KONSEP PEMBELAJARAN VAN GELDER DALAM PERENCANAAN PENANGANAN BULLYING SANTRI DI PESANTREN VAN GELDER'S LEARNING CONCEPTS IN PLANNING HANDLING STUDENTS' BULLYING AT ISLAMIC BOARDING SCHOOLS
Abstract
Bullying sudah menjadi fenomena yang kerap terjadi pada institusi pendidikan formal maupun nonformal. Pesantren juga memiliki catatan khusus dalam kasus bullying. Tujuan penelitian ini agar dapat memberikan gambaran salahsatu konsep pengajaran penanganan bullying di pesantren dalam model pembelajaran van gelder sehingga dapat menjadi bahan referensi bagi pendidikan terutama pesantren. Metode penulisan yang digunakan pada artikel ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan Google Schoolars sebanyak 110 dokumen, yaitu suatu metode untuk mengumpulkan informasi dengan memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Pencarian terdiri dari empat tahap penelitian literatur, yaitu. persiapan peralatan yang diperlukan, persiapan. Kerjakan bibliografi, atur waktu dan baca atau simpan bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode-metode didaktis yang digunakan oleh guru, Aktivitas yang dijalankan oleh siswa sendiri seperti diskusi, membaca buku sumber dll. Berbagai media pengajaran dan alat bantu untuk belajar, Penilaian terhadap prestasi siswa.
Kata Kunci: Bullying, Perencanaan, Pesantren
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Dalle, N. A. (n.d.). Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Distina, P. P. (2019). Program Anti-Bullying Sebagai Pencegahan Dan Penanganan Perilaku Bullying Di Pesantren. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 14(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.32923/Taw.V14i2.1295
Emilda, E. (2022). Bullying Di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, Dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.32923/Kjmp.V5i2.2751
Figure 3.1. Da Model By Van Gelder (1970). (N.D.). Researchgate. Retrieved January 21, 2023, From Https://Www.Researchgate.Net/Figure/Da-Model-By-Van-Gelder-1970_Fig2_269906892
Hamidah, M. (2020). Religiusitas Dan Perilaku Bullying Pada Santri Di Pondok Pesantren. Psycho Holistic, 2(1), Article 1.
Masdin, M. (2013). Fenomena Bullying Dalam Pendidikan. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31332/Atdb.V6i2.306
Media, K. C. (2022, September 6). Pondok Pesantren Gontor Akui Ada Bullying Kasus Tewasnya Santri Halaman All. Kompas.Com. Https://Www.Kompas.Com/Edu/Read/2022/09/06/104747771/Pondok-Pesantren-Gontor-Akui-Ada-Bullying-Kasus-Tewasnya-Santri
Model Pengajaran | Pdf. (N.D.). Scribd. Retrieved January 21, 2023, From Https://Id.Scribd.Com/Document/348944880/Model-Pengajaran
Nashiruddin, A. (2019). Fenomena Bullying Di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kajen Pati. Quality, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.21043/Quality.V7i2.6295
Rosliana, L., & Hizriyani, R. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Sekolah Paud. Motiva: Jurnal Psikologi, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31293/Mv.V2i1.4313
Tim Kpai. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak Di Awal 2020. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (Kpai). Https://Www.Kpai.Go.Id/Publikasi/Sejumlah-Kasus-Bullying-Sudah-Warnai-Catatan-Masalah-Anak-Di-Awal-2020-Begini-Kata-Komisioner-Kpai%20diunggal%201%20november%202022
Wahidin, D. (2016). Peran Pesantren Dalam Pendidikan Masyarakat Di Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.30999/Jpkm.V6i1.946
Wahyudi, M. (2021). Fenomena Bullying Pada Santri Di Pesantren.
Yani, A. L., Winarni, I., & Lestari, R. (2016). Eksplorasi Fenomena Korban Bullying Pada Kesehatan Jiwa Remaja Di Pesantren. Journal Of Nursing Science Update, 4(2), Article 2.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.22460/Q.V2i2p83-91.1641
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v6i2.6741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.