Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Empati Pada Remaja

Daisy Listiani .

Abstract


Abstract.

This study aims to determine whether there is a relationship between democratic parenting parents with empathy. Parenting is parenting is democratic, so that there is only one relationship that will be investigated in this study.

The research was conducted at the junior high school students by the number of subjects 226 students from 3 different schools. Means of collecting data in the form of democratic questionnaire consisting of 24 items and empathy questionnaire consisting of 60 items, measuring instruments used in the form of Likert scale. Data were analyzed by multiple regression analysis using SPSS (Statistical packade for Social Science) 18 for Windows.

From the analysis of the research data obtained by the correlation between democratic parenting with empathy for 0,100 to 0,000 p. This suggests that there is a highly significant correlation between democratic parenting with empathy.



Keywords


democratic parenting, empathy

Full Text:

PDF DOC

References


Aidina, T., (2008). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis orangtua Dengan Tingkat Asertivitas Remaja. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Islam Indonesia.

Ali, Sambas, Muhidin, & Abdurahman, M., (2007). Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Amini, Ibrahim, (2006). Agar Tak Salah mendidik Anak. Jakarta: Al-HUDA.

Ani, M., (2009). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Rasa Percaya Diri Siswa-siswi di TK Primagama Kota Malang. Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Anak Terlibat Kriminal (2012, 21 November). Kaltim Post. http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/3522/49-anak-terlibat-kriminal.html. Akses 18 Februari 2013.

Anastasia, A. W., & Heni, N., (2007). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Pada Remaja. Jurnal. Surakarta: Universitas Setia Budi.

Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian (Satu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Bari, M. W., (2004) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas III SDN di Kecamatan Gurah Kota Malang. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Borba, Michele., (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Curanmor Didominasi Pelajar, Sekolah Tingkatkan Penyuluhan (2012, 4 Desember). Kaltim Post. http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/4750/ curanmor-didominasi-pelajar-sekolah-tingkatkan-penyuluhan.html. Akses 18 Februari 2013.

Danny Soesilo, Tritjahjo., Setyorini, & Panuntun, Jontas G., (2006). Hubungan tipe pola asuh authoritatif dengan empati pada siswa kelas X SMK N 3 Salatiga. Jurnal. Salatiga: Universitas Kristen. http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/1805. Akses 30 Juni 2013.

Dian, Ibung, (2009). Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: Gramedia.

Dua Siswi, Pelaku Perkelahian Dikeluarkan Dari Sekolah (2009, 29 Oktober). Poskota Kaltim. http://www.poskotakaltim.com/berita/read/2480-2-siswi-pelaku-perkelahian-dikeluarkan-dari-sekolah.html. Akses 18 Februari 2013.

Fathur, Rahman, (2006). Kualitas Empati dan Intensi Prososial Sebagai Dasar Kepribadian konselor. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah mada.

Goleman, Daniel., (2009). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, (2004). Psikologi Praktis: Anak Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Gusti, Y. A., & Margaretha, M. S. P., (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal. Semarang: Fakultas Psikologi, Universitas Muria Kudus.

Hadi, S., (2000). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Imam, S., (2010). Peran Kemampuan Empati Pada Efikasi Diri Mahasiswa Peserta KKN PPM POSDAYA. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro.

Irawati, Nia., (2005). Hubungan Pola Asuh dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 tahun di RW XI Kelurahan Tanjung Rejo Kota Malang. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Istianah, A. R., (2008). Hubungan Antara Persepsi terhadap Pola Asuh Demokratis Ayah dan Ibu Dengan Perilaku Disiplin Remaja. Jurnal. Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada.

Kasiati, Djalali, M. A., & Diah, S., (2012). Hubungan Simultan Dan Parsial Pola Asuh Demokratis dan Efikasi Diri Dengan Kreativitas. Jurnal Psikologi Persona Volume 1 Nomor 1.

Mahrita, R. M., (2007). Hubungan Pola Asuh Demokratis orang Tua Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Remaja. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Fakultas psikologi, Universitas Islam Indonesia.

Megawangi, Ratna, (2006). Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Machfoedz, (2007). Teknik Membuat Alat Ukur Penelitian. Yogyakarta: Fitramaya.

Nana, S. S., (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PPS UPI dan Remaja Rosda Karya

Nasution, M., (2003). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ochtia, Sari, A. T., Ramdhani, N., Eliza, M., (2003). Empati dan Perilaku Merokok di Tempat Umum. Jurnal. Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Islam Indonesia.

Pemerkosaan 8 Orang Anak SMP (2011, 1 Oktober). Banjarmasin Post. http://www.ainisastra.com/2011/10/berita-pemerkosaan-8-orang-anak- smp.html. Akses 18 Februari 2013.

Pengeroyokan Lima Pelajar Putri SMP Samarinda Kepada Seorang Remaja Putri Dikuburan (2011, 24 Juli). http://akuindonesiana.wordpress.com. Akses 18 Februari 2013.

Pujiyanti, Agustin, (2009). Kontribusi Empati Terhadap Perilaku Altruisme Pada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Setu Bekasi. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma.

Putri, C. A., (2007). Pencapaian Status Identitas Diri Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Skripsi. Malang: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Rumini, Sri & Sundari, Siti, (2004). Perkembangan Anak dan Remaja Buku Pegangan Kuliah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Santoso, Singgih, & Tjiptono, FANDY, (2002). Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Komputindo.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumartono, (2004). Komunikasi Kasih Sayang. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Suryabrata, (2004). Pengembangan Alat Ukur. Yogyakarta: Andi Offset.

Syamsu, Yusuf, (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda Karya.

Veny, I., Rr. Amanda, P. R., & Dian, E. S., (2012). Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Kreativitas dan Adversity Quotient Remaja Awal. Jurnal. Fakultas Psikologi.

Wawan Junaidi. http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/02/macam-macam-pola-asuh-orang-tua.html.

Wuryanano, (2007). The 21 Principles to Build and Develop Fighting Spirit. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.