GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA

Nur Fitriyana, Mira Aliza Rachmawati

Abstract


Proses pembelajaran  siswa tidak lepas kaitannya dengan motivasi dan hasil belajar. Siswa yang  mendapat  hasil  belajar  yang  tinggi  selalu  didukung  dengan  motivasi  belajar  yang  tinggi pula.Adapun perilaku-perilaku mengindikasikan rendahnya motivasi seperti masih banyak siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah disekolah, malas mengemukakan pendapat, kurang aktifnya siswa saat proses belajar, siswa lebih banyak membicarakan  hal lain di luar mata pelajaran saat proses belajar mengajar  berlangsung,  membuat  gaduh  sehingga  tidak  memperhatikan   guru,  dan  sering  datang terlambat  saat pergantian  proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan sampel dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini, setiap siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda, tapi secara garis besar motivasi yang terbesar mereka yaitu dari eksternal. Hal ini terlihat dari motivasi belajar siswa menurun ketika tidak menyukai guru yang akan menyampaikan materi di kelas.


Full Text:

PDF

References


Berry & Houston, J. P. (2003) Psychology at Work. Madison, WCB Brown and Bechamrk.

Brown, S.D & Lent, R.W. (2005) Career Development and Counseling : Putting Theory and Research To Work. Jhon Wiley & Sony, Inc

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan II. Jakarta: Departement Pendidikan dan Kebudayaan dan PT Rineka Cipta.

Djamrah, S.B (20020. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Gramedia Widiasarna Indonesia. Omrod, J. E. (2003). EducationalPsychology : Developing Learners 4th edition. New Jersey: Person Education.

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Pintrich, P. R., & Schunk. D. H. (1996). Motivation In Education. New Jarsey Englewood Cliffs.

Rice F.P., & Dolgin, K., G (2008). The Adolescent Develpoment, Relationship and Culture. Buston : Person Education

Rice F.p (2001) Human Develoment : Alife Span Approach. Upper Saddle River : Pratince Hall.

Simanjutak, E., sumargi, A. M., & Apsri, Y. (2004). Metode Pengajaran menggunaan Mailinh List dan Motivasi belajar mahasiswa. Anima, Indonesian Psychology Journal, 19 (20, 167-178)

Agustina, L & Hamdu, G. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No 1.

Akhter, A., Ali, R., Sahzad, S., Sultana., N., Ramzan M. 2011. The Impack Motivation On Student’s Academic Achievment in Mathematics in Problem Based Learning Environment. International Journal Of Academic Research Voulume 3 nomor 1 part I. Pakistan




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v6i1.7028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.