KONSEP DIRI, OPTIMISME, DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMA NEGERI 3 PALEMBANG

Mika Biagi, Muhamad Uyun

Abstract


Setiap siswa tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang memiliki rasa kepercayaan yang tinggi dan ada juga rasa kepercayaan diri yang rendah. Kemudian beragam motivasi yang membuat mereka optimis maupun tidak optimis bahkan ada juga siswa yang kesulitan untuk mengartikan bagaimana konsep diri mereka sendiri ini tentu saja menjadi satu persoalan dan satu hambatan bagi sekolah dalam mengembangkan potensi siswa sesuai dengan bakat dan minat maupun kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan optimisme dengan kepercayaan diri siswa. Populasi penelitian ini adalah 440 siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 195 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Analisis data menggunakan teknik regresi ganda dan korelasi parsial. Uji hipotesis pertama menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara konsep diri dan optimisme dengan kepercayaan diri dengan R=0,977 dan Fhitung =3993,231, signifikansi 0,00 (p<0,01). Hipotesis kedua memberikan nilai rx1y= 0,953 dengan signifikansi 0,00 (p<0,01), ada hubungan positif antara konsep diri dengan kepercayaan diri. Hasil ini menunjukkan hipotesis kedua diterima. Hipotesis ketiga memberikan nilai rx2y=0,986 dengan signifikansi 0,00 (p<0,01), menunjukan bahwa ada hubungan positif antara optimisme dengan kepercayaan diri. Hasil ini menunjukan bahwa hipotesis ketiga diterima

Full Text:

PDF

References


Aidina, W., Nisa, H., & Sulistyani, A. (2013). Hubungan antara penerimaan diri dengan optimisme menghadapi masa depan pada remaja di panti asuhan. Jurnal psikohumanika, vi(2),1-12. https://www.researchgate.net/profile/HaiyunNisa/publication/325944169_H bungan_Antara_Penerimaan_Diri_Dengan_Optimisme_Menghadapi_Masa_Depan_Pada_Remaja_Di_Panti_Asuhan

Allobaney, N. F., Eshah, N. F., Abujaber, A. A., & Nashwan, A. J. J. (2022). Professional self-concept and self-confidence for nurses dealing with covid-19 patients. Journal of personalized medicine, 12(2). doi:10.3390/jpm12020134

Andayani, B., & Afiatin, T. (2013). Konsep diri, harga diri dan kepercayaan diri remaja. Jurnal psikologi, 1(2), 23–30.

Anitah, S. (2013). Teknologi Pembelajaran. Yuma Pustaka.

Ari Laili Rochmah. (2018). Pengaruh penguatan positif dan konsep diri terhadap percaya diri siswa kelas iv sd negeri se-kecamatan confidence of fourt grade students of state elementary schools in. Edisi 36 tahun ke 7.

Astuti, D. (2014). Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa sekolah dasar negeri mendungan i yogyakarta. 139.

Astuti, D., Wasidi, W., & Sinthia, R. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan pada siswaastuti, d., wasidi, w., & sinthia, r. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan pada siswa sekolah menengah pertama. Consilia : jurnal ilmiah bimbingan dan konseling. Consilia : jurnal ilmiah bimbingan dan konseling, 2(1), 1–10.

Benoit, V., & Gabola, P. (2021). Effects of positive psychology interventions on the well-being of young children: A systematic literature review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(22). doi:10.3390/ijerph182212065

Casino-García, A. M., Llopis-Bueno, M. J., & Llinares-Insa, L. I. (2021). Emotional intelligence profiles and self-esteem/self-concept: An analysis of relationships in gifted students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1–23. doi:10.3390/ijerph18031006

Checa-Domene, L., Luque de la Rosa, A., Gavín-Chocano, Ó., & Torrado, J. J. (2022). Students at risk: self-esteem, optimism and emotional intelligence in post-pandemic times? International journal of environmental research and public health, 19(19). doi:10.3390/ijerph191912499

Dwi Marsela, R., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri: definisi dan faktor. Journal of innovative counseling : theory, practice & research, 3(2), 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. 4, 1–5.

Hafizah, H., & Ambiyar. (2021). Hubungan konsep diri dan kepercayaan diri dengan hasil belajar simulasi komunikasi dan digital siswa. Jurnal imiah pendidikan dan pembelajaran, 5(1), 49–55.

Imawati, D., & Sari, T. (2018). Studi kasus kecanduan pornografi pada remaja. 1(2), 56–62.

