Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD) Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Papan Berhitung
Abstract
Abstrak: Alat permainan edukatif (APE) diberikan kepada anak usia dini (AUD) untuk membantu anak-anak belajar, salah satunya adalah mengoptimalkan perkembangan kognitifnya melalui pembelajaran berhitung. Alat permainan edukatif (APE) Papan berhitung dirancang secara khusus untuk menarik minat anak dan membantu mereka belajar berhitung dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini (AUD) melalui alat permainan edukatif (APE) Papan berhitung. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa TK A di TK Aisyiyah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre eksperimen dengan model one group pretest post-test design. Pre dan post tes dilakukan menggunakan 10 indikator dalam Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak usia dini (STPPA) usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian ini adalah ada peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini (AUD) melalui alat permainan edukatif (APE) Papan Berhitung dengan skor sig Uji beda dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 29, dan mendapatkan hasil nilai signifikansi (Sig) sebesar 0.03.
Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif, siswa TK A
Abstract : Educational game tools (APE) are given to early childhood (AUD) to help children learn, one of which is optimizing their cognitive development through learning to count. Educational game tools (APE) Counting boards are specifically designed to attract children's interest and help them learn to count in a fun and easy-to-understand way. The purpose of this study was to determine the increase in cognitive development of early childhood (AUD) through educational game tools (APE) Counting boards. The subjects in this study were students of Kindergarten A at Aisyiyah Kindergarten Surabaya. This research used pre experiment method with one group pre-test post-test design model. Pre and post tests were conducted using 10 indicators in the Early Childhood Development Achievement Level Standards (STPPA) aged 5-6 years. The results of this study are that there is an increase in cognitive development of early childhood (AUD) through educational game tools (APE) Counting boards with a sig score. The difference test was conducted using SPSS 29th version, and obtained a significance value (Sig) of 0.03.
Keywords: Educational Game Tools, Early Childhood, Cognitive Development, Kindergarten students
Full Text:
PDFReferences
Astini, B.N., Nurhasanah, Rachmayani, E., Suarta, I.N. (2017). Identifikasi Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 6 Edisi 1. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/15678).
Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246. (https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/610)
Cheruiyot, Betty. (2024). Effectiveness of Play-Based Learning Method in Promotion of Early Literacy Skills Among Early Childhood Development Education Children, East African Journal of Education Studies, Vol. 7, Issue 03. (https://doi.org/10.37284/eajes.7.3.2178)
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20-40. (https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/3831)
Hidayah, I., Isnarto, M. Asikin, Masrukan. (2019). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Puzzle Tangram-7 sebagai Alat Peraga Manipulatif Individual dalam Ujicoba Terbatas Pembelajaran Matematika denan HOTS, PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 305-312. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/)
Hijriati, H. (2017). Peranan dan manfaat APE untuk mendukung kreativitas anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 59-69. (https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1699).
Kurniawati, R. (2019). Media Pembelajaran Anak Usia Dini: Alat Permainan Edukatif. Bandung: Alfabeta.
Martilopa, Mira. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini, Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Putri, S. A., & Aisyah, N. (2021). Multisensory Approach in Enhancing Numerical Ability in Early Childhood. Journal of Educational Psychology, 12(3), 220-230.
Nisa, Y. F., Dewi, M. S., Amalia, I., Solicha, Muchtar, D. Y., Fadhilah, M. N., Sawitri, A. R., Febrianti, S., Wijaya, S. H., Wulandari, S. S., Amrina, Y., Qotrunnada, R., Biantari, A. N. P., Ein, I. H., Maulidah, I., Aribowo, M. F., & Ramadhani, R. (2022). A Guide To Your College Journey: Determining Your Path to Success, Strategies and Skills for Success,and Being Successful Plans and Perseverance. Yogyakarta: Deepublish.
Rahma, Astriana (2014) Efektivitas Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa: Kuasi Eksperimen pada Kegiatan Pembelajaran Konsep Bilangan, Lambang Bilangan dan Hurufdi Kelas B TK Pembina Kab. Subang. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. (https://repository.upi.edu/15047).
Rahman, R., & Susanti, M. (2020). Educational Media in Increasing Motivation and Focus in Early Childhood Learning. Early Childhood Journal, 5(1), 45-58. (https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj)
Repositori Kemendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional PAUD. (https://repositori.kemdikbud.go.id/12860/).
Santoso, M. (2019). Rancang Bangun Game Edukatif Duta Indonesia (Dadu dan Peta) Indonesia. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 20–31. (https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/663)
Sullivan, P., Clarke, D., & Clarke, B. (2020). Teaching mathematics in the early years: A guide for educators. Mathematics Education Research Journal, 32(1), 1-14. (https://link.springer.com/journal/13394)
Villela, Lucia Maria Aversa. (2013). Pengetahuan Guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v7i2.8314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.