DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN TUGAS KULIAH DARING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

Marcellyna Purede, Christiana Hari Soetjiningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan tugas kuliah daring pada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UKSW Salatiga berjumlah 93 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik (Pratama, 2020) dan skala dukungan sosial (Rayyan, 2016). Analisis data menggunakan metode korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan negatif signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi akademik dengan nilai r = -0,355 dan signifikasi = 0,000 (p < 0,05). Artinya semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin rendah prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah, dan sebaliknya semakin rendah dukungan sosial orang tua maka prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah semakin tinggi

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2004). Validitas dan reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darajat, A.M., Syawal, F.F., & Muliani, R.(2021). Hubungan dukungan sosial keluarga dengan prokrastinasi akademik selama pembelajaran daring pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Nursing Update, 12(3).

Fauziah, H.H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic:Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132.

Ferrari, J.R., Johnson, J.L., & McCown, W.G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Springer Science & Business Media.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

Ghufron, M.N., & Walgito, B.(2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orangtua dengan prokrastinasi akademik. Magister), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Khoirunnisa, R.N., Jannah. M., Dewi. D.K., & Satiningsih. (2021). Prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir pada masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 11(3), 278-292.

Krisnadhi, M. A. D., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran konformitas teman sebaya dan dukungan sosial orangtua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa program studi sarjana psikologi fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 183-194.

McCloskey, J. D. (2011). Finally, my thesis on academic procrastination. Thesis

Nisa, N.K., Mukhlis, H., Wahyudi, D.A., & Putri, R.H. (2019). Manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Journal of Psychological Perspective, 1(1), 29-34.

Nafeesa, N.(2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal. Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53-67

Pradinata, S., & Susilo, J.D. (2016). Prokrastinasi akademik dan dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa fakultas psikologi universitas katolik widya mandala surabaya. Jurnal Experientia, 4(2).

Pratama, D. P. S. (2020). Hubungan kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengikuti resimen mahasiswa di teritorial sub-a mahadipa jawa tengah. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 51-98

Puteri, A.P., & Dewi, D.K. (2021). Hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa psikologi universitas negeri surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6).

Qomariyah, N., & Psi, S.L.S. (2016). Efikasi diri, ketidaknyamanan terhadap tugas, dan konformitas teman sebaya sebagai prediktor prokrastinasi akademik. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahman, C. A. (2019). Pengaruh dukungan sosial orang tua, minat belajar dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada sma negeri akreditasi A di kota padang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 18-26.

Rayyan, E.L. (2017). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning pada siswa sekolah menengah ke atas. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Safitri, A. (2018). Hubungan dukungan sosial orang tua terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi. Insight:Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 14(2), 154-173.

Sarafino, E.P. (1998). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (3th ed.). USA:Wiley.

Sugiyono. (2005). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV

Tarmidi, T., & Rambe, A.R.R. (2010). Korelasi antara dukungan sosial orang tua dan self‐directed learning pada siswa sma. Jurnal Psikologi UGM, 37(2).

Wijaya, I.P. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial orangtua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v5i2.6465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.