Implementasi Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Fitriani Fitriani, Jamil Bazarah

Abstract


Penelitian yang berjudul “Implementasi Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk Mengetahui Kualitas Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini sendiri berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitan ini yaitu Tangible, Realibility, Responsivenes, Anssurance, dan Empathy. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor sudah cukup baik. Berdasarkan Tangible, Realibility, Responsivenes, Anssurance, dan Empathy yang dilakukan oleh para pegawai Samsat keliling kota Samarinda ini dapat dilihat telah dilakukan secara maksimal. Namun demikian masih ada pekerjaan yang dinilai masih belum optimal seperti kurangnya sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya sosialisasi pelayanan kepada masyarakat, dan kesadaran Wajib Pajak dalam membayar pajak.

Keywords


Implementasi; Kualitas Layanan, Pajak Kendaraan Bermotor

Full Text:

PDF

References


Bahri, 2008. Psikologi belajar, Rineka cipta, Jakarta

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan. Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta. Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.

Makmur. 2015. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.

Makmur, & Thahier, R. (2015). Inovasi dan Kreativitas Manusia. Bandung: PT Rafika.

Mardalis. 2003. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Cet.VI. Jakarta. Bumi Aksara

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Napitupulu. 2007. Pelayanan Publik dan Customer Service Satisfaction. Bandung. PT. Alumni

Pasalong. 2008. Metode Penelitian Administrasi Untuk Organisasi Profit dan Non Profit. Bandung. Alfabeta

Ratminto & Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Sangkala.2014. Innovative Governance Konsep dan aplikasi. Capiya Publishing,. Surabaya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v21i1.6236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id