HUBUNGAN INTELIGENSI DAN KEPRIBADIAN DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN

Andi Erika Safitri, Sulistiawari ., Eva Rachmi

Abstract


Dokter merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan, untuk mendapatkan gelar tersebut
seseorang harus menjalani pendidikan kedokteran. Capaian pembelajaran didapatkan melalui tahapan 3P
berupa presage, proses, produk. Faktor presage, diantaranya personal dan situasional. Faktor personal
memiliki beberapa komponen diantaranya inteligensi dan kepribadian. Tujuan penelitian untuk mengetahui
hubungan inteligensi dan kepribadian dengan indeks prestasi Mahasiswa Program Studi Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik
metode cross sectional. Sumber data adalah primer berupa kuesioner big five factor marker untuk data
kepribadian, sekunder berupa hasil tes psikologi untuk inteligensi dan kartu hasil studi untuk indeks
prestasi. Responden adalah mahasiswa program studi kedokteran fakultas kedokteran universitas
mulawarman yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis dengan uji alternatif chi square yaitu uji Fisher.
Hasil penelitian didapatkan 305 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Secara
keseluruhan, apabila dilihat berdasarkan gender dan usia responden terbanyak adalah perempuan sebanyak
219 orang (71.8%) dan usia 20 tahun sebanyak 86 orang (28.2%). Hasil analisis data, untuk hubungan
inteligensi dengan indeks prestasi didapatkan signifikansi p=0.018, sedangkan untuk hubungan kepribadian
dengan indeks prestasi didapatkan extroversion (p=0.077), agreeableness (p=0.354), conscientiousness
(p=0.719), neuroticism (p=0.880), openness (p=0.610). Kesimpulannya terdapat hubungan inteligensi
dengan indeks prestasi dan tidak terdapat hubungan kepribadian dengan indeks prestasi


Full Text:

PDF

References


Al-Naggar, R. A., Osman, M. T., Ismail,

Z., Bobryshev, Y. V., Ali, M. S., &

Gonzalez, M. M. (2015). Relation

between Type of Personality and

Academic Performance among

Malaysian Health Sciences Students.

iMedPub Journals, 8(182).

Biggs, J. (1987). Students Approaches to

Learning and Studying. Melbourne:

Australian Council for Educational

Research.

Carr, S. E., Celenza, A., Puddey, I. B., &

Lake, F. (2014). Relationships between

Academic Performance of Medical

Students and their Workplace

Performance as Junior Doctors. BMC

Medical Education, 1-7.

Ciorbea, I., & Pasarica, F. (2013). The

Study of the Relationship Between

Personality and Academic Performance.

SciVerse ScienceDirect, 78, 400-404.

Kaur, N., Kaur, A., & Kaur, J. (2018).

Influence of Intelligence Quotient on the

Academic Achievement of Students.

International Journal of Advanced

Research, 6(8), 541-548.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

(MENDIKBUD). 2014. Panduan

Penyusunan Capaian Pembelajaran

Lulusan Program Studi . MENDIKBUD.

Jakarta.

Konsil Kedokteran Indonesia. 2012.

Standar Pendidikan Profesi Dokter

Indonesia. Undang Undang Nomor 10

Tahun 2012. Sub bagian Pengertian

Umum, Jakarta.

Maharani, R.F. (2013). Adaptasi Alat

Ukur Kepribadian Big Five Factor

Marker dari International Personality

Item Pool (IPIP) (Skripsi, Universitas

Sumatera Utara, Sumatera)

Mastuti, E. (2005). Analisis Faktor Alat

Ukur Kepribadian Big Five (Adaptasi

dari IPIP) pada Mahasiswa Suku Jawa.

INSAN, 7(3).

Naderi, H., Abdullah, R., Aizan, T., &

Sharir, J. (2010). Intelligence and

academic achievement: an investigation

of gender differences. Life Science

Journal, 7(1).

Undang Undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2013 Pendidikan

Kedokteran. 6 Agustus 2013. Lembaran

Negara Republik Indonesia Tahun 2013

nomor 132. Jakarta

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan

Pendidikan Tinggi

(PERMENRISTEKDIKTI) Republik

Indonesia Nomor 18 Tahun 2015 Tata

Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi

Mahasiswa Program Profesi Dokter atau

Dokter Gigi. 15 Juni 2015 Berita Negara

Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan

Pendidikan Tinggi (PERMEN

RISTEKDIKTI) Republik Indonesia

Nomor 44 Tahun 2015 Standar Nasional

Pendidikan Tinggi. 21 Desember 2015.

Berita Negara Republik Indonesia Tahun

nomor 1952. Jakarta.

Vedel, A., & Poropat, A. E. (2017).

Personality and Academic Performan




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v2i1.4264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.