KONSEP DIRI, OPTIMISME, DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMA NEGERI 3 PALEMBANG
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aidina, W., Nisa, H., & Sulistyani, A. (2013). Hubungan antara penerimaan diri dengan optimisme menghadapi masa depan pada remaja di panti asuhan. Jurnal psikohumanika, vi(2),1-12. https://www.researchgate.net/profile/HaiyunNisa/publication/325944169_H bungan_Antara_Penerimaan_Diri_Dengan_Optimisme_Menghadapi_Masa_Depan_Pada_Remaja_Di_Panti_Asuhan
Allobaney, N. F., Eshah, N. F., Abujaber, A. A., & Nashwan, A. J. J. (2022). Professional self-concept and self-confidence for nurses dealing with covid-19 patients. Journal of personalized medicine, 12(2). doi:10.3390/jpm12020134
Andayani, B., & Afiatin, T. (2013). Konsep diri, harga diri dan kepercayaan diri remaja. Jurnal psikologi, 1(2), 23–30.
Anitah, S. (2013). Teknologi Pembelajaran. Yuma Pustaka.
Ari Laili Rochmah. (2018). Pengaruh penguatan positif dan konsep diri terhadap percaya diri siswa kelas iv sd negeri se-kecamatan confidence of fourt grade students of state elementary schools in. Edisi 36 tahun ke 7.
Astuti, D. (2014). Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa sekolah dasar negeri mendungan i yogyakarta. 139.
Astuti, D., Wasidi, W., & Sinthia, R. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan pada siswaastuti, d., wasidi, w., & sinthia, r. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan pada siswa sekolah menengah pertama. Consilia : jurnal ilmiah bimbingan dan konseling. Consilia : jurnal ilmiah bimbingan dan konseling, 2(1), 1–10.
Benoit, V., & Gabola, P. (2021). Effects of positive psychology interventions on the well-being of young children: A systematic literature review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(22). doi:10.3390/ijerph182212065
Casino-García, A. M., Llopis-Bueno, M. J., & Llinares-Insa, L. I. (2021). Emotional intelligence profiles and self-esteem/self-concept: An analysis of relationships in gifted students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1–23. doi:10.3390/ijerph18031006
Checa-Domene, L., Luque de la Rosa, A., Gavín-Chocano, Ó., & Torrado, J. J. (2022). Students at risk: self-esteem, optimism and emotional intelligence in post-pandemic times? International journal of environmental research and public health, 19(19). doi:10.3390/ijerph191912499
Dwi Marsela, R., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri: definisi dan faktor. Journal of innovative counseling : theory, practice & research, 3(2), 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. 4, 1–5.
Hafizah, H., & Ambiyar. (2021). Hubungan konsep diri dan kepercayaan diri dengan hasil belajar simulasi komunikasi dan digital siswa. Jurnal imiah pendidikan dan pembelajaran, 5(1), 49–55.
Imawati, D., & Sari, T. (2018). Studi kasus kecanduan pornografi pada remaja. 1(2), 56–62.
Kroner, S. (2007). The relationship between confidence and self-concept — Towards a model of response confidence. Intelligence, 35(6), 580–590. doi:10.1016/j.intell.2006.09.009
Lauster, P. (2006). Tes Kepribadian (16th ed.). Bumi aksara.
Liu, C., Cheng, Y., Hsu, A. S. C., Chen, C., Liu, J., & Yu, G. (2018). Optimism and self-efficacy mediate the association between shyness and subjective well-being among Chinese working adults. 1–10.
M.Nur Ghufron & Rini Risnawita S. (2012). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.); 3rd ed.). Ar-ruzz media.
Maheshwari, A., & Jutta, V. (2020). Study of relationship between optimism and resilience in the times of covid-19 among university students. The international journal of indian psychology, 8(3), 1540–1550. doi:10.25215/0803.157
Margie, D. (2020). Preparing the public for COVID-19 vaccines: How can general practitioners build vaccine confidence and optimise uptake for themselves and their patients. Australian Journal of General Practice, 49(10), 626–629.
Muhamad Uyun. (2018). Orientasi tujuan dan efikasi akademik terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin raden fatah palembang. 4(1), 45–51.
Ningrum, D. W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping stres pada. Psikologi esa unggul, volume 9(nomor 1),41–47. https://www.neliti.com/publications/126155/hubungan-antara-optimisme-dan-coping-stres-pada-mahasiswa-ueu-yang-sedang-menyus
Novita, L., & Sumiarsih, C. (2021).Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri. 10(01).
Paramita, K. R., & Rachmawati, M. A. (2022). Cyberbullying Dan Konsep Diri Pada Korban Remaja Pengguna Jejaring Sosial Usia 14-19 Tahun Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 110–121. doi:10.35760/psi.2022.v15i1.5273
Pratama, S., & Saragih, N. A. (2022). Hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri pada siswa smk melati perbaungan tahun ajaran 2021/2022. Cybernetics: journal educational research and social studies, 3(3), 88–103.
Pratiwi, D. S. (2019). Hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri pada siswa kelas x man 2 model medan. Universitas medan area.
Putri, D., & Adawiyah, R. (2020). Pengaruh penggunaan tiktok terhadap kepercayaan diri. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.
Ran, L. (2020). Psychological resilience, depression, anxiety, and somatization symptoms in response to COVID-19: A study of the general population in China at the peak of its epidemic. Social Science Medicine, 1, 262. doi:10.1016/j.socscimed.2020.113261
Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210
Rizki, U. Y. (2013). Hubunga kesiapan belajar dengan optimisme mengerjakan. Educational psychology journal, 2(1), 49–56. Http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj
Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh konsep diri dan percaya diri terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis matematis. Jkpm (jurnal kajian pendidikan matematika), 5(1), 73. doi:10.30998/jkpm.v5i1.5173
Sari & Khoirunnisa. (2021). Hubungan antara konsep diri terhadap kepercayaan diri mahasiswa jurusan x yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi covid-19. Character: jurnal penelitian psikologi, 08(03), 1–11.
Seligman. (2008). Menginstal optimisme (tim salamadani (ed.); 1st ed.). Cv multi trust creative service.
Sirupa, T. A., Wantania, J. J. E., & Suparman, E. (2016). Pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang kesehatan reproduksi. E-CliniC, 4(2), 137–144. doi:10.35790/ecl.4.2.2016.14370
Stankov, L., Lee, J., Luo, W., & Hogan, D. J. (2012). Confidence: A better predictor of academic achievement than self-efficacy, self-concept and anxiety? Learning and Individual Differences, 22(6), 747–758. doi:10.1016/j.lindif.2012.05.013
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
Suseno, M. N. (2013). Efektivitas pembentukan karakter spiritual untuk meningkatkan optimisme terhadap masa depan anak yatim piatu. Jurnal intervensi psikologi (jip), 5(1), 1–24. doi:10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art1
Syahraeni, A. (2019). Pembentukan konsep diri remaja. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 6(2), 67–80.
Syam, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri ( self confidence ) berbasis kaderisasi imm terhadap prestasi belajar mahasiswa ( studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare ). 5, 87–102.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Jrti (jurnal riset tindakan indonesia), 2(2), 2–6. doi:10.29210/3003205000
Widyatama, A. (2010). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Optimisme Masa Depan pada Siswa Program Akselerasi. 10(01).
Zhang, Q., Miao, L., Huarong, W., & He, L. (2022). The relationship between self-concept and negative emotion: a moderated mediation model. Int. J. Environ. Res. Public health, 19(16), 10377.
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v6i1.6731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.