Peran Regulasi Emosi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Pemegang Beasiswa
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peran regulasi emosi terhadap stres akademik pada mahasiswa pemegang beasiswa Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling terhadap 178 mahasiswa pemegang beasiswa Universitas Islam Indonesia. Skala yang digunakan adalah skala regulasi emosi dan skala stres akademik. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat pengaruh regulasi emosi terhadap stres akademik pada mahasiswa pemegang beasiswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi Jamovi dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi berhubungan secara negatif dan memiliki pengaruh terhadap stres akademik pada mahasiswa pemegang beasiswa Universitas Islam Indonesia sebesar 2.8%. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya regulasi emosi menentukan rendahnya stres akademik. Sebaliknya, rendahnya regulasi emosi menentukan tingginya stres akademik. Semakin regulasi emosi tinggi maka stres akademik cenderung menurun. Begitu pula sebaliknya jika regulasi emosi rendah maka stres akademik cenderung meningkat.
Kata Kunci: Stres Akademik, Regulasi Emosi, Mahasiswa Pemegang Beasiswa
Abstract This research aims to determine whether there is a role of emotional regulation on academic stress in students holding scholarships at the Islamic University of Indonesia. This research uses quantitative-correlational methods. Data collection was carried out using a purposive sampling technique on 178 students holding scholarships from the Islamic University of Indonesia. The scales used are the emotional regulation scale and the academic stress scale. The proposed research hypothesis is that there is an influence of emotional regulation on academic stress in students who hold scholarships. Data analysis was carried out using the Jamovi and SPSS applications. The results of the research show that emotional regulation is negatively related and has an influence on academic stress among students holding scholarships at the Islamic University of Indonesia by 2.8%. This shows that high emotional regulation determines low academic stress. Conversely, low emotional regulation determines high academic stress. The higher emotional regulation, the lower academic stress tends to be. Likewise, if emotional regulation is low, academic stress tends to increase.
Keywords: Academic Stress, Emotion Regulation, Scholarship Holders
References
Alfina, AR. 2020. Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja. [Online] https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/11/27/darurat-kesehatan-mental-bagi-remaja/, 20 Oktober 2023.
Amalia, V. R., & Nashori, F. (2021). Hubungan Antara Religiusitas Dan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Mahasiswa Farmasi. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(1), 36-55.
Anggraeni, W. P. (2020). Pengaruh self efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa penerima beasiswa santri berprestasi (PBSB). Diploma Thesis, UIN Sunan Gunung Djati. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32250
Anjarsari, M. (2022). Pengaruh regulasi emosi terhadap stres akademik pada mahasiswa penghafal Al-Qur'an Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/35229/
Aprilia, N. S., & Yoenanto, N. H. (2022). Pengaruh regulasi emosi dan persepsi dukungan sosial terhadap stres akademik mahasiswa yang menyusun skripsi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 19-30. http://e-journal.unair.ac.id/index.php/BRPKM
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling .dan pendidikan, 5(3), 143-148. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2004.00673.x
Beiter, R., Nash, R., McCrady, M., Rhoades, D., Linscomb, M., Clarahan, M., & Sammut, S. (2015). The prevalence and correlates of depression, anxiety, and stress in a sample of college students. Journal of affective disorders, 173, 90–96. https://doi.org/10.1016/j.jad.2014.10.054
Cole, P. M., Martin, S. E., & Dennis, T. A. (2004). Emotion regulation as a scientific construct: Methodological challenges and directions for child development research. Child development, 75(2), 317-333
Eryanti, F. (2012). Perbedaan Stres Akademik antara kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR Supratman 2 medan. Jurnal USU, 7(06), 145-162.
Fauziah, N., & Kustanti, E. R. (2022). Hubungan antara regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa penghafal Al-Quran. Jurnal Psikologi Integratif, 10(1), 66-78.
Febriana, I., & Simanjuntak, E. (2021). Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa. Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa, 9(2), 144-153. http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30878
Fitriyani, H. & Andiani, F. (2019). Pengaruh religiusitas terhadap regulasi emosi dewasa awal penderita lupus di surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 8(2), 10-23. http://url.unair.ac.id/5e974d38
Gadzella, B. M. (1991). Student-Life Stress Inventory.
Gross, J. J. (1998). The emerging field of emotion regulation: An integrative review. Review of general psychology, 2(3), 271-299. https://doi.org/10.1037/1089-2680.2.3.271
Hamzah, B., & Hamzah, R. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa stikes graha medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59-67. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641
Kadi, A. R., Bahar, H., & Sunarjo, I. S. (2020). Hubungan antara regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hali Oleo. Jurnal Sublibsi, 1(2).
