Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Problema dan Tantangan Pembangunan Nasional

Raudah Mahmud

Abstract


Islamic education has a very important role in shaping society with the dimensions of aqidah and sharia that encourage humans as individuals who have freedom and human rights and self-respect, and the most important of all is that it is open to all civilizations. This will be closely related to the national process in which it really requires the role of the community to realize good national development. Therefore, this study aims to determine the meaning of Islamic education, the urgency of Islamic education, and the role of Islamic education on national development. The research was conducted using the literature review method to answer the entire problem formulation. The results of the study indicate that Islamic education is a process of changing individual behavior in personal life, society and the natural surroundings, by means of teaching as a basic activity and as among the basic professions in society. The urgency of Islamic education is that it must be able to maintain and not change the principles of the Islamic religion so that humans are virtuous and have character in every development. As for the role of Islamic education in national development, religious education plays an important and core role in character education that creates a society that has a moral responsibility to be able to understand, love, and implement ethical values in personal life and society as a whole to build a civilized nation that is dignified.

Pendidikan Islam memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk masyaraka dengan dimensi akidah dan syariah yang mendorong manusia sebagai individu yang memiliki kebebasan dan hak-hak kemanusiaan serta harga diri, dan yang paling penting dari semua ini adalah terbuka untuk semua peradaban. Hal tersebut akan sangat berhubungan dengan proses pembangunan nasional yang didalamnya sangat membutuhkan peran masyarakat untuk mewujudkan pembangunan nasional yang baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian pendidikan islam, urgensi pendidikan islam, dan peran pendidikan islam terhadap pembangunan nasional. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode literature review untuk menjawab seluruh rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendidikan Islam adalah proses mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat, dan alam sekitarnya, dengan cara pengajaran sebagai suatu aktivitas asasi dan sebagai profesi diantara profesi-profesi asasi dalam masyarakat. Urgensi Pendidikan islam yaitu harus mampu tetap  menjaga  dan  tidak  merubah  prinsip prinsip  agama  islam  sehingga  menjadi  manusia  yang  berbudi  dan  berakhlak dalam setiap perkembangannya. Sedangkan untuk peran pendidikan islam dalam pembangunan nasional yaitu Pendidikan islam memegang peranan penting dan inti pendidikan karakter yang menciptakan masyarakat yang memiliki tanggung jawab moral untuk dapat memahami, mencintai dan melaksanakan nilai-nilai etika inti dalam kehidupan peribadi dan masyarakat scara keseluruhan untuk membangun keberadaban bangsa yang bermartabat.


Keywords


Islamic Education; National Development; Challenges

Full Text:

PDF

References


Ali, M., D. Wahyudi, dan M. Surti. 2019. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal Indonesia di Era Global. Jurnal Penelitian Ilmiah. 3(2): 159-177

Anwar, S. 2016. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam. 7: 1-13.

Daradjat, Zakiyah. 1990. Kesehatan Mental, Jakarta: PT H. Masagung.

Fachri, M. 2014. Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. At-Tura. 1(1): 131-168.

Fathoni, Achmad Nur. 1997. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Jurnal Ilmiah Tarbiyah Vol. 17 1997.

Firmansyah, M. I. 2019. Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 17(2): 79-90.

Husni, R. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos.

Ihsan, Fuad. 1996. Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Khobir, Abdul. 1997. Filsafat Pendidikan Islam (Landasan Teoritis dan Praktis), Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.

Lubis, M. S. A. 2017. Peranan Pendidikan Islam dalam Membangun dan Mengembangkan Kearifan Sosial. Sabilarransyah. 2(1): 1-11.

Mahmudi. 2019. Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistimologi, Isi, dan Materi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(1): 89-105.

Muzamil. 2020. Urgensi Pendidikan Islam Dalam Memprogresivitaskan Sumberdaya Manusia di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3(1): 65-74.

Nasiri. 2020. Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Era Globalisasi. Jurnal Keislaman. 3(1) : 54-71

Nuruddin. 2002. Saatnya Merevolusi Pendidikan Agama, Kompas, 3 Juni 2002.

Oemar, H. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung, UPI Kerjasama dengan Rosdakarya, 2006.

Samrin. 2015. Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib. 8(1): 101-116.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v21i2.6457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id