IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA SEKOLAH PAUD

Lia Rosliana, Rina Hizriyani

Abstract


Pendidikan inklusif merupakan sebuah pendekatan yang berusaha mentransformasi sistem pendidikan dengan meniadakan hambatan-hambatan yang dapat menghalangi setiap siswa untuk berpartisipasi penuh dalam pendidikan. Hambatan yang ada bisa terkait dengan masalah keluarga, fisik, psikis, lingkungan dan lain-lain. Dengan kata lain pendidikan inklusi adalah pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.Dengan demikian pendidikan anak usia dini mempunyai peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini, mengingat pada usia tersebut merupakan usia yang sangat menentukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya (golden age). Selanjutnya untuk menentukan kualitas manusia, yang perlu dibina sejak dini adalah kesehatan, nutrisi dan stimulasi psikososial.Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan pertama, terdapat payung hukum dalam pelaksanaan sisitem pendidikan inklusif di sekolah PAUD, kedua peningkatan sarana dan prasarana yang menunjang, ketiga peningkatan SDM guru-guru serta penambahan pengembangan kompetensi guru

Full Text:

PDF

References


Alimin, Zaenal. (2007). Melakukan Orientasi Ulang tentang Pendidikan bagi Peserta Didik Tunagrahita. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. [Online]. Henry Clay Lindgren, Educational Psychology in the Classroom, (Tokyo: Charles E. Tuttle Company, 1967), cet. ke-III

Lay Kekeh Marthan. (2007). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: DIRJEN DIKTI.

Moleong, Lexy J. (2017) Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Peck, Staub, (1995) what area the outcomes for Nondisabled students,Boston : Educational Leadership.

PERMENDIKNAS, Kurikulum (2013). Pendidikan Anak Usia Dini No.146 Tahun 2014, Pasal 1

Sugiyono. (2016). Metode Penlitian , Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-23. Bandung:Alfabeta

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Suparno.

Suparno, (2007). Teori Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Widodo, Joko. . (2010). Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia

http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf diunduh tanggal 22 Mei 2019




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v2i1.4313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.