Kroner, S. (2007). The relationship between confidence and self-concept — Towards a model of response confidence. Intelligence, 35(6), 580–590. doi:10.1016/j.intell.2006.09.009

Lauster, P. (2006). Tes Kepribadian (16th ed.). Bumi aksara.

Liu, C., Cheng, Y., Hsu, A. S. C., Chen, C., Liu, J., & Yu, G. (2018). Optimism and self-efficacy mediate the association between shyness and subjective well-being among Chinese working adults. 1–10.

M.Nur Ghufron & Rini Risnawita S. (2012). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.); 3rd ed.). Ar-ruzz media.

Maheshwari, A., & Jutta, V. (2020). Study of relationship between optimism and resilience in the times of covid-19 among university students. The international journal of indian psychology, 8(3), 1540–1550. doi:10.25215/0803.157

Margie, D. (2020). Preparing the public for COVID-19 vaccines: How can general practitioners build vaccine confidence and optimise uptake for themselves and their patients. Australian Journal of General Practice, 49(10), 626–629.

Muhamad Uyun. (2018). Orientasi tujuan dan efikasi akademik terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin raden fatah palembang. 4(1), 45–51.

Ningrum, D. W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping stres pada. Psikologi esa unggul, volume 9(nomor 1),41–47. https://www.neliti.com/publications/126155/hubungan-antara-optimisme-dan-coping-stres-pada-mahasiswa-ueu-yang-sedang-menyus

Novita, L., & Sumiarsih, C. (2021).Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri. 10(01).

Paramita, K. R., & Rachmawati, M. A. (2022). Cyberbullying Dan Konsep Diri Pada Korban Remaja Pengguna Jejaring Sosial Usia 14-19 Tahun Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 110–121. doi:10.35760/psi.2022.v15i1.5273

Pratama, S., & Saragih, N. A. (2022). Hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri pada siswa smk melati perbaungan tahun ajaran 2021/2022. Cybernetics: journal educational research and social studies, 3(3), 88–103.

Pratiwi, D. S. (2019). Hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri pada siswa kelas x man 2 model medan. Universitas medan area.

Putri, D., & Adawiyah, R. (2020). Pengaruh penggunaan tiktok terhadap kepercayaan diri. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Ran, L. (2020). Psychological resilience, depression, anxiety, and somatization symptoms in response to COVID-19: A study of the general population in China at the peak of its epidemic. Social Science Medicine, 1, 262. doi:10.1016/j.socscimed.2020.113261

Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210

Rizki, U. Y. (2013). Hubunga kesiapan belajar dengan optimisme mengerjakan. Educational psychology journal, 2(1), 49–56. Http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh konsep diri dan percaya diri terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis matematis. Jkpm (jurnal kajian pendidikan matematika), 5(1), 73. doi:10.30998/jkpm.v5i1.5173

Sari & Khoirunnisa. (2021). Hubungan antara konsep diri terhadap kepercayaan diri mahasiswa jurusan x yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi covid-19. Character: jurnal penelitian psikologi, 08(03), 1–11.

Seligman. (2008). Menginstal optimisme (tim salamadani (ed.); 1st ed.). Cv multi trust creative service.

Sirupa, T. A., Wantania, J. J. E., & Suparman, E. (2016). Pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang kesehatan reproduksi. E-CliniC, 4(2), 137–144. doi:10.35790/ecl.4.2.2016.14370

Stankov, L., Lee, J., Luo, W., & Hogan, D. J. (2012). Confidence: A better predictor of academic achievement than self-efficacy, self-concept and anxiety? Learning and Individual Differences, 22(6), 747–758. doi:10.1016/j.lindif.2012.05.013

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Suseno, M. N. (2013). Efektivitas pembentukan karakter spiritual untuk meningkatkan optimisme terhadap masa depan anak yatim piatu. Jurnal intervensi psikologi (jip), 5(1), 1–24. doi:10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art1

Syahraeni, A. (2019). Pembentukan konsep diri remaja. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 6(2), 67–80.

Syam, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri ( self confidence ) berbasis kaderisasi imm terhadap prestasi belajar mahasiswa ( studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare ). 5, 87–102.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Jrti (jurnal riset tindakan indonesia), 2(2), 2–6. doi:10.29210/3003205000

Widyatama, A. (2010). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Optimisme Masa Depan pada Siswa Program Akselerasi. 10(01).

Zhang, Q., Miao, L., Huarong, W., & He, L. (2022). The relationship between self-concept and negative emotion: a moderated mediation model. Int. J. Environ. Res. Public health, 19(16), 10377.




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v6i1.6731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.