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal komunikator, 8(2), 51-66. http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/viewFile/2069/2586
Kusumadewi, I., & Musabiq, S. (2018, July). Relationship between religiosity and psychological distress among college students in Indonesia. In Universitas Indonesia International Psychology Symposium for Undergraduate Research (UIPSUR 2017) (pp. 237-242). Atlantis Press. 10.2991/uipsur-17.2018.35
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. In Health Psychology: A Handbook. http://depts.washington.edu/mbwc/content/page-files/Wellness_Weds_talk_2-3-21.pdf
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi Covid 19. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://scholar.archive.org/work/pgtxhiffija6ldye6aaegljstu/access/wayback/http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO/article/download/5454/pdf
Mawardah, M., & Adiyanti, M. G. (2014). Regulasi emosi dan kelompok teman sebaya pelaku cyberbullying. Jurnal psikologi, 41(1), 60-73. https://doi.org/10.22146/jpsi.6958
Musyadad, V., & Krisnani, H. (2021). Hubungan Regulasi Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Insight, 5(1), 80-91.
Norma, N., Widianti, E., & Hartiningsih, S. S. (2021). Faktor Penyebab, Tingkat Stres dan Dampak Stres Akademik pada Mahasiswa dalam Sistem Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(4), 625-634. https://doi.org/10.32583/pskm.v11i4.1656
Nugraha, A. D., & Sulistyaningsih, W. (2021). Hubungan antara regulasi emosi dan dukungan sosial dengan stres akademik pada mahasiswa penerima beasiswa. Jurnal Psikologi Terapan, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.22219/jpt.v3i1.14562
Pragholapati, A., Suparto, T. A., Puspita, A. P. W., & Sulastri, A. (2021). Indonesian adaptation of the Student-Life Stress Inventory: Psychometric properties and factor structure. NURSING UPDATE: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-ISSN, 2085-5931. 12(3), 36-47
Pratiwi, A., Sulistiani, S., & Rahmat, I. (2021). Hubungan antara regulasi emosi dan stres akademik pada mahasiswa penerima beasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 78-90.
Putri, A. N., & Hidayat, D. R. (2022). Regulasi Emosi dan Adaptasi Akademik pada Mahasiswa Penerima Beasiswa: Peran Moderasi Efikasi Diri. Jurnal Psikologi, 19(1), 59-72. https://doi.org/10.14710/jp.19.1.59-72
Putri, S. A., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Jurnal Empati, 6(4), 430-435. https://doi.org/10.14710/empati.6(4)430-435
Rahmadani, A., Febriani, N., & Kumalasari, D. (2019). Hubungan antara Kesulitan Ekonomi dan Stress Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Insight, 3(1), 1-10. DOI: 10.17509/insight.v3i1.19254
Rahmawati, S. W., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Regulasi emosi dan stres akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Insight, 3(2), 68-79. https://doi.org/10.17509/insight.v3i2.21760
Rumbrar, D. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Papua Program Beasiswa Pkp3n di Universitas Kristen Satya Wacana.
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182. https://doi.org/10.14710/empati.2016.14979
Septiana, N. Z. (2021). Hubungan antara stres akademik dan resiliensi akademik siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 49-64. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2915
Setyowati, R., Fitriani, A., Anggarani, F. K., Priyatama, A. N., Karyanta, N. A., & Setyanto, A. T. (2023). Pendampingan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Stress Akademik sebagai Usaha Peningkatan Kesehatan Mental Mahasiswa. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 12(2), 222-229. DOI: https://doi.org/10.20961/semar.v12i2.68952
Susanto, H., Sulistyorini, S., & Ertika, Y. (2018). Regulasi emosi guru dan stres akademik siswa: Studi korelasional pada siswa SMA Negeri di Kota Tangerang. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.26858/jpp.v5i1.6069
Widuri, E. L. (2019). Regulasi emosi dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. Humanitas, 9(2), 147
Widuri, E. L., Firmansyah, R., & Putri, D. E. (2020). Regulasi emosi dan manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Terapan, 2(2), 94-106. https://doi.org/10.22219/jpt.v2i2.12345
Yuda, M. P., Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2023). Gambaran tingkat stres akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (Undergraduate Thesis, Universitas Jambi). https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52106
Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. W. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 235-239. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v7i2.8148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.