BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PRODUK FASHION MAHASISWA PSIKOLOGI UKSW

Ahat Nur Rohmah, Maria Nugraheni Mardi Rahayu

Abstract


Mahasiswa merupakan individu yang berada pada masa transisi dari remaja menuju dewasa akan berupaya untuk mengeksplorasi diri salah satunya dengan mencoba berbagai produk fashion. Dalam upaya mengeksplorasi gaya hidup, mahasiswa akan mencoba beberapa hal, salah satunya eksplorasi tentang fashion. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW sebanyak 260 partisipan. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala impulsive buying dikembangkan oleh Verplanken dan Herabadi (2001) dan skala Big Five Inventory dikembangkan oleh Oliver P. John dkk (1991).  Hasil yang didapat dari uji regresi linear sederhana yang dilakukan diperoleh bahwa nilai sig trait extraversion (0,00), nilai sig trait agreeableness (0,126), nilai sig trait conscientiousness (0,003), nilai sig trait neuroticism (0,000), nilai sig trait openness to experience (0,028). Kesimpulan yang diperoleh adalah trait extraversion, trait conscientiousness, trait neuroticism, dan trait openness to experience memiliki pengaruh terhadap perilaku impulsive buying produk fashion, sedangkan trait agreeableness tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku impulsive buying produk fashion. Mahasiswa hendaknya membuat perencanaan dan mempertimbangkan terlebih dahulu seperti urgensi mengenai barang yang akan dibeli. Hal ini untuk menghindari terjadinya pembelian tanpa perencanaan (impulsive buying).

Full Text:

PDF

References


Astutik, P. P., Chusniyah, T., & Viatrie, D. I. (2020). Kepribadian big five terhadap Impulsive Buying Behavior pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.33367/psi.v5i1.951

Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badgaiyan, A. J. & Verma, A. (2014). Intrinsic factors affecting impulsive buying behaviour - evidence from India. Journal of Retailing and Consumer Services, 21, 537-549. http://dx.doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.04.003

Farid, D. S. & Ali, M. (2018). Effects of personality on impulsive buying behavior: evidence from a developing country. Marketing and Branding Research, 5, 31-43. https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3345838

Hadyan, A., Mariyanti, S. & Safitri, M. (2020) Pengaruh tipe kepribadian terhadap impulsive buying pada mahasiswi psikologi Universitas Esa Unggul yang melakukan pembelian secara online shopping. JCA Psikologi, 1(1), 9-18. From https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jpsy/article/view/37/36

Herwij. (2010). Produk Fashion. Diunduh dari https://wijayahery.blogspot.com/2010/11/produk-fashion.html

McCrae, R. R & John, O. P. (1992). An introduction to the five-factor model and its application. Journal of Personality, 60(2), 175-215. doi:10.1111/j. 1467-6494.1992.tb00970.x

Park, E. J., Kim, E. Y., & Forney, J. C. (2006). A structural model of fashion oriented impulse buying behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, 10(44), 433-446. https://doi.org/10.1108/13612020610701965

Permana, S. N. & Adelina, I. (2021). Hubungan trait kepribadian dan impulsive buying pada pengguna e-commerce "X". Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 1–11.

Ramdhani, N. (2012). Adaptasi bahasa dan budaya inventory big five. Jurnal Psikologi, 39(2), 189-207. From https://www.academia.edu/6066321/Adaptasi_Bahasa_dan_Budaya_Big_Five_Inventory

Ratnawat, R. G. & Borgave, S. A. (2019). Impact of big five personality on impulsive buying behavior. RESEARCH REVIEW International Journal of Multidisciplinary, 04(06), 500-505. From https://www.researchgate.net/publication/335014285_Impact_of_Big-Five_Personality_on_Impulsive_Buying_Behaviour_ARTICLE_DETAILS_ABSTRACT

Santrock, J. W. (2018). Life-span development (seventeenth edition). New York: McGraw-Hill Education.

Sari, R. K. (2016). Kecenderungan Perilaku Compulsive buying (Pembelian Kompulsif) pada Masa Remaja Akhir di Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 361–372. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1

Verplanken, B. & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulsive buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of Personality. 15, 71-83. https://doi.org/10.1002/per.423

Wibawa, B. M. & Bramanti, G. W. (2018). Analisis model struktural faktor-faktor pembentuk fashion-oriented impulsive buying produk ritel fashion berdasarkan sudut pandang konsumen usia remaja. DeReMa Jurnal Manajemen, 13(1), 55-82. From https://www.semanticscholar.org/paper/Analisis-Model-Struktural-Faktor-Faktor-Pembentuk-Wibawa-Bramanti/5dd8b73a3ef42f0dfe9541fa6c08e1d85638ee13

Workman, L. (2010). The Essential Structure of Compulsive Buying: A Phenomenological Inquiry. From https://www.researchgate.net/publication/228391993_The_Essential_Structure_of_Compulsive_Buying_A_Phenomenological_Inquiry

Vishnu, Parmar & Raheem, Ahmed Rizwan, 2013.“Factors Affecting Impulse Buying Behavior”,European Journal of Scientific Research, 100(3): 67-69. DOI or URL: http://www.europeanjournalofscientificresearch.com/issues/EJSR_100_3.html




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v6i1.6507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.