PENGARUH PERBANDINGAN SOSIAL TERHADAP DAYA JUANG MAHASISWA DALAM MERAIH PRESTASI AKADEMIK

Alfiza Fakhriya Haq, Nur Riyanti, Aminatu Zariana, Nafilah Qurrata A’yuni, Alaisha Yuniar, Desy Ayu Lestari, Dewi Masitoh

Abstract


Keberhasilan mahasiswa dalam bidang akademik selama masa perkuliahan diukur dengan adanya prestasi yang dihasilkan dalam bidang akademik dan indeks prestasi komulatif (IPK). Dalam mencapai keberhasilan prestasi akademik mahasiswa tidak jarang melakukan perbandingan sosial dengan teman sebaya dalam menentukan standar pencapaian dimana hal tersebut memerlukan daya juang. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perbandingan sosial terhadap daya juang mahasiswa dalam meraih prestasi akademik. Pengambilan sampel dipilih menggunakan teknik pusposive sampling dan mendapatkan sebanyak 164 orang mahasiswa UMKT. Skala untuk mengukur variabel perbandingan sosial yaitu Iowa Netherlands Comparison Orientation Scale (INCOM) yang diadaptasi dari Gibbons and Bunks (1999) dan skala daya juang yang disusun oleh Herawaty dan Wulan (2013). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dengan sumbangsih variabel perbandingan sosial terhadap variabel daya juang sebesar 13,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang sangat signifikan dari perbandingan sosial terhadap daya juang mahasiswa dalam meraih prestasi akademik.


Full Text:

PDF

References


Ananta, M. F., & Prasetyawati, W. (2016). Hubungan antara Social Comparison dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa di Indonesia. http://152.118.24.168/detail?id=20429597&lokasi=lokal

Andyani, A., A. & Indriyawati, R. (2018). Adversity quotient dan prestasi akademik pada siswa SMA. Jurnal Psikologi, 11(2). Doi: http://dx.doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2258

Asiah, N. (2017). Analisis kemampuan praktik strategi pembelajaran aktif (active learning) mahasiswa PGMI fakultas tarbiyah dan keguruan IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1).

Astuti, D. P., Widiatami, A. K., & Susanti, A. (2023). Effects of achievement motivation, self-efficacy, and self-concept on the adversity quotient. Dinamika Pendidikan, 18 (1), 110-120. DOI: 10.15294/dp.v18i1.44396

Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Buunk, A. P., & Gibbons, F. X. (2005). Social comparison orientation: A new perspective on those who do and those who don’t compare with others. Social Comparison and Social Psychology: Understanding Cognition, Intergroup Relations, and Culture, 15–32. https://doi.org/10.1017/CBO9780511584329.003

Cecalupo A, Marini M, Scarci F, Livi S. (2022). Individual strivings in social comparison processes: Achievement motivation goals in the big-fish-little-pond effect. Front Psychol, 13. doi: 10.3389/fpsyg.2022.677997

Daruyani, S., Wilandari, Y., & Yasin, H. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa FSM Universitas Diponegoro Semester Pertama dengan Metode Logistik Biner. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro, 185-194. Diakses pada tanggal 26 Mei Oktober 2023 melalui http://eprints.undip.ac.id/40295/

Febriyani, R., Darsono, & Sudarmanto, R. G. (2014). Model Interaksi Sosial Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Nilai Kepribadian Siswa. Jurnal Studi Sosial, 2(2), 1–14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/5302/3316

Febrianthi, A., N., A. & Subpriyadi. (2020). Apakah perbandingan sosial dalam menggunakan instagram berperan terhadap kebahagian remaja?. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(2). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI

Festinger, L. (1954). A theory of social comparison processes. Human Relations, 7(2), 117–140. Dquarter Life doi:10.1177/001872675400700202

Gibbons, F. X., & Buunk, B. P. (1999). Individual differences in social comparison.: Development of a scale of social somparison orientationn. Journal of Personality aand Social Psychology, 76(1), 129-142. https://doi.org/10.1037/0022-3514.76.1.129

Guimond, Serge. (2006). Social Comparison and Social Psychology: Understanding Cognition, Intergroup Relations, And Culture. Cambridge Uk: Cambridge University Press.

Hanus, M. D., & Fox, J. (2015). Assessing the effects of gamification in the classroom: A longitudinal study on intrinsic motivation, social comparison, satisfaction, effort, and academic performance. Computers and Education, 80, 152–161. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.08.019

Herawaty, Y, & Wulan, R. (2013). Hubungan antara keberfungsian keluarga dan daya juang dengan belajar berdasarkan regulasi diri pada remaja. Jurnal Psikologi, 9(2).

Huguet, P., Dumas, F., Monteil, J. M., & Genestoux, N. (2001). Social comparison choices in the classroom: Further evidence for students’ upward comparison tendency and its beneficial impact on performance. European Journal of Social Psychology, 31(5), 557–578. https://doi.org/10.1002/ejsp.81

Jansen, M., Boda, Z., & Lorenz, G. (2022). Social comparison effects on academic self-concepts—which peers matter most?. Dev Psychol, 58(8), 1541-1556. doi: 10.1037/dev0001368

Kam, S., K., & Prihadi, K., D. (2021). Why students tend to compare themselves with each other? The role of mattering and unconditional self-acceptance, International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(2), 441-447. Doi: 10.11591/ijere.v10i2.21238

Nalim, & Pramesti, S., L., D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 21(1), 1-17. DOI:10.33830/jp.v21i1.704.2020

Tian, L., Yu, T., & Huebner, E., S. (2017). Achievement goal orientations and adolescents’ subjective well-being in school: The mediating roles of academic social comparison directions. Frontiers in Psychology, 8. doi:10.3389/fpsyg.2017.00037

Wang, H., Miao, P., Jia, H., & Lai, K. (2023). The dark side of upward social comparison for social media users: An investigation of fear of missing out and digital hoarding behavior. Social Media + Society, 1(13). DOI: 10.1177/20563051221150420

Zell, E., Strickhouser, J. E., Sedikides, C., & Alicke, M., D. (2020). The better-than-average effect in comparative self-evaluation: A comprehensive review and meta-analysis. Psychol Bull, 146(2), 118-149. doi: 10.1037/bul0000218




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v7i1.7839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.