PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) PADA KOPERASI “HALAL” DI SAMARINDA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh yang signifikan dari produk, harga, promosi, dan tempat terhadap keputusan memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda dan mengetahui variabel marketing mix, yaitu : produk, harga, promosi, dan tempat yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda. Dasar teori yang digunakan manajemen pemsaran khususnya bauran pemasaran. Hipotesis penelitian ini
Alat analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F dan Uji t.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, kesimpulan penelitian ini :
- Nilai korelasi R sebesar 0,557 menunjukkan hubungan yang erat antara variabel bebas yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat terhadap variabel terikat keputusan nasabah memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda, dengan demikian produk, harga, promosi dan tempat cukup layak digunakan sebagai alat untuk meramalkan keputusan nasabah memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda . Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,311 menunjukkan bahwa variabel bebas bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat keputusan nasabah memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda sebesar 31,1 %, sedangkan sisanya 68,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
- Nilai F hitung. sebesar 9,574 sedangkan besarnya F tabel = 2,17 dan signifikansinya 0,000 < 0,05, Hal ini menunjukkan secara bersama-sama Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan Tempat (X4), mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda.
Keywords
References
Umar, Husein, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Garmedia Pustaka utama Jakarta
Kotler Phillip, 2000, Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium II. Jakarta. Prenhalindo
____________, 2003, Principel Of Marketing, Pearson Education Inc., Upper Saddle river, New Jersey, USA, Page 5.
Sugiyono, 2008, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v3i3.918
Refbacks
- There are currently no refbacks.