ANALISIS DISCREPANCY PADA PERUSAHAAN JASA MANAJEMEN WAREHOUSE DI PT. CIPTA KRIDA BAHARI SAMARINDA
Abstract
Kegiatan stock check/stock opname tahun 2011 terdapat Discrepancy yang nilainya sangat besar sehingga merugikan perusahaan PT. Cipta Krida Bahari Samarinda. Discrepancy spare part kategori minus (part kurang) jumlahnya sebanyak 1083 item dengan total nilai Rp. 235.055.420 dari total jumlah stock 19066 item. Sedangkan Discrepancy spare part kategori not found (part tidak ditemukan/hilang) jumlahnya sebanyak 912 item dengan total nilai Rp. 265.053.540 dari total jumlah stock spare part 19066 item.
Penelitian ini bertujuan mengalisis apa yang menjadi penyebab terjadinya Discrepancy di Warehouse PT. Cipta Krida Bahari Samarinda serta mencari solusinya. Alat analisis pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data hasil stock check/stock opname tahun 2011 di Warehouse PT. Cipta Krida Bahari Samarinda.
Pengujian hipotesis yang dikemukakan akan diterima apabila benar telah terjadi aktifitas penerimaan, penyimpanan dan pengiriman barang yang tidak sesuai dengan prosedur sehingga menyebabkan Discrepancy, akan tetapi hipotesis akan ditolak apabila ternyata penyebab terjadinya Discrepancy bukan disebabkan karena aktifitas penerimaan, penyimpanan dan pengiriman barang yang tidak sesuai dengan prosedur.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi aktifitas penerimaan, penyimpanan dan pengiriman barang yang tidak sesuai dengan prosedur sehingga menyebabkan terjadinya Discrepancy.
Aktifitas penerimaan, penyimpanan dan pengiriman yang tidak sesuai dengan prosedur dan menyebabkan terjadinya Discrepancy yaitu kesalahan part number (kode spare part) sebanyak 195 item, kesalahan description (nama spare part) sebanyak 207 item, kesalahan quantity (jumlah) sebanyak 617 item, double supply (spare part terkirim lebih dari satu kali) sebanyak 658 item, kesalahan location (lokasi/penempatan spare part) sebanyak 213 item, serta part damage (kerusakan spare part) sebanyak 65 item.
Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis dapat diterima karena telah terjadi aktifitas penerimaan, penyimpanan dan pengiriman barang yang tidak sesuai dengan prosedur sehingga menyebabkan terjadinya Discrepancy pada perusahaan PT. Cipta Krida Bahari Samarinda.Full Text:
PDFReferences
Anonim, Caterpillar. 2003. Warehousing. Asia Pacifik Learning. Australia.
,http://erlina3.2002.Manajemen-Persediaan.repository.usu.ac.id.
,http://nursyamsi.2012.ManajemenPersediaan.staff.gunadarma.ac.id.
,http://www.2012.Manajemen-Persediaan.docstock.com/docs.
,http://www.2012.Manajemen-Pergudangan.2011.blogspot.com.
,Trakindo, PT. 2009. Basic warehousing. Bogor : Training Center Deparment, PT. Trakindo Utama, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Chase, Aquilano dan Jacobs. 2011. Operation Management for Competitive Advantage. Edisi ke sembilan. McGraw Hill Irwin, Bpston Burr Ridge. Boston.
Donal J, Bowersox. 1978. Manajemen Logistik. PT. Bumi Aksara.
Dwiantara Lukas dan Sumarto Hadi Rumsari. 2005. Manajemen Logistik
Pedoman Praktis Bagi Sekretaris & Staff Administrasi, Grasindo, Jakarta.
Griffin. 2000. Management. Edisi kedua, Erlangga. Jakarta.
Handoko T, Hani. 2003. Manajemen. BPFE. Yogyakarta.
Husein Umar. 1998. Metode Penelitian. Raja Grafinfo Persada. Jakarta.
Ibrahim, Yacob. 1997. Manajemen Perusahaan, Jakarta.
Jay Heizer dan Barry Render. 2005. Operations Management. Edisi ke Tujuh, Salemba Empat. Jakarta.
Meokijat. 2000. Manajemen Operasional, cetakan keempat, Jakarta.
Nova, Iwan. 2012. Advance Warehouse Operation Management. Makalah Disajikan dalam pelatihan Warehouse, Divisi Warehouse PT CKB. Jakarta.
Pandji Anoraga dan Janti Soegiastuti. 1996. Manajemen Operasional, Jakarta.
Render, Barry dan Jay Heizer. 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi.
Salemba Empat. Jakarta.
Richards, Gwynne. 2011. Warehouse Management. Kogan Page. London.
S. Subagya MS. 1994. Manajemen Logistik, cetakan keempat, Jakarta : PT. Gunung Agung.
Sandjaya dan Albertus Heriyanto. 2006. Panduan Penelitian. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Tuwu, Alimuddin. 2006. Pengantar Metode Penelitian. UI-Press. Jakarta.
Warman, John. 2004. Manajemen Pergudangan. Sinar Harapan. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.31293/ekm.v3i3.952
Refbacks
- There are currently no refbacks.