OPTIMASI PENYESUAIAN SEKOLAH SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI DUKUNGAN SOSIAL DAN MANAJEMEN WAKTU OPTIMAZING OF SCHOOL ADJUSTMENT AMONG VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS THROUGH SOCIAL SUPPORT AND TIME MANAGEMENT

Fuad Nashori, Nur Ayu Seftiyani

Abstract


Abstrak: Penyesuaian sekolah memainkan peran penting dalam kesuksesan proses pembelajaran. Ini adalah kemampuan untuk beradaptasi dan mengelola diri sendiri, baik dalam kehidupan akademik maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah manajemen waktu dan dukungan sosial dapat memprediksi penyesuaian sekolah siswa. Penelitian ini menggunakan tiga skala: skala dukungan sosial, skala manajemen waktu, dan skala penyesuaian sekolah siswa. Responden dalam penelitian ini adalah 110 siswa kelas 10 di Sekolah Menengah Kejuruan AHK 2 Benda, Brebes, Jawa Tengah yang diambil melalui purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pendekatan lintas sektoral (cross-sectional) dengan satu variabel kriteria, yaitu penyesuaian sekolah, dan dua variabel prediktor, yaitu dukungan sosial dan manajemen waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai p <0,001, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima bahwa dukungan sosial dan manajemen waktu dapat memprediksi penyesuaian sekolah siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Persentase kontribusi efektif dari variabel dukungan sosial dan manajemen waktu terhadap penyesuaian sekolah adalah sebesar 67,3%. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif di mana semakin tinggi dukungan sosial dan manajemen waktu yang dimiliki siswa, semakin baik penyesuaian sekolah mereka.

Kata kunci: Penyesuaian sekolah, dukungan sosial, manajemen waktu, sekolah menengah kejuruan

Abstract: School adjustment plays an essential role in the success of a learning process. It is an ability to adapt and self-manage, whether in academic or social life. This study aims to determine whether time management and social support can predict student’s school adjustment. This study used three scales: the social support scale, the time management scale, and the student’s adjustment scale. The respondents were 110 10th-grade students in Vocational School AHK 2 Benda, Brebes, Central Java. The research used a cross-sectional design with one criterion variable (school adjustment) and two predictor variables (social support and time management). We deployed multiple regressions to analyze the data. The results showed that the p-value was <0.001. Thus, the hypothesis in this study was accepted that social support and time management could predict the school adjustment of Vocational School students. The percentage of the effective contribution of social support and time management variables to school adjustment was 67.3%. The results showed a positive correlation between social support, time management, and school adjustment. The higher the students have time management and get support from others, the better their school adjustment.

 

Keywords: School adjustment, social support, time management, vocational school.


Full Text:

PDF

References


Akhtar, Z., & Alam, M. (2016). Impact of gender on adjustment and academic achievement. The International Journal of Indian Psychology. 3 (1). https://ijip.in/wpcontent/uploads/2019/02/18.01.105.20160401.pdf

Aldrup, K., Klusmann, U., Lüdtke, O., Göllner, R., & Trautwein, U. (2018). Social support and classroom management are related to secondary students’ general school adjustment: A multilevel structural equation model using student and teacher ratings. Journal of Educational Psychology,110(8),10661083. https://doi.org/10.1037/edu0000256

Allen, D. (2016). Getting things done: The art of stress-free productivity. Penguin books.

Baker, R. W. & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of Counseling Psychology, 31(2), 179–189. https://doi.org/10.1037//0022-0167.31.2.179

Calaguas, G. (2011). Curriculum and sex-specific differences in academic stress arising from perceived expectations. International Journal of Human And Social Sciences, 6(1), 63-66.

Gallardo-Lolandes, Y., Alcas-Zapata, N., Flores, J.E.A., Ocaña-Fernández, Y. (2020). Time management and academic stress in Lima University Students. International Journal of Higher Education, 9(9), 32-40.

Hasibuan, M.A.I., Anindhita, N., Maulida, N.H., & Nashori, F. (2018). Hubungan antara amanah dan dukungan sosial dengan kesejahteraan subjektif mahasiswa perantau. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 101–116.DOI:http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v3i1.2214

Himmah, A.F., & Shofiah, N. (2021). Pengaruh self efficacy dan manajemen waktu terhadap stres akademik pada siswa. Journal of Indonesia Psychological Science, 1 (1), 31-38. DOI: 10.18860/jips.v1i01.14920

Jamaluddin, M. (2020). Model penyesuaian diri mahasiswa baru. Indonesian Psychological Research, 2(2), 109–118. https://doi.org/10.29080/ipr.v2i2.361

Lasarte, F.O., Diaz, E.R., Palacios, E.G., & Fernandez, R.A. (2020). The role of social support in school adjustment during secondary education. Psicothema,32(1).https://doi.org/10.7334/psicothema2019.125.

Macan, T. H., Shahani, C., Dipboye, R. L., & Phillips, A. P. (1990). College students’ time management: Correlations with academic performance and stress. Journal of Educational Psychology, 82(4),760768.https://doi.org/10.1037/0022-0663.82.4.760

Mahmudi, M.H., & Suroso. (2014). Efikasi diri, dukungan sosial dan penyesuaian diri dalam belajar. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3 (2), 183-194. https://core.ac.uk/download/pdf/229329867.pdf

Maranressy, Y.A.A., & Rozali, Y.A. (2021). Pengaruh self-regulated learning terhadap penyesuaian akademik siswa SMK di Jakarta selama pembelajaran online. Psychommunity: Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul. 9 (1), 78-90. https:prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMINARPSIKOLOGI/article/view/208.

Mateos, N.E., Fernández-Zabala, A., Palacios, E.G., & Díaz-de-Cerio, I.I. (2020). School Climate and Perceived Academic Performance: Direct or Resilience-Mediated Relationship? Sustainability, MDPI, vol. 13(1), pages 1-14, December.

Nugraheni, M., Rahayu, M., Arianti, R., & No, J. D. (2020). Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi: Studi pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73–84.

Onwubiko, E.C. (2020). Time management counseling effect on academic adjustment of low-performing student-Librarians in Nigerian Universities: An empirical study. Library Philosophy and Practice (e-journal). 4317. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/4317

Safira, G., & Damayanti, T. (2021). Pengaruh academic self-efficacy terhadap penyesuaian akademik mahasiswa pada pembelajaran jarak jauh. Journal Riset Psikologi, 1(2), 109–118.

Sari, N.P., & Jemain, R.R. (2019). Pengaruh kecerdasan dan minat pribadi sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa bimbingan konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 75-80. https://doi.org/10.17977/um001v422019p075.

Siregar, S.P.A., & Rahmulyani. (2022). Hubungan penyesuaian diri dengan stres akademik dalam menjalani pembelajaran tatap muka terbatas di era normal siswa pada sekolah menengah atas. Indonesian Counseling and Psychology, 2 (2), 53-62. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.oho/ergasia/index.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Steinberg, L. (2002). Adolescence. (Sixth edition). McGraw Hill Inc.

Suryo, J.A.C & Christella, J.A. (2017). Hubungan antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik siswa SMA yang aktif dalam media sosial di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Tripathy, M., & Sahu, B. (2018). Gender: its effect on adjustment level of high school students. New York Science Journal, 11 (2),8891.https://doi.org/10.7537/marsnys1102118.12.

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52 (1), 30-41. https://www.researchgate.net/publication/240290845_The_Multidimensional_Scale_of_Perceived_Social_Support/link/54cf9e250cf298d65664ac8d/download.




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v6i2.7243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.