Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah Daaerah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur

Eko Prasetyo Prayoko, Suhardiman Suhardiman, Maskan Maskan

Abstract


This research aims to find out whether Human Resource Competence has a positive relationship with Employee Performance at the Education and Training Agency (DIKLAT) of East Kutai Regency. The results showed that there was a positive and significant relationship between the variables of the Influence of Competence of Local Government Apparatus on the Quality of Public Services at the East Kutai District Health Office.  This can be known from the results of statistical tests where the correlation coefficient (r) is 0.638 which means there is a strong relationship between the two variables. Meanwhile, the results of the t test (t-test) showed that the empirical t produced was 4,283.  This result when compared to the table of critical prices t for n – 2 is 1.721.  This means that there is a significant influence of the competence variables of local government apparatus on the quality of public services.  Thus it can also be said that the purpose of this research can be achieved, problems can be solved and hypotheses can be proven.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kompetensi Sumber daya Manusia mempunyai hubungan yang positif dengan Kinerja Pegawai pada   Badan Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) Kabupaten Kutai Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur .  Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,638 yang berarti terdapat hubungan yang kuat diantara kedua variabel. Sementara itu hasil uji t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar  4,283.  Hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1,721.  Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Kompetensi Aparatur Pemerintah Daerah  terhadap Kualitas Pelayanan Publik.  Dengan demikian maka dapat dikatakan pula bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat dibuktikan.


Keywords


Competition, Quality of Service, Public

Full Text:

PDF

References


Armstrong. M , 1998. Performance Management. Clays, Ltd. St. Ives ple, England.

Bacal R 2001, Performance Management. Edisi Bahasa Indonesia. Sun. Jakarta.

Bittel L.R dan Newsrom J.W , 1996, Pedoman Penyelia, Pustaka. Binaman Pressindo. LPPM. Jakarta.

Boulter. N, Dalziel. M dan Hill. J, 1996, People and Competencies, Bidlles, Ltd. London.

Cira, D.J dan Benjamin, E.R ,1998, Competency_Based Pay : A Concept in Evolution. Compensation and Benefits Review, September-October, 21-28.

Diana. A., dan Tjiptono. F., 2001 , Total Quality Mnagement, Edisi Revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Fitriyadi, 2002, Pengaruh Kompetensi Skill, Knowledge, Ability Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja PD Bangun BuanaPropinsi Kalimantan Selatan. Tesis Pascasarjana Universitas Airlangga,Surabaya.

Green P.C., 1999, Building Robust Competencies, Jossey-Bass, San Fransisco.

Hariandja, M.T.E, 2002,Manajemen Sumber Daya Manusia,Grasindo, Jakarta.

Hitt A.M, Ireland D.., dan Hoskisson E.R., 1997, Manajemen Strategis Menyongsong Era Persaingan dan Globalisasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hutapea P., 2001, Competencies Based Integrated HR System (http : www.HRD Club, diakses 2 Pebruari 2001).

Kartikawangi D., 2002, Karakteristik Sumber Daya Manusia yang Dibutuhkan Dunia Industri/Organisasi Dalam Menghadapi Globalisasi ,Atma Nan Jaya, Jakarta.

Kartono K., 2001, Pemimpin dan Kepemimpinan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kenna. Mc. E. dan Beech. N., 1995, The Essence Of MSDM, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit Andi , Yogyakarta.

Lucky. E., 2000, Peran Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Sales Force, Usahawan no.12 Th. XXIX. Desember 2000.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA-LAN Press.

Mason. D.R. dan Lind A.D., 1999, Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Kesembilan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mathis R.L dan Jackson J.H, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta.

Moenir , H.A.S. 1995. Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Ndraha, Taliziduhu. 1996. Budaya Pemerintahan dan Dampaknya Terhadap Pelayanan Kepada Masyarakat, Jurnal Ilmu Pemerintahan Edisi Ketiga, Jakarta : MIPI

Osborne, David dan Ted Gaebler, 1996. Mewirausahakan Birokrasi, Penerjemah Abdul Rasyid, Pustaka Binaman Presindo, Jakarta.

Pamudji, S. 1994. Profesionalisme Aparatur Negara Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik, Jakarta Widyapraja, No. 19 Tahun III.

Papu J., 2001, Teamwork, (http : //www.e-psikologi.com., diakses 18 Juni 2001).

Riyono. B dan Zulaifah. E., 2001. Psikologi Kepemimpinan, Unit Publikasi Fakultas Psikologi, UGM, Yogyakarta.

Robbins. P.S.,2002, Prinsip-prinsip Perlaku Organisasi. Edisi kelima , Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ruky. A., 2001, Sistem Manajemen Kinerja, Gramedia, Jakarta.

aefullah, A. Djadja. 1999. Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, Dalam Jurnal Publik Volume Nomor 1, Bandung : UNPAD.

Santoso .S., 2002, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Siagian P.S., 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia , Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono ,1998, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Sunu. P., 1999, Peran SDM dalam Penerapan ISO 9000, Grasindo , Jakarta.

Tjiptono. F., 1997, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Penerbit Andi Yogyakarta.

Usmara A., 2002, Paradigma Baru Manajemen |Sumber Daya Manusia, PT. Amara Books, Yogyakarta.

Zainun. B., 2001 , SDM Indonesia, Penerbit Toko Gunung Agung , Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v2i2.6120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id