PERAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA FULLDAY SCHOOL SMP-IT X DI SAMARINDA

Siti Khumaidatul Umaroh, Silvia Eka Mariskha, Masithah Masithah, Elma Arnelita

Abstract


Sekolah Islam terpadu dengan sistem fullday school akhir-akhir ini menjadi salah satu alternatif pendidikan swasta berbasis agama yang banyak diminati di Indonesia. Lembaga ini juga terbukti mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter baik. Perasaan positif terhadap lingkungan sekolah berkaitan erat dengan kesejahteraan psikologis siswa, yang termanifestasi dalam berbagai bentuk perilaku terutama kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peran iklim sekolah dalam memprediksi kesejahteraan psikologis siswa dengan sistem fullday school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 172 siswa dari SMP-IT X Samarinda, dengan rentang usia antara 11-15 tahun. Pengumpulan data penelitian menggunakan dua jenis skala psikologi yang valid dan reliable. Variabel kesejahteraan psikologi siswa diukur menggunakan skala Kesejahteraan Psikologis Remaja Indonesia, sedangkan variabel iklim sekolah diukur menggunakan skala Iklim Sekolah. Data penelitian dianalisis  menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan psikologis siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,179 (p < 0,05). Hal ini berarti bahwa variabel iklim sekolah berkontribusi dalam memprediksi tingkat kesejahteraan psikologis siswa sebesar 17,9%.

Full Text:

PDF

References


Abidin, F. A., Koesma, R. E., Joefiani, P., & Siregar, J. R. (2020). Pengembangan alat ukur kesejahteraan psikologis remaja usia 12-15 tahun. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 4(1), 1–11.

Barnes, K. (2012). The influence of school culture and school climate on violence in school of the eastern cape province. South African Journal of Education, 32(1), 69-82.

Bearn, G., Hearns, S., & Mantz, L. (2012, Desember). Guide to Delaware school climate surveys: Student, teacher/staff, and home versions. Center for Disabilities Studies at the University of Delaware and the Delaware Departement of Education.

Borkar, V.N. (2016). Positive school climate and positive education: Impact on Students Well-being. Indian Journal of Health and wellbeing, 7(8), 861-862.

Cohen, J. (2010). Measuring and Improving school climate: Aschool improvement strategy that supports the whole child and the whole school communty. Simposium diselengarakan pada pertemuan A Student Services: Supporting Student to Success, Harrisburg, PA, New York.

Elsaesser, C., Gorman-Smith, D., & Henry, D. (2012). The role of school environment in relational aggression and victimization. Journal Youth Adolescent. doi: 10.1007/s10964-012.9839-7.

Freiberg, H. J. (1999). School climate measuring, improving and sustaining healthy learing environment. New York: Falmer Press.

Ferdiyanto, F., & Muhid, A. (2020). Stress Akademik pada Siswa: Menguji Peran Iklim Kelas dan School Well-being. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. 9(1).140-156.

Hawi, H. (2015). Sistem full day school di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) studi kasus di Izzudin Palembang. Istinbath, 16, 71-87.

Helfajrin, M., & Ardi, Z. (2020). The Relation Between Burnout and Motivation in Full-day School Students at SMPN 34 Padang. Jurnal Neo-Konseling, 2(3).

Hoffman, L. L., Hutchinson, C. J., & Reiss, E. (2009). On improving school climate: Reducing reliance on reward and punishment. International Journal of Whole Schooling, 5(3).

Istiqomah, N., & Rahmawati, A. (2020). School well-being siswa full day school dan siswa reguler school. Jurnal Psikologi Tabularasa, 15(1), 19-28.

Karo-karo, A.A.P., Usman, K., Sari, L.P., Dewi, R., & Simangunsong, B.A. (2020). Hasil pembentukan karakter siswa pada sekolah fullday school. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 2(1). 43-50.

Kaur, A., & Singh, A. (2016). A comparative study of psychological wellbeing of school of Punjab state. Indian Journal of Health and Wellbeing. 7(10), 991-995.

