PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KONTROL DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Mita Wulandari, siti Khumaidatul Umaroh, Silvia Eka Mariskha

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh self efficacydan self control  terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini melibatkan 320 mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan tiga jenis skala yaitu self efficacy, self control dan prokrastinasi akademik. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa self efficacydan self control berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Pengaruh self efficacydan self control terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan oleh nilai R² sebesar 0,400, yang berarti bahwa variasi prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh variabel self efficacydan self control sebesar 40%. Dalam hal ini self efficacymempengaruhi prokrastinasi akademik sebesar 24,9% sementara self control mempengaruhi prokrastinasi akademik sebesar 15,1%.

Full Text:

PDF

References


Avico, R.S. & Mujidin.(2014). Hubungan Antara Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bengkulu yang Bersekolah di Yogyakarta.Empathy. Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 62-65.

Al Heilat, M.Q., Alsubhien, A.M., & Al Qudah,M.F.(2014).The Relationship between the Academic Procrastination and Self-Efficacy among Sample of King Saud University Students. Jurnal of Education and Practice, 5(16), 101-111.

Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian. Umm Press Malang.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A.(1997). Self Efficacy: The exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Chintia, R.R. & Kustanti, E.R. (2017). Hubungan Antara Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Empati, 6(2), 31-37.

Damri, Engkizar & Anwar, F. (2017). Hubungan Self Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Bimbingan Konseling. 3(1), 74-95.

Endrianto, C. (2014). Hubungan Antara Self Control Dan Prokrastinasi Akademik Berdasarkan TMT. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1-11

Feist & Feist. (2006). Theories of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghufron, N.M. & Risnawita, R. (2010). Teori-teori psikologi. Jogjakarta:Ar- Ruz Media.

Hapsari, W.E. (2016). Self Efficacy Pengerjaan Skripsi Prokrastinasi Akademik dengan Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Experienta, 4(2), 75-84.

Kadi, A.P.U. (2016). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi 2013. eJournal Psikologi, 4(4), 457-471.

Lastary, D.L. & Rahayu, A.(2018). Hubungan Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau Yang Berkuliah di Jakarta. HUMANIORA, 2(2), 17-23.

Pratiwi, A.D. & Sawitri, D.R. (2015). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Efikasi Diri Akademik Dan Lama Studi Pada Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Empati, 4(4), 272-276.

Prawitasari. (2012). Psikologi Terapan: Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta: Erlangga.

Rosani, T., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(2), 114-119.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta.

You, J.W. (2015). Examining the effect of academic procrastination on achievement using Ims data in e-learning. Journal of Educational Technology & Society, 18(3), 64-74.




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.