HUBUNGAN INTELIGENSI DAN KEPRIBADIAN DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN
Abstract
Dokter merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan, untuk mendapatkan gelar tersebut
seseorang harus menjalani pendidikan kedokteran. Capaian pembelajaran didapatkan melalui tahapan 3P
berupa presage, proses, produk. Faktor presage, diantaranya personal dan situasional. Faktor personal
memiliki beberapa komponen diantaranya inteligensi dan kepribadian. Tujuan penelitian untuk mengetahui
hubungan inteligensi dan kepribadian dengan indeks prestasi Mahasiswa Program Studi Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik
metode cross sectional. Sumber data adalah primer berupa kuesioner big five factor marker untuk data
kepribadian, sekunder berupa hasil tes psikologi untuk inteligensi dan kartu hasil studi untuk indeks
prestasi. Responden adalah mahasiswa program studi kedokteran fakultas kedokteran universitas
mulawarman yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis dengan uji alternatif chi square yaitu uji Fisher.
Hasil penelitian didapatkan 305 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Secara
keseluruhan, apabila dilihat berdasarkan gender dan usia responden terbanyak adalah perempuan sebanyak
219 orang (71.8%) dan usia 20 tahun sebanyak 86 orang (28.2%). Hasil analisis data, untuk hubungan
inteligensi dengan indeks prestasi didapatkan signifikansi p=0.018, sedangkan untuk hubungan kepribadian
dengan indeks prestasi didapatkan extroversion (p=0.077), agreeableness (p=0.354), conscientiousness
(p=0.719), neuroticism (p=0.880), openness (p=0.610). Kesimpulannya terdapat hubungan inteligensi
dengan indeks prestasi dan tidak terdapat hubungan kepribadian dengan indeks prestasi
Full Text:
PDFReferences
Al-Naggar, R. A., Osman, M. T., Ismail,
Z., Bobryshev, Y. V., Ali, M. S., &
Gonzalez, M. M. (2015). Relation
between Type of Personality and
Academic Performance among
Malaysian Health Sciences Students.
iMedPub Journals, 8(182).
Biggs, J. (1987). Students Approaches to
Learning and Studying. Melbourne:
Australian Council for Educational
Research.
Carr, S. E., Celenza, A., Puddey, I. B., &
Lake, F. (2014). Relationships between
Academic Performance of Medical
Students and their Workplace
Performance as Junior Doctors. BMC
Medical Education, 1-7.
Ciorbea, I., & Pasarica, F. (2013). The
Study of the Relationship Between
Personality and Academic Performance.
SciVerse ScienceDirect, 78, 400-404.
Kaur, N., Kaur, A., & Kaur, J. (2018).
Influence of Intelligence Quotient on the
Academic Achievement of Students.
International Journal of Advanced
Research, 6(8), 541-548.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
(MENDIKBUD). 2014. Panduan
Penyusunan Capaian Pembelajaran
Lulusan Program Studi . MENDIKBUD.
Jakarta.
Konsil Kedokteran Indonesia. 2012.
Standar Pendidikan Profesi Dokter
Indonesia. Undang Undang Nomor 10
Tahun 2012. Sub bagian Pengertian
Umum, Jakarta.
Maharani, R.F. (2013). Adaptasi Alat
Ukur Kepribadian Big Five Factor
Marker dari International Personality
Item Pool (IPIP) (Skripsi, Universitas
Sumatera Utara, Sumatera)
Mastuti, E. (2005). Analisis Faktor Alat
Ukur Kepribadian Big Five (Adaptasi
dari IPIP) pada Mahasiswa Suku Jawa.
INSAN, 7(3).
Naderi, H., Abdullah, R., Aizan, T., &
Sharir, J. (2010). Intelligence and
academic achievement: an investigation
of gender differences. Life Science
Journal, 7(1).
Undang Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2013 Pendidikan
Kedokteran. 6 Agustus 2013. Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun 2013
nomor 132. Jakarta
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan
Pendidikan Tinggi
(PERMENRISTEKDIKTI) Republik
Indonesia Nomor 18 Tahun 2015 Tata
Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi
Mahasiswa Program Profesi Dokter atau
Dokter Gigi. 15 Juni 2015 Berita Negara
Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan
Pendidikan Tinggi (PERMEN
RISTEKDIKTI) Republik Indonesia
Nomor 44 Tahun 2015 Standar Nasional
Pendidikan Tinggi. 21 Desember 2015.
Berita Negara Republik Indonesia Tahun
nomor 1952. Jakarta.
Vedel, A., & Poropat, A. E. (2017).
Personality and Academic Performan
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v2i1.4264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.