PENGARUH KEBAHAGIAAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PELAYANAN PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG
Abstract
Keywords
References
Anggraeni, Jannah . Hubungan Antara Psychological Well – Being dan Kepribadian Hardiness Dengan Stres Pada Petugas Port Security.Program Studi Psikologi, FIP, UNESA
Azwar Asrul. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Buheli, Kartin. 2012. “Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Penerapan Proses Keperawatan Di RSUD Toto Kabupaten Bone Bolango”. Ejurnal.ung.ac.id, Vol. 05, No. 01, p. 1-6
Carr, Alan. 2004. Positive Psychology : The Science of Happiness and Human
Cross, R. 1996. Midwives and Management. Hale, Cheshire: Books for Midwives Press.
Endah Purnasari. 2010. Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kebidanan. Data International Medical Travel Journal 2008
Efliani. 2014. Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Perawat Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Gunarsa, S. 2012. Psikologi Perawatan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Gunawan, W. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Dan Pelayanan Administrasi Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pertamina Cirebon). Strata Satu. Universitas Diponegoro Semarang.
Griffin Moorhead. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Jurnal Motiva Ervina Ismirawati 64
Hadjam, 2001. Efektivitas Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Di Rumah Sakit (Perspektif Psikologi). Jurnal Psikologi.
Kristianto. (2012). Mutu Rumah Sakit dapat Mencegah Malpraktik Terjadi di Rumah Sakit KOMPASIANA.
Massofa. 2008. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Dalam Berkomunikasi, Tersedia Muninjaya, I Gede, 2003. Manajemen Kesehatan, EGC: Jakarta.
Muninjaya. 2014. Manajemen Kesehatan.Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC
Munawaroh. 2000. Empati dan Intensi Prososial Pada Perawat. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
Mulyono M.H, Hamzah, A.Z Abdullah. 2013. Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Tingkat Iii 16.06.01 Ambon. Universitas Hasanudin
Mujianto, H. 2010. Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Pada Balai Latihan Kerja Dengan Metode Tqm (Total Quality Management) Melalui Iso 9001:2008. Pasca Sarjana. Universitas Indonesia.
Muninjaya, I. 2004. Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC, pp.220-232.
Megawati, Hariyanto, T. & Rachmi, A. 2016. Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Farmasi Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien di RS Baptis Batu: Peran Kepesertaan Asuransi.
Mongkaren, S. 2013. Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. Managemen, 1(4), pp.493-503
McKenna, E., Beech, N. & McKenna, E. 2002. Human resource management. Harlow: Financial Times Prentice Hall.
Myers G, David. 2012. Psikologi Sosial.
Jakarta:Penerbit Salemba Humanika.
Nam Kim. 2014. The Effect Nursing Organizational Culture and Happiness Index on Turnover Intention among Nurses Department of Nursing, Busan women's
Nurfaizah Darajat, Rosyidah . 2012. Hubungan Budaya Organisasi Dengan Komitmen Organisasi Perawat Bagian Rawat Inap Kelas II dan III Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Notoadmojo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta
Robbins, S. P.1993. Organizational Behavior: Concepts, Controversies, and Applications. Sixth Edition. Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.
Sugiarto, E. 1999. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : ALFABETA
Setyaningsih, I. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean ServPerf (Lean Service dan Service Performance). Jurnal Spektrum Industri.
Jurnal Motiva Ervina Ismirawati 65
Seligman, M. 2002. Authentic Happiness: Using The New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfi llment. New York: Free Press.
Seligman, M. 2005. Authentic Happiness: Using The New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfi llment (Eva Yulia Nukman, Penerjemah). Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Schein, E.H. 2002. Organizatiomal Culture and Leadership San Francisco : Jossey Bas Publisher,Inc
Trisantoro,2005. Good Governance dan Sistem Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Surabaya.
Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Publisher.
Trisnantoro, L. 2005. Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Andi Publisher.
Uripni, C., Sujianto, U. dan Indrawati, T .2003. Komunikasi Kebidanan. EGC 2003.
Wijono, Djoko. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehata Teori Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Airlangga University Press.
Wheelen, Hunger. 1986. Organizational Behavior and Change.
Wood, J.M., Wallace, Zeffane, Schermerhorn, Hunt, Osborn, 2001. Organizational Behaviour an Asia-Pacific Perspective. John Wiley & Sons, Singapore.
Yulianti. 2012. Pengaruh Perilaku Caring Perawat Terhadap Pelayanan di Ruang Rawat Inap Umum RS Dr. H. Mazoeki Mahdi Bogor. Bogor.
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v1i1.3498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.