Efektivitas Program Pelayanan Jaminan Kesehatan Gratis Daerah (Jamkesda) di Puskesmas Loa Janan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara

Mawarni Mawarni

Abstract


This research aims to find out and describe the implementation of free regional health insurance program (Jamkesda) services in Loa Janan Health Center, Loa Janan District, Kutai Kartanegara Regency, and the effectiveness of Jamkesda implementation. The existence of various diseases that have emerged lately, due to the lack of public awareness to maintain cleanliness and healthy living management, is not infrequently complained by the surrounding residents because it is considered to spread the disease to other residents. Realizing that reality, the Kutai Kartanegara Regency Government, especially The Loa Janan Health Center agreed on a Free Health Program that was further implemented to the citizens of the community who were the target of the implementation of the program. According to the results of the author's search at the research site, the author saw the coordination was less so running proved that there are still many employees who arrive late even not infrequently come home from work prematurely. This indicates the lack of maximum coordination between the implementers of free health programs. And based on the results of observations in the field that this form of socialization about free health also uses media. The media tools used are banners and billboards. And it was put in a place that people could not see and tended to ignore it alone. For example, a banner that is installed in a high place once so that it is covered by leaves from trees embedded in front of the health center. So, it can be concluded that the usefulness of this media tool is not yet commonly used fully.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pelayanan program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) gratis di Puskesmas Loa Janan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara serta efektivitas pelaksanaan Jamkesda. Keberadaan berbagai macam penyakit yang muncul belakangan ini, karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan tata pengelolaan hidup sehat, tidak jarang dikeluhkan oleh warga sekitar karena dinilai akan menyebarkan penyakit bagi warga lainnya. Menyadari kenyataan itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya Puskesmas Loa Janan menyepakati Program Kesehatan Gratis yang selanjutnya di implementasikan kepada warga masyarakat yang merupakan sasaran dari pelaksanaan program tersebut. Menurut hasil penelusuran penulis di tempat penelitian, penulis melihat koordinasinya kurang begitu berjalan terbukti masih banyaknya pegawai yang telat datang bahkan tak jarang pulang kerja sebelum waktunya. Ini menandakan masih kurang maksimalnya koordinasi antara pihak pelaksana  program kesehatan gratis. Dan berdasarkan hasil observasi di lapangan bahwa bentuk sosialisasi tentang kesehatan gratis juga menggunakan media. Alat media yang digunakan yaitu banner dan baliho. Dan itu pun diletakkan di tempat yang masyarakat tidak mampu melihat dan cenderung untuk mengabaikannya saja. Contohnya, banner yang dipasang di tempat tinggi sekali sehingga ditutupi oleh daun dari pohon yang tertanam di depan puskesmas. Sehingga bias disimpulkan bahwa kegunaan dari alat media ini belum biasa digunakan secara sepenuhnya.

 


Keywords


Effectiveness, Health Insurance Services Program

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Syukur. 1987. Studi Implementasi, Latar Belakang, Konsep Pendekatan, dan Relevansinya dalam Pembangunan. Makassar: Persadi.

Aziz, Anhar. 2009. Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerjadan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Moderating di PT. (PERSERO) Pelabuhan Indonesia I Unit Terminal Peti Kemas Belawan. Tesis. Universitas Sumatra Utara.

Briscoe, J.A., Fawcett, S.E. & Todd, R.H.2005.The Implementation and Impact of ISO 9000 Among Small Manufacturing Enterprises. Journal of Small Business Management, 43(3) : 309-330.

Chow-Chua, Clare. Goh, Mark, and Wan, Tan Boon. (2003), “Does ISO 9000 certification improve business performance?”, The International Journal of Quality & Reliability Management”, Vol. 20 no.8

Djatmiko, B dan Jumaedi, H. 2011. Manajemen Mutu ISO 9001. Stembi Business School. Bandung.

LintinB. ,Yorinda. 2011. Analisis Kinerja Pelayanan di Puskesmas Batua Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin

Mannulang, M. 1987. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia

McKenzie F. James, dkk. 2003. Kesehatan Masyarakat Suatu Pengantar Edisi 4, Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Nasir, Moh. 1999. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Nawawi, Ismail. 2009. Public Policy Analisis, Strategi Advokasi Teoridan Praktek. Surabaya: PMN

Notoatmodjo, Soekidjo 2002, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Yogyakarta. Profil Kesehatan Puskesmas Batua Tahun 2010 Dan 2011

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung

Siagian, Sondang P, 2002.Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhartono, Irawan. 2006. Metode Penelitian Sosial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Ilmu Kesejahteraan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sumedi, Sik.2010. Model Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik Dengan Pendekatan ISO 9001 (Studi Kasus Pada Puskesmas). Jurnal Standardisasi, Vol.13, No.2Tahun 2011:73-83

Sutopo, 2002, Metodologi Penellitian Kualitatif, Sebelas Maret University Press, Surakarta

WahabSolichin Abdul. 2008. Analisis kebijaksanaan, dari formulasi ke implementasi kebijakan Negara.J akarta: BumiAksara

Winarno, Budi. 2005. Teori & Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v1i3.6097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id