sebelumnya yaitu bahwa, Sistem dan Prosedur Akuntansi Penjualan Sari Apel Pada UKM Mia belum memenuhi unsur-unsur pengendalian intern (internal control system) yang baik, terbukti atau di terima karena sistem dan prosedur akuntansi penjualan sari apel pada UKM Mia belum memenuhi sistem internal control.


Full Text:

PDF DOC

References


Kroenke David dan Richard Hatch, 2001, Management of Information System, Sixth Edition,Mc. Grow-hill.Inc., Nort America

Mulyadi (2008). Sistem Akuntansi, Edisi ketiga, Cetakan Keempat, Jakarta.

. (2008), Auditing. Buku Satu, Edisi Keenam, Salemba Empat, Jakarta.

M. Reeve James, S. Warren Carl, E. Duchac Jonathan, Ersa Tri Wahyuni, Gatot Soepriyanto, Amir Abadi Jusuf, Chaerul D. Djakman, 2009, Pengantar Akuntansi-Adaptasi Indonesia (Principles of Accounting- Indonesia Adaptation), Buku I,Salemba Empat, Yogyakarta.

Swasta Basu, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi kedua belas Liberty, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v2i1.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.