Konstantina, K., & Pillios-Dimitris, S. (2010). School characteristics as a predictors of bullying and victimization among Greek Midle School, and diffrent forms of aggression. Journal of Research on Adolescence, 19(1), 137-149.

Kusuma W, P.A., Pebriani, L.V., & Yudiana, W. (2019). Peningkatan Subjective Well-being in School pada Siswa Melalui Peer Support and Teaching Methode Programe. Jurnal Psikologi Sains dan Profes (Journal of Psychology Sains and Profession, 3(1), 31-42.

Leasa, M., & Batlolona, J.R. (2017). Full day school dalam pembentukan karakter siswa SMKN 13 Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(1), 73-82.

Loukas, A. (2007). What is school climate? Leadership Compass, 5(1) Diunduh dari:http://www.naesp.org/resources/2/Leadership_Compass/2007/LC2007v5n1a4.pdf.

Ningsih, S., & Sugiaryo. (2017). Hubungan antara pelaksanaan full day school dan boarding school dengan pembentukan karakter pada siswa kelas XI MAN 1 Surakarta Tahun 2016/2017, Jurnal Global Citizen, 2(2), 53-64.

Nurcahyaningsari, D., & Maryati, L.I. (2018). School Wellbeing pada siswa SMP. Proceeding National Conference Psikologi UMG, ISBN: 978-602-60885, 1(2).

Petegam, K.V., Aelterman, A., Keer, H.V., & Rossel, Y. (2008). The Influences of Student Characteristic and interpersonal teacher behavior in the classroom on student’s wellbeing. Social Indicator Researchm, 85 (279-291), DOI: 10.1007/s11205-007-9093-7.

Rosalina, T. (2012). Pengaruh manajemen pembelajaran full day school terhadap motivasi belajar. Manajemen Pendidikan, 2(5), 434-438.

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57, 1069–1081.

Saleem, S., & Saleem, T. (2017). Role of religiousity in psychological well-being among medical and non medical students. Journal Relig Health, 56, 1180-1190.

Saopatty, L., & Suyanto, T. (2014). Pengaruh sistem sekolah sehari penuh (full day school) terhadap prestasi akademik siswa. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(2), 719-733.

Siregar, L.Y.S. (2017). Full day school sebagai penguatan pendidikan karakter (perspektif psikologi pendidikan Islam). Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Islam, vol 5(2), 306-319.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susheela, Kumar, R., & Khajuria, J. (2017). Impact of emotional intelligence on psychological well being of secondary school student. Indian Journal of Health and Wellbeing, 8(1),86-89.

Suyatno. (2015). Sekolah Islam Terpadu dalam Sistem Pendidikan Nasional. Prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan: Yogyakarta.

Talukdar, R.R., & Goswami, K. (2013). The family environment as the prediction of psychological well-being among postgraduate in Assam. Journal of Health and Wellbeing, 4(6), 1341-1343.

Umaroh, S.K. (2017). Agresivitas Siswa Ditinjau Berdasarkan Iklim Sekolah dan Keyakinan Normatif Mengenai Agresi, JurnalEcopsy, 4(1), 17-24.

Way, N., Reddy, R., & Rhodes, J. (2007). Students’ perceptions of school climate during the middle school years: Associations with trajectories of psychological and behavioral adjustment. American Journal Community Psychology, 40, 194-213. Doi: 10.1007/s10464-007-9143-y.

Wirawan, S. W. (1995). Psikologi Lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Wijayanti, P.A.K., & Sulistiobudi, R.A. (2018). Peer Relation sebagai Prediktor Utama School Well-being Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 17(1), 56-67.

Wulandari, E., Taufik, M., & Kuncahyono. (2018). Analisis Implementasi full day school sebagai upaya pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 65-74.

Yildiz, E. C., & Sumer, Z. H. (2010). Perceived neighborhood risk, neighborhood safety and school climate in predicting aggressive behavior. Turkish Psychological Counseling and Guidance Journal, 4 (34), 161-173.




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v6i1.6818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.