Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal ini memuat tulisan-tulisan berupa hasil penelitian Psikologi di bidang Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Konsumen, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Sosial.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Etika Publikasi

Etika Publikasi

Motiva: Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

Motiva : Jurnal Psikologi diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Jurnal ini memuat tulisan-tulisan berupa hasil penelitian Psikologi di bidang Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Konsumen, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Sosial. 

Peraturan yang diterapkan oleh Jurnal Motiva wajib ditaati oleh semua pihak, seperti proses publikasi, penerbit, editor, reviewer dan penulis.

Kode etik dari publikasi ilmiah berlandaskan pada 3 etika atau tata aturan yaitu (i)  Judul, tidak menganut unsur S.A.R.A (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) dan juga konflik dalam manajemen publikasi ; (ii) Keadilan, memberikan hak penulis kepada penulis; (iii) Kejujuran, artikel yang dipublikasinya harus bebas dari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme dalam publikasi.

 

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit  Motiva : Jurnal Psikologi bertanggung jawab dalam naskah yang diberikan, setelah melalui proses editing, reviewing, dan pengecekan berdasarkan peraturan publikasi ilmiah.
  2. Penerbit Motiva : Jurnal Psikologi meberikan jaminan kebebasan pada editor dan tim untuk mengerjakan tugas masing-masing sesuai dengan posisi yang ditetapkan.
  3. Penerbit bertanggung jawab pada perlindungan keamanan kekayaan intelektual dan kebebasan editor.

 

Tanggung Jawab Editors

  1. Editor dari Motiva : Jurnal Psikologi bertanggung jawab atas artikel yang terpilih dengan menerapkan peraturan penerbitan yang telah ditetapkan.
  2. Editor Motiva : Jurnal Psikologi berhak untuk memutuskan naskah yang layak dipublikasikan. Naskah tersebut harus mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai peraturan untuk tidak melakukan pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, pemalsuan data dan plagiarisme.
  3. Dalam proses meninjau dan menerima naskah, tim editorial Motiva: Jurnal Psikologi didasarkan pada prinsip kesetaraan perlakuan dalam membuat keputusan untuk menerbitkan naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan atau ideologi politik penulis.
  4. Editor dan tim editor dari Motiva : Jurnal Psikologi tidak akan mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah atau naskah yang dimasukkan kecuali dengan izin penulis.
  5. Naskah yang tidak terpublikasi tidak akan digunakan oleh editor untuk kepentingan senidiri dan akan dikembalikan kepada penulis.

 

 

Tanggung jawab Mitra Bebestari

  1. Mitra bebestari membantu editor dalam memberikan keputusan dan melalui komunikasi editorial yang kemudian disampaikan kepada penulis. Bantuan yang diberikan oleh mitra bebestari menyangkut ulasan konten teks / artikel.
  2. Setiap teks yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak dapat ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
    1. Mitra bebestari bertanggung jawab atas rekomendasi teks yang dia periksa.
    2. Studi naskah dilakukan secara objektif, dan didukung oleh argumen yang jelas.
    3. Mitra Bebestari bertanggung jawab untuk kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, pemalsuan data dan plagiarisme teks yang mereka tinjau.
    4. Mitra Bebestari harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ia tinjau untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

 

Tanggung Jawab Penulis

  1. Penulis menulis hasil pemikiran atau penelitiannya dengan jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, pemalsuan data dan plagiarisme.
  2. Penulis menulis setiap referensi yang digunakan dalam teks sesuai dengan aturan penulisan ilmiah.
  3. Penulis dapat memastikan bahwa naskah yang dikirim dalam Jurnal Ilmu Kepolisian tidak pernah dipublikasikan di media lain, dan tidak dikirim ke jurnal lain.
  4. Penulis memastikan bahwa kegiatan penelitian dilakukan sesuai dengan kode etik.
  5. Penulis harus menunjukkan referensi dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  6. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan aturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  7. Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam teks yang diterbitkan, penulis memiliki kewajiban untuk segera memberi tahu editor atau penerbit jurnal dan bekerja dengan editor untuk menarik atau memperbaiki.
  8. Penulis tidak keberatan jika teks diedit dalam proses peninjauan dan tata letak tanpa mengubah substansi atau ide utama penulisan.