HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN AGRESIVITS

Nurussa'adah . ., Siti Khumaidatul Umaroh, Diana Imawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti secara empiris hubungan antara konformitas teman sebaya dengan agresivitas siswa. Penelitian ini melibatkan 125 orang siswa dari SMPN 40 kota Samarinda. Penetapan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non random, dengan teknik sampel jenuh. Data peneliti menggunakan dua skala yaitu skala agresivitas dan skala konformitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas dengan agresivitas siswa dengan nilai r = 0,395 (p = 0,000). Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat konformitas, maka akan semakin tinggi juga tingkat agresivitas pada siswa.

Full Text:

PDF

References


Andarini, S., Susandari, & Rosiana, D. (2012). Hubungan antara Self-Esteem dengan Derajar Stres pada Siswa Akselerasi SD Negeri Banjarsari 1 Bandung. Prosiding SNaPP2012: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. III,. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Azwar, Saifuddin. (2014). Tes Prestasi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Baron, R.A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Buss, A. H. & Perry, M. (1992). The Aggression questionnaire. Journal Of Personality And Social Psychology. 63(3) 452-459

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang : UMM Press.

Fauziah, Syifa. (2014). Pengaruh trait kepribadian big-five dan konformitas teman sebaya terhadap agresivitas anak punk di jabodetabek. Jurnal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Jessica, (2011). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dan Materialisme Pada Remaja.

Kurniawan, H. (2017). Tawuran pelajar di Alam Sutera, dan warga terkena tusukan.

Levianti. (2008). Konformitas dan Bullying Pada Siswa. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Vol. 6 No 1.

Monks, F.J. dkk. (2004). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Nariswari, S.L. 2017. 8 pelaku pembacokan diringkus polisi, 7 diantaranya masih anak-anak

Narpaduhita, P.D., & Dewi, R.S. (2014). Perbedaan perilaku cyberbullying ditinjau dari persepsi siswa terhadap iklim sekolah di SMK negeri 8 surabaya. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental.

Oktaviani, (2014). Hubungan Antara Konformitas Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying. Skripsi.

Palinoan, E.L. (2015). Pengaruh Konformitas dengan agresivitas pada kelompok geng motor di Samarinda. Ejournal Psikologi. 4(1). 79-94.

Parasayu, (2018). Hubungan Antara Konformitas Dan Perilaku Agresif Pada Remaja. Skripsi.

Richard, G. (2010). Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Baca.

Sarlito, W.S., & Eko, A.M. (2015) Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Sarwono.2005. Teori Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT.Radja Grafindo Perkasa.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wahyudi, R.A. (2013). Hubungan Inferiority Feeling dan agresivitas pada remaja delinkuen.Skripsi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Zhafarina, (2014). Perilaku agresif remaja ditinjau dari konformitas teman sebaya.

Jurnal Universitas Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.