EMPLOYEE VOICE DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

Didik Widiantoro, Yanwar Arief, Irfani Rizal, Nur Fitriyana

Abstract


Suara sebagai bentuk ekspresi konstruktif dalam meningkatkan fungsi dan efektivitas organisasi telah diterima perhatian besar, terutama dalam studi yang menjelaskan anteseden dan konsekuensi dari suara karyawan. Salah satu kemampuan sumber daya manusia yang harus dikuasai dengan baik adalah bagaimana menjadikan tempat kerja sebagai milik sendiri, dan memiliki rasa keikutsertaan dalam segala kegaitan untuk mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap employee voice.  Penelitian ini dijalankan menggunakan metode pendekatan kuantitatif regresiona. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bergerak dalam bidang jasa dan pengiriman, dengan jumlah sampel penelitian 102 karyawan. Teknik pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini yaitu random sampling. Hasil penelitian diperoleh nilai rxy: 0,645, sig = 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan transformasional terhadap employee voice karyawan ekspedisi. Semakin tinggi kepemimpinan transformasional maka semakin tinggi pula employee voice.

Full Text:

PDF

References


Afsar, B., Shahjehan, A., Shah, S. I., & Wajid, A. (2019). The mediating role of transformational leadership in the relationship between cultural intelligence and employee voice behavior: A case of hotel employees. International Journal of Intercultural Relations, 69(October 2018), 66–75. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2019.01.001

Cumming, T.G & Worley, C.G. (2005). Organization Development and Change : Eight Edition. New York : Thomson South Westren

Detert, J. R., & Burris, E. R. (2007). Leadership behavior and employee voice: Is the door really open? Academy of Management Journal, 50, 869–884.

Duan, J., Li, C., Xu, Y., & Wu, C. H. (2017). Transformational leadership and employee voice behavior: A Pygmalion mechanism. Journal of Organizational Behavior, 38(5), 650-670.

Frazier, M. L., & Bowler, W. M. (2015). Voice climate, supervisor undermining, and work outcomes: A group-level examination. Journal of Management, 41, 841–863.

Kark, R., & Shamir, B. (2002). The influence of transformational leadership on followers’ relational versus collective self-concept. Academy of Management Annual Meeting Proceedings, 2002(1), D1–D6.

Kim, J., MacDuffie, J. P., & Pil, F. K. (2010). Employee voice and organizational performance: Team versus representative influence. Human Relations, 63, 371–394.

Lam, C. F., & Mayer, D. M. (2014). When do employees speak up for their customers? A model of voice in a customer service context. Personnel Psychology, 67, 637–666.

LePine, J. A., & Van Dyne, L. (1998). Predicting voice behavior in work groups. Journal of Applied Psychology, 83, 853–868

Morrison, E. W. (2014). Employee voice and silence. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 1, 173–197.

Parker, S. K., & Collins, C. G. (2010). Taking stock: Integrating and differentiating multiple proactive behaviors. Journal of Management, 36, 633–662.

Robbins, S, P. (2008). Perilaku Organisasi. New Jersey : Prentice Hal I




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v5i2.6677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.