EFEKTIVITAS PELATIHAN GOAL SETTING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA SMPIT NURUL ‘ILMI TENGGARONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemberian pelatihan goal setting dalam
meningkatkan motivasi berprestasi menghafal Al-Qur‟an pada siswa SMPIT Nurul „Ilmi Tenggarong.
Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa SMPIT Nurul „Ilmi, 15 siswa sebagai kelompok
eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan sampel mengunakan teknik
purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi berprestasi
menghafal Al-Qur‟an. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-post control group design.
Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan mengunakan uji Anova
Repeated Measures. Penelitian ini membuktikan pelatihan goal setting dapat meningkatkan motivasi
berprestasi menghafal Al-Qur‟an pada siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil yang signifikan
dengan nilai F = 49.496 dan p = 0.000, p < 0.05. Hal ini menunjukkan adanya interaksi antara
pengukuran (prates, pascates, dan tindak lanjut) dan kelompok (eksperimen dan kontrol). Interaksi
menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor yang berbeda secara signifikan dari prates, pascates,
dan tindak lanjut antara kedua kelompok.Sehingga disarankan bagi guru dan siswa agar menjadikan
pelatihan goal setting berguna dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an.
Full Text:
PDFReferences
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemberian pelatihan goal setting dalam
meningkatkan motivasi berprestasi menghafal Al-Qur‟an pada siswa SMPIT Nurul „Ilmi Tenggarong.
Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa SMPIT Nurul „Ilmi, 15 siswa sebagai kelompok
eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan sampel mengunakan teknik
purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi berprestasi
menghafal Al-Qur‟an. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-post control group design.
Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan mengunakan uji Anova
Repeated Measures. Penelitian ini membuktikan pelatihan goal setting dapat meningkatkan motivasi
berprestasi menghafal Al-Qur‟an pada siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil yang signifikan
dengan nilai F = 49.496 dan p = 0.000, p < 0.05. Hal ini menunjukkan adanya interaksi antara
pengukuran (prates, pascates, dan tindak lanjut) dan kelompok (eksperimen dan kontrol). Interaksi
menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor yang berbeda secara signifikan dari prates, pascates,
dan tindak lanjut antara kedua kelompok.Sehingga disarankan bagi guru dan siswa agar menjadikan
pelatihan goal setting berguna dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an.
Winarsunu, T. 2007. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v1i2.3950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.