PENGARUH BRAND IDENTITY DAN BRAND POSITIONING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND IMAGE DAN SIKAP PADA PRODUK GERY GARUDA FOOD DI SAMARINDA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand identity dan brand positioning terhadap pembentukan brand image, pengaruh brand identity dan brand positioning terhadap pembentukan brand image dan pengaruh sikap terhadap pembentukan brand image. Dasar teori manajemen pemasaran dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah jumlah penduduk Kota Samarinda pada tahun 2017 berjumlah 812.597 orang, dengan sampel 100 responden. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan adanya pengaruh simultan antara brand identity dan brand positioning terhadap brand image pada Produk Gery Garuda Food di Samarinda. Sesuai uji t menunjukkan bahwa nilai signifikasi brand identity (X1) adalah 0,000 < α = 0,05 dan t hitung (5,200) > t tabel (1,660) pada α = 0,05 maka brand identity berpengaruh signifikan dan positif terhadap pembentukan brand image pada produk Gery Garuda Food di Samarinda, yang berarti hipotesis pertama diterima. Nilai signifikasi brand positioning (X2) adalah 0,001
< α = 0,05 dan t hitung (3,557) > t tabel (1,660) pada α = 0,05 maka brand positioning berpengaruh signifikan dan positif terhadap pembentukan brand image pada produk Gery Garuda Food di Samarinda, yang berarti hipotesis kedua diterima.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeker, D.J. 2013. Brand Leadership. The Free Press. New York.
Azwar, S. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Penerbit Pustaka Pelajar.
Yogyakarta.
Ferrinadewi, E. 2009. Merek dan Psikologi Konsumen. Penerbit Graha Ilmu. Jakarta.
Hardian, L.S 2017. Sikap Merek. Penerbit Politehnik LP3I. Jakarta
Kasali, Rhenald. 2011. Membidik Pasar Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Kotler, P. dan Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Penerbit PT
Indeks. Jakarta.
. 2010. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Penerbit Andy.
Yogyakarta.
Misdar, Maulana. 2015. Pengaruh Brand Identity dan Brand Positioning Terhadap Pembentukan Brand Image PT Zurich Topa Life Di Samarinda. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul.
Satriya, B. 2009. Strategi Pengembangan Merek. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Jakarta.
Setiadi, N. 2010. Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Kencana Prenanda Media. Jakarta.
Swastha, B dan Hani Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v10i3.5965
Refbacks
- There are currently no refbacks.