PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) PADA KOPERASI “HALAL” DI SAMARINDA

Hafid Fitriansyah -

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh yang signifikan dari produk, harga, promosi, dan tempat terhadap keputusan memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda dan mengetahui variabel marketing mix, yaitu : produk, harga, promosi, dan tempat yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL”  di Samarinda. Dasar teori yang digunakan manajemen pemsaran khususnya bauran pemasaran.  Hipotesis penelitian ini

Alat analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F dan Uji t.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, kesimpulan penelitian ini :

  1. Nilai korelasi R sebesar 0,557 menunjukkan hubungan yang erat antara variabel bebas yang terdiri  dari produk, harga, promosi dan tempat terhadap variabel terikat keputusan  nasabah memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda,  dengan demikian produk, harga, promosi dan tempat cukup layak digunakan sebagai alat untuk meramalkan keputusan  nasabah memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda . Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,311 menunjukkan bahwa variabel bebas bauran pemasaran yang terdiri dari  produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat keputusan  nasabah memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda  sebesar 31,1 %,  sedangkan sisanya 68,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
  2. Nilai F hitung. sebesar 9,574 sedangkan besarnya F tabel = 2,17  dan signifikansinya 0,000 < 0,05,  Hal ini menunjukkan secara bersama-sama Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan Tempat (X4), mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap  keputusan memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda.
variabel bebas Harga (X2) memiliki nilai t hitung yang lebih besar yaitu 3,296 lebih besar dari faktor-faktor lainnya dan didukung nilai standardized coefficient beta 0,392 yang terbesar dibandingkan variabel lainnya. Dengan demikian dari empat  variabel bebas yang digunakan dalam model, maka variabel Harga (X2) mempunyai pengaruh yang lebih dominan  terhadap keputusan nasabah memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan diduga faktor harga yang pengaruhnya lebih dominan dibandingkan faktor lain terhadap  keputusan nasabah  memilih Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) “HALAL” di Samarinda, diterima

Keywords


Bauran Pemasaran. Keputusan Konsumen

Full Text:

PDF PDF

References


Umar, Husein, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Garmedia Pustaka utama Jakarta

Kotler Phillip, 2000, Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium II. Jakarta. Prenhalindo

____________, 2003, Principel Of Marketing, Pearson Education Inc., Upper Saddle river, New Jersey, USA, Page 5.

Sugiyono, 2008, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung




DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v3i3.918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.