Pengaruh Manajemen Pelayanan Terhadap Efektivitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kabupaten Kutai Barat

Rohmah Damar Rutin, Ahmad Jubaidi

Abstract


The purpose of this study is to determine and illustrate the influence of Public Service Management Implementation on the effectiveness of services at the Harapan Insan Sendawar Regional General Hospital (RSUD HIS) West Kutai Regency. Data analysis using product moment correlation coefficient analysis instrument (pearson). The population of this study was all employees of HIS Hospital who had the status of Civil Servants who sat in structural positions as many as 36 civil servants were used as respondents to the study. The technique of taking sanpel is proportionate stratified random sampling. Based on the calculation obtained by the results of the correlation coefficient of 0.506, the result of the calculation of the product moment correlation formula is greater than the r table (0.506 > 0.329), it can be concluded that there is a positive relationship between the service management variables and the service effectiveness variables at the Harapan Insan Sendawar Regional General Hospital (HIS Hospital) West Kutai Regency, thus it can be said that the better the service management, the better the service management  effectiveness of service.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan pengaruh Implementasi Manajemen Pelayanan Publik terhadap efektivitas pelayanan pada Pada Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kabupaten Kutai Barat. Analisa data menggunakan instrument analisis koefisiensi korelasi product moment (pearson). Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai RSUD HIS yang berstatus Pegawai Negeri Sipil yang duduk dalam jabatan struktural sebanyak 36 orang PNS dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengambilan sanpel yaitu proportionate stratified random sampling. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,506, hasil perhitungan rumus korelasi product moment adalah lebih besar dibandingkan r tabel (0,506 > 0,329), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel manajemen pelayanan terhadap variabel efektivitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kabupaten Kutai Barat, dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin baik manajemen pelayanan maka semakin baik pula efektivitas pelayanan


Keywords


Management; Effectiveness; Service

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, F. X, 2005, Manajemen Perkantoran Modern, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Danim, Sudarwan, 2014. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Pustaka Ilmu, Bandung.

Endang Wirjatmi Trilestari, 2007. Manajemen Pelayanan Umum. Bahan Persentasi Seminar. STIA-LAN, Bandung.

Endar Sugiarto, 2012. Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta..

Gibson, James L, John M.I, James H. Donnely. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kedelapan. Jakarta: Bina Aksara.

Handayaningrat, Suwarno, 2005. Sistem Birokrasi Pemerintah. Pustaka Utama, Jakarta.

H. A.S. Moenir, 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Kepmen RI. Nomor 63. Tahun 2003. Pedoman Pelayanan Umum diLingkungan Pemerintah.

Keputusan Menpan Nomor. 63/KEP/M.PAN/7/2003. Prinsip-Prinsip pelayanan Publik

M. Manullang., 2006, Dasar-dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1987. Metode Penelitian Survai, Cetakan 8, LP3ES, Jakarta.

Moekijad.1990. Manajemen Kepegawaian, Penerbit Alumni Bandung.

Moekijad.1990. Motivasi dan Perkembangan Manajemen, Penerbit Alumni Bandung.

Rekonos. 2015. Studi Pelayanan Asuransi Kesehatan (Askes) Sosial di RSUD Harapan Insan Sendawar. Skripsi FISIPOL Untag 1945 Samarinda. Tidak diterbitkan.

Richard M. Steer, 1995. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Rini Puspa, 2015. Tinjauan Tentang Kualitas Pelayanan di Puskesmas Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Skripsi FISIPOL Untag 1945 Samarinda.

Sekretaris Kabupaten (Sekab). 2018. Laporan Pemantapan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Kutai Kartanegara Menuju Birokrasi yang Profesional, Efektif, Efesien dan Akuntabel. Laporan Tidak Diterbitkan. Pemkab Kabupaten Kutai Kartanegara. Tenggarong.

Sondang P. Siagian, 1992. Kerangka Dasar Ilmu Administrasi, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung

Thoha, Mifah 2017. Dinamika Ilmu Administrasi Publik. Penerbit Kencana. Jakarta.

T. Hani Handoko., 2016. Manajemen. BPFE Fakultas Ekonomika dan

Bisnis Universitas Gadjah Mada, Edisi ke 2. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v21i2.6438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id