KECURANGAN AKADEMIK: HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA/I MAN 2 PALEMBANG ACADEMIC CHEATING: THE RELATIONSHIP BETWEEN SELF REGULATION LEARNING AND SELF CONFIDENCE OF MAN 2 PALEMBANG STUDENTS
Abstract
Abstrak: Regulasi diri belajar ialah kemampuan siswa dalam proses menggunakan metakognisi, motivasi, dan perilaku mereka secara aktif selama proses belajar dikenal sebagai regulasi diri dalam belajar. Kepercayaan diri memengaruhi keaktifan dan psikis siswa selama pembelajaran di sekolah. Kepercayaan diri didefinisikan sebagai keyakinan atau keyakinan seseorang tentang kemampuan mereka dalam mengorganisasi, membuat tugas, mencapai tujuan, menghasilkan sesuatu, dan melakukan tindakan untuk mencapai keahlian tertentu. Kepercayaan diri dan regulasi diri yang tinggi akan membuat siswa lebih mampu mengelola berbagai aspek pengalaman belajar mereka secara efektif untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan mengurangi kemungkinan kecurangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan hubungan antara regulasi diri belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap kecurangan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode purposive sampling guna menentukan sampel dengan metode Isaac dan Mischael. Uji asumsi dan hipotesis digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini Hipotesis pertama ditoak, yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan antara regulası diri belajar dan kepercayaan diri terhadap kecurangan akademik, hipotesis kedua, terdapat hubungan positif, semakin tinggi regulasi diri belajar maka semakin tinggi kepercayaan diri. Selanjutnya hipotesis ketiga, yang menyatakan bahwa terdapat hubungan negatif, bahwa semakin tinggi kecurangan akademik, maka semakin rendah regulasi diri belajar dan kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci: Regulasi Diri Belajar, Kepercayaan Diri, Kecurangan Akademik, Siswa
Abstract: Self Regulation Learning is the ability of students to use their metacognition, motivation, and behavior actively during the learning process known as self-regulation in learning. Self-confidence affects student activity and psychology during school learning. Self-confidence is defined as a person's belief or belief in their ability to organize, perform tasks, a goal, produce something, and take action to a particular skill. High self-control and self-regulation learning will make students better able to manage various aspects of their learning experience effectively to optimal learning outcomes and reduce the likelihood of cheating. The aim of this study was to prove the relationship between self- regulation learning and student confidence against academic cheating. This study used a quantitative approach, using purposive sampling methods to determine samples using the Isaac and Mischael methods. Test assumptions and hypotheses are used to analyze the data. The results of this study The first hypothesis was raised, which states that there is no relationship between self-regulation of learning and confidence in academic cheating, The second hypothesis is that there is a positive relationship, the higher the self-regulation of learning, the higher the self-confidence. Furthermore, the third hypothesis, which states that there is a negative relationship, that the higher the academic cheating, the lower the self-regulation of learning and student confidence.
Keyword: Self-regulation Learning, Self-confidence, Academic Cheating, Students
Full Text:
PDFReferences
Alhamdu. (2016). Analisis Statistik Dengan Program SPSS. Noer Fikri.
Almoslamani. (2022). The relationship between self-regulation learning and online learning adoption. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(6). https://doi.org/10.18844/cjes.v17i6.7550
Anggun Putri Ramadhan, E. R. (2020). Kecurangan Akademik: Fraud Diamond, Perilaku Tidak Jujur, dan Persepsi Mahasiswa. 3(1), 15.
Anshori, iswati. (2019). Metode Peneltian Kuantitatif Edisi 1 (1-77). https://books.google.coid/books?h1=en&lr=&id=ltq0DwAAQBAJ&oi=fnd &pg=PR8&dq=kuantitatif&ots=gLrNoizX5q&sig=Bj3syHmAB13AsnRY02TSxe6pxSQ&redir_esc=y#v=onepage&q=kuantitatif&f=false
Arum, E. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Domain Afektif (Sikap) Kepercayaan Diri pada Siswa. Research & Learning in Elementary Education, 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3203
Biagi, U. (2023). Kosep diri, Optimisme, dan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMA Negeri 3 Palembang. Motiva Jurnal psikologi, 6(1). http://ejumal.unta g-smd. ac. id/index .php/MV/article/view/ 6731/6273
Brenner, C. (2022). Self-regulated learning, self-determination theory and teacher candidates' development of competency-based teaching practices. Smart Learning Environments. https://slejoumal. springeropen.com/articles/10.1186/s40561-021-00184-5
Cindy, U. (2023). Dampak Tekanan Akademik dan Kemampuan Akademik Terhadap Kecurangan Akademik. Psikoborneo Jurnal Imiah Psikologi, 11(1). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i1
Dewi, R. (2022). Hubungan antara Penalaran Moral dengan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa di Kota Bandung. 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.3132
Florina, L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2. https://doi.org/10.31004/j rpp. v2i2.667
Hakim, L. (2013). Tafsir Ayat-ayat Psikologi. Grafika Telindo.
