Peran Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Pada Kantor Kelurahan Dadi Mulya Kota Samarinda

Desi Ratnasari

Abstract


The purpose of this research is to know how community participation in development planning, especially in Sub Dadi Mulya District of Samarinda Ulu. The method used in this study is a research method by using a qualitative approach, where research is descriptive. Analysis technique used in this research is qualitative descriptive analysis. Based on these results and in accordance with the answers given on the informant told investigators that community participation in the provision of proposed or in development planning is very important but community participation in development planning in the village of Dadi Mulya not maximized because most people lack the knowledge to become a factor resistor in village development planning, and coming to his development plans are just some people who have a deeper understanding

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan, khususnya di Kecamatan Dadi Mulya Samarinda Ulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif , di mana penelitian bersifat deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif . Berdasarkan hasil tersebut dan sesuai dengan jawaban yang diberikan pada informan kepada penyidik bahwa partisipasi masyarakat dalam penyediaan usulan atau dalam perencanaan pembangunan sangat penting namun partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Desa Dadi Mulya tidak maksimal karena kebanyakan masyarakat kekurangan pengetahuan untuk menjadi faktor resistor dalam perencanaan pembangunan desa.   dan datang ke rencana pengembangannya hanyalah beberapa orang yang memiliki pemahaman yang lebih dalam.


Keywords


Community Participation, Development Planning.

Full Text:

PDF

References


Becker, Gary. S. 1993. Human Capital. The University Chicago Press.

Fasli Lalal dan Dedi Supriadi. 2001. Reformasi Pendidikan Dalam Konteks otonomi Daerah. Yogyakarta : Adicita.

H.A. Tilaar. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan. Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Husaini Usman. (2008). Manajemen: Teori, praktek, dan riset pendidikan. Edisi kedua. Penerbit Bumi aksara. Jakarta.

Soekartawi. (2000). Pengantar Agroindustri. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Rustiadi, E. (2006). Kawasan Agropolitan Konsep Pembangunan Desa-Kota Berimbang. Cetakan Pertama. Crestpent Press. Bogor.

Willie Wijaya. (2004). Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Semarang: Bintang Jaya.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v1i3.6100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id