SCHOOL OF EMPATHY UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Libbie Annatagia ., Endah Puspita Sari, Hazhira Qudsyi ., Marcus Stueck .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian intervensi School of Empathy untuk menurunkan perilaku agresi pada anak sekolah dasar. Partisipan dalam penelitian ini adalah 10 anak sekolah dasar, dengan usia antara 9-11 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu modul School of Empathy Indonesia dan behavioral check list untuk mengukur perilaku agresi. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi, yaitu menggunakan the pretest-posttest control group design (Shadish, dkk, 2002). Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis independent sample t-test. Hasil uji beda menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan skor posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (p > 0.05). Namun demikian, hasil pengukuran effect size menunjukkan bahwa ada kontribusi dari School of Empathy terhadap penurunan perilaku agresi pada partisipan sebesar 32,5%.

Full Text:

PDF

References


Adelson, R. (2004). Hormones, Stress and Aggression: A Vicious Cycle. Diunduh dari http://www.apa.org/monitor/nov04/hormones.aspx

Anderson, C.A., & Huessman, L. R. (2003). Human Aggression: A Social Cognitive View. The Sage Handbook of Social Psychology. Edited by Michael A. Hogg & Joel Cooper. Thousand oaks, CA: Sage Publication, Inc.

Andreas, S. & Manfred, C. (2016). Risk factors and prevention of aggressive behavior in children and adolescents. Journal for Educational Research Online, 8, 1, 90-109.

Baron,R. A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (10th ed.). Jakarta: Erlangga

Coplan, A & Goldie, P. (2011). Empathy: Philosophical & Psychological Perspectives. New York: Oxford University Press.

Field, A. (2009). Discovering Statistics Using SPSS. 3rd edition. London: Sage Publication Ltd

Graves, V., Stueck, M., and Svence, G. (2016). Changes of 1st grade school children’s emotional and social competences in TANZPRO-Biodanza intervention group, Proc. International Scientific Conference, pp. 344-356

Hariyono, A., Saraswati, S., & Anni, C. (2018). Perilaku Agresif Anak di Yayasan Setara Kota Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 17-24. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/20327

KPAI. (2019). Pelanggaran Hak Anak Bidang Pendidikan Masih Didominasi Perundungan. Diunduh dari http://www.kpai.go.id/berita/pelanggaran-hak-anak-bidang-pendidikan-masih-didominasi-perundungan

Kristianto, A., Perilaku Agresif Anak-Anak Perkampungan Sosial Pingit Yayasan Sosial Soegijapranata (PSP YSS). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Lesure-Lester, G. E. (2000). Relation Between Empathy and Aggression and Behavior Compliance Among Abused Group Home Youth. Child Psychiatry and Human Development 31, 2, 153-61. Doi: 10.1023/A:1001900727156

Pascual-Sagastizabal, E., Del Puetro, N., Cardas, J., Sanchez-Martin, JR., Vergara, A.I., & Azurmendi, A. (2019). Testosterone and cortisol modulate the effects of empathy on aggression in children. Psychoneuroendocrinology, Vol. 103, pp. 118-124. Doi: 10.1016/j.psyneuen.2019.01.014

Murtiningtyas, A. (2009). Pelatihan Keterampilan Sosial untuk Menangani Anak Agresif. Tesis (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sari, E. P., & Annatagia, L. 2015. Pengembangan Modul TANZPRO-Biodanza untuk Partisipan Anak-anak. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia.

Schoppe, S. & Stueck, M. (2012). Wertschätzende kommunikation in kindertagesstätten evaluationeines program szurempathie för de rung und frühengewalt prevention bei kindern. Präv Gesundheitsf, 7, 229-236. doi: 10.1007/s11553-012-0352-3

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and quasi-experimental designs for generalized causal inference. Boston, MA, US: Houghton, Mifflin and Company.

Shaffer, D.R. (2009). Social and Personality Development. Belmont: Wadsworth.

Strayer, J. & Roberts, W. (2004). Empathy and Observed Anger and Aggression in Five Years Old. Social Development, 13, 1, 1-13.

Stueck, M.; Villegas. A.; Luzzi, C.; & Toro, R. (2010). TANZPRO-Children : Dance-oriented Programs for Children with TANZPRO-Biodanza. Unpublished Edition. Education Center for Health.

Trimulyaningsih, N., Novitasari, R., & Qudsyi, H. (2015). Pengembangan Modul Komunikasi Non Kekerasan (Nonviolent Communication) pada Anak. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia.

Villegas, A. 2006. The Danced Way: Empirical Research about TANZPRO-Biodanza. Strasburg : Schibri




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v2i1.4267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.