Hertel, K. (2021). Implicit theories of self-regulated learning: Interplay with students' achievement goals, learning strategies, and metacognition. British Journal of Educational Psychology. https://doi. org/10.1111/bj ep .12402
Hertel, K. (2023). Implicit theories of self-regulated learning: Interplay with students' achievement goals, learning strategies, and metacognition. British Journal of Educational Psychology published by John Wiley & Sons Ltd on behalf of British Psychological Society, 91(3). https://doi.org/10.1111/bjep.12402
Husna, H. (2023). Hubungan motivasi belajar dengan self regulated learning pada siswa siswi MTs Aisyiyah Deli Serdang. Universitas Medan Area. https://repo sitori.uma.ac.id/handel/123456789/19894
Hutasuhut, E. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Anfusina: Journal Of Psychology, 3(1). https://doi.org///dx.doi.org/10.24042/ajp.v3i1.6046
Latifah Maimunah Nastiti. (2019). Prestasi belajar mata pelajaran UN ditinjau dan regulasi diri, percaya diri dan motivasi berprestasi pada siswa kelas VI SD Negeri Gugus II Gondokusuman Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 505.
Mardli, W. (2019). Hubungan Antara Academic Self-Efficacy dengan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. 5(2).
Mertha. (2020). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (12-80). Anak hebat indonesia. https://books.google.coid/books?h1=e n&lr=&id=yz8KEAAAQBAJ&oi=fn d&pg=PA216&dq=kuantitatif&ots=snDaYQEVaW&sig=aEKKOSbt3DUtwpQVJMtdc-dO50&redir esc=y#v=onepage&q=kuantitatif&f=false
minhye, L. (2023). Domain specific self regulated learning interventions for elementary school students. Learning and Instruction, 88. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101810
Miranda, U. (2023). Dampak Tekanan Akademik dan Kemampuan Akademik Terhadap Kecurangan Akademik. 11(1) http://cbcdoi.org/10.30872/psikobome o.v1lil
Musthofa, M. (2021). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dalam Pelaksanaan Ujian di Sekolah. 7(2 ) Juni 2021, 447. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index
Noerrahman, M. R. (2022). Pengembangan Skala Kepercayaan Akademik Diri Akademik Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri. https://docs.google. com/document/d/1KwnQheXpNNnXtjVN0q5k9wcYjN5Bh6b/edit
Permatasari, yudiani. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecurangan Akademik pada Siswa Kelas XI IPA dan IPS di SMA Negeri I Tanjung Batu. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(4), 448-460. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i4.11933
Pourmohades, G. (2023). Developing a casual model of literacy based on metacognitive skills, self-regulated learning strategies and self-efficacy with the meditation of creative thinking in students. Adolescent and Youth Psychological Studies, 4(4). http ://jayps.iranmehr.ac.ir/
Prasetyo, H. (2019). Prokrastinasi Akademik dan Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Kerja. 12(1) Juni 2019. http://dx.doi.org/10.35760/psi.2019.v12i1.1913
Ramadhan, R. (2020). Kecurangan Akademik: Fraud Diamond Perilaku Tidak Jujur, dan Persepsi Mahasiswa. 3(1) Jan 2020. https://www.researchgate.net/publicat ion/350039440_KECURANGAN_AKADEMIK_FRAUD_DIAMOND_PERILAKU_TIDAK_JUJUR_DAN_PERSEPSI_MAHASISWA
Rohma. (2023). Meneropong Aspek Motivasional Pola Kecurangan Akademik. 4(1) https://doi.org/DOI:10.30595/ratio.v4i1.16833
Ruzain, P. (2019). Hubungan Belajar Berdasar Regulasi Diri Terhadap Petilaku Menyontek Mahasiswa. Jurnal Islamika,. 2(2), 98-109.
Santoso, S. (2020). Panduan Lengkap SPSS 26. PT Eleac Media Komputindo.
Schunk, D. H. (2021). Self-efficacy human motivation. Advances Motivation Science, 8. https://doi.org/10.1016/bs.adms.2020.10.001
Sujarweni, W. (2019). The Master Book of SPSS. https://books.google.co.id/books?id= KdjyDwAAQBAJ&ptintsec=frontcov er&h1=id#v=onepage&q&f=false
Syahrum, S. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka media bandung. http://repository.uinsu.ac.id/553/1/M ETODOLOGI%2OPENELITIAN%20KUANTITATIF.pdf
Tise, J. C. (2023). Mentoring underrepresented students for success: Self-regulated learning strategies as a critical link between mentor support and educational attainment. Contemporary Educational Psychology, 75. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.20 23.102233
Uyun, M. (2018). Orientasi Tujuandan Efikasi Akademik Terhadap Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Raden Fatah Palembang. 4(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.ph p/psikis/article/view/1938/1566
Uyun, M. (2020). Kecurangan Akademik Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Palembang.
Uyun, Y. (2023). Peluang dan Rasionalitas Terhadap Kecurangan Akademik. Psikoborneo Jurnal Indah Psikologi, 11(2). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborne o.v11i2
Zimmerman, D. H. S. (2023). Self Regulation of learning and Performance. Lawrence Erlbaum Associates. https://doi.org/10.4324/9780203763353
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v7i1.7325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.