STUDY TENTANG PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM USAHA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN PELITA KOTA SAMARINDA

Muhammad Basir

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui produktivitas kerja pegawai dalam usaha meningkatkan pelyanan publik pada kantor Kelurahan Pelita Kota Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatis. Jenis data yang diambil dari informan yang kompeten, diantaranya Lurah dan beberapa orang Kepala Seksi yang tugasnya berkaitan dengan masalah penelitian yang diambil. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Methew B. Miler A. Michael Huberman.
Hasil penelitian berdasarkan kemampuan yang dimiliki pegawai dikelurahan pelita sudah baik, dilihat dari hasil pelayanan kepada masyarakat dan hasil kinerja pegawai. Tingginya kemampuan yang dimiliki pegawai dapat dari tingkat pendidikan yang dimiliki dan pemahaman terhadap prosedur kerja. Sikap pegawai yang dijalankan sekarang sudah baik, sikap merupakan suatu hasil dari proses rasa dan pikiran mengenai obyek tertentu setelah dirangsang baik dari dalam maupun dari luar pribadi pegawai.pimpinan selalu mengawasi seluruh pegawai dalam hal penampilan. Penampilan pegawai dinilai tidak baik oleh beberapa orang pegawai negeri dan beberapa orang pegawai honorer. Perhatian pada disiplin kerja kurang meningkat, karena untuk mengantisipasi dan meminimalisir pelanggaran disiplin yakni pembolosan pada jam kerja ataupun hari-hari kerja yang diapit oleh hari libur. Hal ini dibutuhkan perhatian pegawai pada disiplin kerja. Waktu pelayanan yang diharapkan dari seluruh pegawai yaitu kesungguhan petugas dalam memberikan pelayanan terutama terhadap konsistensi waktu kerja sesuai ketentuan yang berlaku. Rendahnya sikap dan prilaku pelayanan pegawai akan membangun citra buruk pada kelurahan, dimana masyarakat yang tidak merasa puas akan menceritakan kepada masyarakat lain. Pegawai sebagai petugas pelayanan harus bertanggung jawan atas setiap pekerjaan yang dikerjakan, dan menyelesaikan sampai tuntas tanpa ada masalah yang timbul dari pekerjaanya, prosedur yang dilakukan
dikelurahan pelita tidak berbelit, karena yang berbelit-belit itu tidak ada kepastian jangka waktu penyelesaian, biaya yang harus dikeluarkan, persyaratan yang tidak transparan, sikap petugas yang kurang responsif dan itu memberi dampak yang


Keywords


Produktivitas Kerja Pegawai Dalam Usaha Meningkatkan Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Asti Dewi Susanti, S.Sos 2013; Studi Tentang Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda, Strata Satu UNMUL, Samarinda.

Dr. H. Suwanto, Msi dan Donni Juni Priansa, S.Pd, S.E, M.M 2014; Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis, ALFABETA CV, Bandung.

Drs. Malayu S.P Hasibuan, 2003; Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas, PT. Bumi Askara, Jakarta.

Drs. Daryanto dan Drs. Ismanto Setyabudi, M.Pd, 2014; Konsumen dan Pelayanan Prima, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Fremont E. Kast dan James E. Rosenzweig, 1996; Organisasi dan Manajemen jilid 2, Bumi Aksara, Jakarta.

Irham Fahmi, 2014; Prilaku Organisasi: Teori Aplikasi dan Kasus, ALFABETA, Bandung.

_______,2001; Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Balai Pustaka, Jakarta.

Kriyantono, 2010; Teknis Praktis Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta.

Nazaruddin, 2008; Manajemen Teknologi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Prof. Dr. Tjutju Yuniarsih dan Dr. Suwanto, M.Si, 2009; Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Isu Penelitian, CV. ALFABETA, Bandung.

Sondang P. Siagian, 2002; Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiono, 2009; Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D, ALFABETA, Bandung.

Triton PB, 2010; Manajemen Sumber Daya Manusia: Perspektif Partnership dan Kolektivitas, ORYZA, Jakarta Selatan.

Sumber Internet

http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/07/produktivitas-kerja-definisi-dan.html diakses tgl 23 november 2015

Pembimbing I Pembimbing II

Prof. Dr.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.